Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Sambutan Pelayanan Administrasi Terbaru


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Contoh Pidato Sambutan Pelayanan Administrasi Terbaru

Assalamu’alaikum Wr Wb

Selamat Pagi Dan Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

Yang  Kami Hormati  :

-  Bapak Bupati .............;

-  Ibu Wakil Bupati .............;

-  Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi Jawa Tengah; Bp/Ibu.......................................................

-  Ketua Komisi A Dprd Kabupaten .....................;

-  Para Pimpinan Skpd Kabupaten ..................... Yang Hadir;

-  Rekan-Rekan Camat Beserta Sekcam Se Kabupaten .....................;

-  Kapolsek ......................... Dan Danramil .........................;

-  Para Kepala Desa/Lurah, Sekdes/Seklur  Se Wilayah Empat Kecamatan;

-  Bapak/Ibu Segenap Undangan Dan Hadirin Yang Berbahagia

Puji Syukur Senantiasa Kita Panjatkan Kehadirat Allah Swt Atas Limpahan Rahmat, Taufik, Hidayah Dan Inayahnya,  Sehingga Pada Kesempatan Yang Baik Ini Kita Dapat Dipertemukan  Hadir Bersama-Sama Di Tempat Ini Dalam Keadaan Sehat Wal Afiat Tanpa Ada  Aral Sesuatu Apapun, Dalam Acara  Launching Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan ( Paten ) Berbasis Sistem Informasi Terintegrasi ( Sinta ) Kabupaten .....................,  Yang Dilaksanakan Pada Hari Ini Selasa 30 Desember 2014.

Atas Nama Pribadi Dan Atas Nama Pemerintah Kecamatan ........................., Kami Mengucapkan Selamat Datang ( Sugeng Rawuh ) Kepada Bapak/Ibu  Segenap Undangan Yang Telah Hadir Untuk Mengikuti Acara Ini Dengan Penuh Semangat Dan Dengan Rasa Kebersamaan.

Selanjutnya Sekilas  Kami Sampaikan Kepada Bapak/Ibu Sekalian Terkait Penyelenggaraan Kegiatan Pada Hari Ini,

Bahwa Berdasarkan Keputusan Bupati ............. Nomor : 130/409/2014,  Kecamatan ......................... Ditunjuk Sebagai Salah Satu Kecamatan Penyelenggara Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Kabupaten ..................... Beserta 3 Kecamatan Lain Yaitu ............., Kalikajar Dan Wadaslintang , Dan Pada Kesempatan Yang Berbahagia Ini Menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan Launching Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan ( Paten ) Berbasis Sistem Informasi Terintegrasi ( Sinta ).
Baca Juga: Pidato Sambutan Pelatihan Agribisnis Pertanian

Sebagaimana Diamanatkan Dalam Peraturan  Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 Dalam Rangka Merespon Dinamika Perkembangan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Serta Meningkatkan Kualitas Dan Mendekatkan Pelayanan Kepada Masyarakat,  Perlu Mengoptimalkan Peran Kecamatan Sebagai Perangkat Daerah Terdepan Dalam Memberikan Pelayanan Publik, Sehingga Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten)  Harus Segera Terlaksana Sebagai Indikator Peningkatan Kualitas Dan  Pendekatan Pelayanan Kepada Masyarakat.

Adapun Sistem Paten Mempunyai  Peran Dua Ruang Lingkup Yaitu : Pelayanan Bidang Perizinan Dan Pelayanan Bidang Non Perizinan,  Yang Prosesnya Dari Tahap Permohonan Sampai Ke Tahap Terbitnya Dokumen Dalam Satu Tempat, Dan Tentunya Didukung Prosedur Pengelolaan, Pemrosesan Dan Penandatanganan Terhadap Kewenangan Atas Pelayanan Perizinan Dan Non Perizinan Yang Dilimpahkan Kepada Camat Melalui Peraturan Bupati ............. Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Pelimpahan Sebagian Urusan Pemerintahan Dari Bupati Kepada Camat Dalam Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan.

Peran Kecamatan Sebagai Perangkat Daerah Yang Menerima Pendelegasian Sebagian Kewenangan Dari Kepala Daerah Harus Memiliki Kapasitas Dan Inovasi, Agar Kecamatan Selain Siap Secara Struktural Menerima Pendelegasian Sebagian Kewenangan, Sekaligus Juga Berdampak Pada Penguatan Aparatur Yang Optimal Dalam Melaksanakan Tugas Dan Fungsinya Dengan Menerapkan  “Senyum Santun  Salam Dan Sapa” Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat. Karena Terwujudnya Pelayanan Publik Yang Berkualitas (Prima) Menjadi Salah Satu Ciri Tata Pemerintahan Yang Baik (Good Governance).

