Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Pidato Tentang Usia Remaja


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup

Ciri-ciri pidato yang baik adalah:

  1. Pidato harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sebuah pidato harus mengandung atau memuat kebenaran.
  3. Penyampaian pidato harus jelas dan semenarik mungkin.
  4. Pidato harus bersifat efektif, dapat diselingi dengan humor.
  5. Penyampaian pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang terang dan jelas.

Metode-metode dalam membawakan pidato yaitu:

  1. Metode memoriter yaitu menghafal naskah.
  2. Metode ekstemporan yaitu membuat catatan kecil berisi garis besar pidato.
  3. Metode naskah yaitu dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan.
  4. Metode impromtu yaitu spontanitas atau serta merta tanpa adanya persiapan.

Jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut:

  1. Pidato yang bersifat persuasif
  2. Pidato yang bersifat rekreatif
  3. Pidato yang bersifat informatif
Tujuan pidato adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain secara massal dengan berorasi di depan umum. Selain itu, pidatojuga dapat berfungsi untuk membuat orang lain senang dan terhibur dengan apa yang kita sampaikan


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Teks Pidato Tentang Usia Remaja



Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera..

Yang saya hormati Bapak/Ibu/Dewan Guru sekalian…

Yang saya hormati para hadirin semuanya….

Dan yang saya cintai para siswa/siswi sekolah….

Pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan rasa puji syukur kehadirat yang maha Kuasa yang telah memberikan kita segenap rahmat serta hidayahnya sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kebahagiaan.

Bapak/Ibu hadirin sekalian yang saya hormati…

Pada kesempatan ini, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah berkaitan dengan remaja.

Bapak/Ibu hadirin beserta teman-teman yang saya hormati…

Diusia remaja kita sebenarnya dihadapkan pada sebuah gejolak kehidupan dan sosial yang sebenanrya tidak mudha. Diusia remaja kita seringkali salah dalam menempatkan diri, dan cenderung melakukan kesalahan-kesalahan yang dapat menyesatkan kita.

Dalam era keremajaan kita, hendaknya kita selalu waspada, dan tidak melakukan serangkaian hal buruk yang dapat merusak masa depan kita kelak. Mari tetap berpikir secara bijak, logis, dan tidak menjadi pribadi yang mudah dipengaruhi oleh hal-hal buru.

Teman-teman yang saya cintai…

Sebagai remaja, kita sesungguhnya memiliki tanggung jawab yang besar. Kita akan dituntut untuk bisa menjadi pribadi yang mampu mencerminkan sikap yang baik, dan tidak menjadi pribadi yang mudah dipengaruhi oleh hal-hal yang akan menodai masa depan kita kelak.

Mari jauhkan diri kita dari hal-hal yang negatif agar kita tidak terjerumus dalam permasalahan hidup yang sulit untuk dibersihkan. Mari menatap masa depan kita dengan cara-cara yang tepat, dan tidak menyepelehkan sederet hal prioritas dalam kehidupan kita.

Bapak/Ibu dan teman-teman yang saya hormati….

Masa remaja akan menentukan seperti apa nantinya kehidupan kita sebagai orang dewasa. Jika dimasa remaja kita banyak melakukan kesalahan maka hal tersebut dapat menyempitkan kesempatan kita untuk menjadi orang yang berhasil.

Marilah kita priositaskan pendidikan, dan jangan terpengaruh dengan berbagai hal buruk yang senantiasa menyelimuti hari-hari kita. Jangan pernah disesatkan oleh hal-hal yang nantinya akan membuat kita kesulitan untuk keluar darinya.

Bergaullah secara sehat, mari jalani kehidupan kita dengan cara-cara yang sehat, dan peka terhadap berbagai hal yang dapat merusak masa depan kita. Mari membentengi diri kita dengan nilai prinsip-prinsip yang membangun.

Demikian sedikit pesan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga dapat memberikan energi positif kepada kita semuanya, Amin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Tentang Usia Remaja"