Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tema Citra Perawat di Kabupaten Jember


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup

Ciri-ciri pidato yang baik adalah:

  1. Pidato harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sebuah pidato harus mengandung atau memuat kebenaran.
  3. Penyampaian pidato harus jelas dan semenarik mungkin.
  4. Pidato harus bersifat efektif, dapat diselingi dengan humor.
  5. Penyampaian pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang terang dan jelas.

Metode-metode dalam membawakan pidato yaitu:

  1. Metode memoriter yaitu menghafal naskah.
  2. Metode ekstemporan yaitu membuat catatan kecil berisi garis besar pidato.
  3. Metode naskah yaitu dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan.
  4. Metode impromtu yaitu spontanitas atau serta merta tanpa adanya persiapan.

Jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut:

  1. Pidato yang bersifat persuasif
  2. Pidato yang bersifat rekreatif
  3. Pidato yang bersifat informatif
Tujuan pidato adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain secara massal dengan berorasi di depan umum. Selain itu, pidatojuga dapat berfungsi untuk membuat orang lain senang dan terhibur dengan apa yang kita sampaikan


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Pidato Tema Citra Perawat di Kabupaten Jember

Yang terhormat, Bu Sri Ningsih selaku dosen pengajar mata kuliah Bahasa Indonesia
Yang aku cintai, sahabat PSIK utamanya angkatan 2011, baik kelas A maupun kelas B

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua

Alhamdulillah, atas rahmat Allah Swt. kita semua dapat hadir dikesempatan kali ini dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat salam tetap kita haturkan kepada nabi Muhammad Saw. yang telah membawa kita dari jaman jahiliyah ke jaman modern saat ini.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas tentang citra perawat di kabupaten Jember. Umumnya, seorang pasien ingin dirawat oleh perawat yang diidamkan dan berpenampilan menarik serta mampu memenuhi kebutuhannya. Namun kenyataannya tidak seperti yang diharapkan oleh sang pasien. Terutama perawat di kabupaten Jember. Faktanya, perawat di kabupaten Jember telah di nilai negatif dari segi penampilan, kepuasan pelanggan, keluhan, saran, dan dari beberapa media cetak. Ada pula dari segi banyaknya keluhan yang ada menyangkut keberadaan petugas, tidak professional dalam memberikan pelayanannya, juga masih terdengar keluhan dari pasien yang mengevaluasi perawat tidak ramah dan acuh tak acuh terhadap keluhan pasien-pasiennya.

Citra perawat merupakan salah satu faktor yang memegang peranan penting terhadap kepuasan pasien, dimana pasien memandang rumah sakit mana yang ada di daerah Jember yang akan dibutuhkan untuk proses penyembuhan. Pasien dalam menilai perawat berawal dari cara pandang melalui panca indera dari informasiinformasi yang didapatkan dan pengalaman, baik dari orang lain maupun diri sendiri. Sehingga menghasilkan anggapan yang positif terhadap perawat, meskipun dengan harga yang tinggi, pasien akan tetap setia menggunakan jasa perawat dengan harapan-harapan yang diinginkan pasien.

Jadi kesimpulannya, ada pergeseran makna penilaian citra positif dalam menilai citra perawat di kabupaten Jember, walaupun pergeseran tersebut kecil. Pasien berharap dirawat oleh perawat yang professional. Usulan meningkatkan citra menurut perspektif pasien melalui peningkatan hard skill dan soft skill perawat.

Saran untuk perawat-perawat di kabupaten Jember harus berbenah diri agar dapat memberikan pelayanan terbaiknya kepada pasien. Upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk perbaikan adalah pada pelayanan keperawatan : membiasakan diri dengan budaya profesional, menerapkan sikap caring yang merupakan inti keperawatan.Semoga kita sebagai calon perawat bisa lebih memperbaiki citra perawat di kabupaten Jember, atau bahkan dimata khalayak publik.

Cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih.

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tema Citra Perawat di Kabupaten Jember"