Selain Mendukung Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Menuju Pemerintahan Yang Good  Governance  Dan Akuntabel, Paten Juga Diharapkan Dapat Menciptakan Kepuasan Pelayanan Kepada Masyarakat, Yang Mana Selain Pelayanan Administrasi Yang Cepat Dan Akurat Juga Penyediaan Ruang Pelayanan Yang Nyaman Seperti : Tersedianya Ruang Tunggu Yang Nyaman, Surat Kabar, Papan Informasi, Air Minum Gratis, Televisi Online, Internet Gratis Dan Fasilitas Terbaik Lainnya,  Selain Itu Paten Diharapkan Juga Dapat Memberikan Pendekatan Pelayanan,  Serta Jaminan Kepastian Waktu Dan Biaya Pelayanan Sehingga Lebih Efektif Dan Efisien Dalam Kinerja Pelayanan Publik.

Kinerja Pelayanan Publik Sangat Besar Pengaruhnya Terhadap Kualitas Kehidupan Masyarakat. Oleh Karena Itu Membangun Sistem  Pelayanan Publik Yang Handal Adalah Kesempatan Bagi Kita Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Tidak Mengherankan Kalau Perbaikan Kualitas Pelayanan Publik Menjadi Salah Satu Alasan Mengapa Pemerintah Melakukan Desentralisasi Kewenangan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kepada Daerah; Dengan Menyerahkan Kewenangan Penyelenggaraan Pelayanan Kepada Daerah, Pemerintah Berharap Pelayanan Publik Akan Menjadi Lebih Responsif Atau Tanggap Terhadap Dinamika Masyarakat Di Daerahnya.

Ada Beberapa Hal Yang Menjadi  Kemudahan Bagi Masyarakat Dengan Adanya Sistem Pelayanan Paten Antara Lain :

1.    Ketika Sistem Pelayanan Perizinan Dan Non Perizinan Yang Dilimpahkan Kepada Camat Melalui Peraturan Bupati ............. Nomor : 33 Tahun 2014  Tentang Pelimpahan Sebagian Urusan Pemerintahan Dari Bupati Kepada Camat Dalam Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan, Sehingga Kesempatan Masyarakat Untuk Ikut Berpartisipasi Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Menjadi Semakin Terbuka;

2.    Masyarakat Akan  Dapat Dengan Lebih Mudah Mengawasi Jalannya Penyelenggaraan Pelayanan;

3.    Masyarakat Dapat Menyampaikan Aspirasinya (Local Voice) Kepada Penyelenggara Pelayanan, Untuk Itu Mekanisme Penyampaian Keluhan Harus Dikembangkan Di Setiap Satuan Birokrasi;

4. Birokrasi Wajib Menindaklanjuti Keluhan Yang Disampaikan Masyarakat Untuk Mengawasi Praktik Penyelenggaraan Pelayanan Sebagaimana Telah Kami Terapkan Dalam Sistem / Prosedur Pengelolaan Pengaduan Masyarakat;

Untuk Itu Kami Selaku Pemerintah Kecamatan Mohon Do’a Restu Kepada Beliau Bapak Bupati  Dan Dukungan Dari Semua Pihak , Agar Bisa Menerapkan Sistem Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan      ( Paten ) Dengan Baik Dan Benar Sesuai Dengan Petunjuk Serta Peraturan Yang Ada .

Sebelum Kami Akhiri,  Kepada Bapak Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi Jawa Tengah Mohon Berkenan Memberikan Sambutan Pengarahan, Dan Kepada Beliau Bapak Bupati Kami Mohon Berkenan Memberikan Sambutan  Pengarahan Dan Sekaligus Mohon Untuk Melaunching Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan ( Paten ) Kabupaten ..................... Berbasis Sistem Informasi Terintegrasi Pada Hari Ini,

Itulah Beberapa Hal Yang Dapat Kami Haturkan ,Atas Nama Pemerintah Kecamatan ......................... Selaku Tuan Rumah, Apabila Banyak Kekurangan Dalam Menerima Kehadiran Bapak/Ibu Dan Hadirin Sekalian, Tak Lupa Kami Mohon Maaf Yang Sebesar-Besarnya.

Sekian Dan Terima Kasih

Wassalamu’alaikum Wr Wb


beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Sambutan Pelayanan Administrasi Terbaru"