Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tentang Halal bi Halal

 


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup

Ciri-ciri pidato yang baik adalah:

  1. Pidato harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sebuah pidato harus mengandung atau memuat kebenaran.
  3. Penyampaian pidato harus jelas dan semenarik mungkin.
  4. Pidato harus bersifat efektif, dapat diselingi dengan humor.
  5. Penyampaian pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang terang dan jelas.

Metode-metode dalam membawakan pidato yaitu:

  1. Metode memoriter yaitu menghafal naskah.
  2. Metode ekstemporan yaitu membuat catatan kecil berisi garis besar pidato.
  3. Metode naskah yaitu dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan.
  4. Metode impromtu yaitu spontanitas atau serta merta tanpa adanya persiapan.

Jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut:

  1. Pidato yang bersifat persuasif
  2. Pidato yang bersifat rekreatif
  3. Pidato yang bersifat informatif
Tujuan pidato adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain secara massal dengan berorasi di depan umum. Selain itu, pidatojuga dapat berfungsi untuk membuat orang lain senang dan terhibur dengan apa yang kita sampaikan


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Pidato Tentang Halal bi Halal

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji dan syukur marilah kita kirimkan kehadirat Allah SWT, Tuhan pencipta dan pemilahara alam.  Karena hanya semata-semata pertolongan-Nya, pagi hari ini kita dapat berkumpul dalam acara halal bi halal.  Semuanya dengan wajah berseri-seri, nampak lebih akrab satu dengan lainnya.

Semoga suasana yang demikian akrabnya diantara kita, dapat kita kembangkan lagi, terutama sesudah kita bersama melaksanakan ibadah puasa bulan suci Ramadhan.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Halal bi halal bagi kita bangsa Indonesia adalah merupakan tradisi yang diwariskan oleh nenek moyang kita, yang digali dari bumi pertiwi tercinta ini. Meskipun acara semacam ini termasuk tradisi, tetapi yang jelas manfaat dan maslahatnya besar sekali, maka hal itu tidak dilarang oleh agama.

Salah satu hikmah yang dapat kita petik lewat halal bi halal ini ialah terciptanya ukhuwwah, tergalangnya persaudaraan yang lebih akrab diantara sesame kita. Rasa sakit hati yang pernah timbul umpamanya, akan musnah kalau kita saling mengikhlaskan dan melupakan perbuatan yang lalu.Akan lebih baik lagi, apabila disertai dengan acara saling berjabat tangan. Rasulullah saw.pernah bersabda :

Yang Artinya:

Berjabatlah tanganlah kamu sekalian, sesungguhnya berjabat tangan itu dapat menghilangkan dendam dalam hati ( H.R. Al Bajhaqi ).

Berjabat tangan yang dapat menghilangkan rasa dendam, sebagai penawar hati yang luka, harus dilaksanakan dengan penuh keakraban. Selain tangan bertemu tangan, harus diikuti mata saling memandang, lisan saling mendoakan dan hati saling mencinta.  Untuk itu jangan sampai terjadi seorang berjabat tangan tetapi wajahnya tidak melihat wajah orang yang diajak berjabat tangan.

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah.

Sebagai seorang yang beragama, sudah barang tentu tidak hanya mementingkan untuk senantiasa berbuat baik dengan manusia ataupun makhluk si sekitarnya saja.  Akan tetapi disamping itu, dia wajib pula mengabdi, menghambakan diri kepada Allah SWT.  Jelasnya kewajiban manusia mengabdi kepada Allah, sama dengan wajibnya manusia berbuat baik kepada sesama makhluk hidup.

Hal itu seperti firman Allah SWT. DalmsuratAli imran, ayat 112.

Yang artinnya :

mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepda agama Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia(Ali imran: 112).

Meskipun sementara orang mengatakan: what is name,apa arti sebuah nama, tetapi nama syawal bulan ke sepuluh Hijriyyah, mengandung tuntutan agar manusia meningkatkan amal ibadahnya.  Karena Syawal itu artinya berkembang atau tumbuh atau peningkatan.

Kalau selama bulan Ramadhan kita sekalian melaksanakan segala tuntutan Allah sesuai dengan kesucian bulan itu sendiri, berarti kita telah membakar dosa, membakar noda, kita telah menggilas habis-habisan segala nafsu syaithaniyah.  Maka inilah saatnya kita mengisi kesucian hati kita ini dengan amal shalih.

Hadirin sekalian yang berbahagia..

Sekiranya manusia sudah mampu menjalin hubungan baik kepada Allah dalam garis vertical, dalam arti kata segala dosa sudah kita selesaikan lewat amal shalih dan dilanjutkan menjalin hubungan yang harmonis terhadap sesame manusia dalam garis horizontal, antara lain lewat halal bi halal semacam yang kita adakan ini, insya Allah kita termasuk orang yang idul fitri, kembali fitrah.  Kembali tidak mempunyai dosa orang yang Idul Fitri, kembali fitrah.  Kembali tidak mempunyai dosa seperti sewaktu kita lahir dari kandungan ibu kita masing-masing.

Demikianlah, Ramadhan bulan membakar semua dosa, syawal bulan peningkatan amal dan Idul Fitri kembali fitrah, sudah kami singgung serba sedikit.  Dengan satu imbauan dan harapan mudah-mudahan kita mampu mengisi dan memanfaatkan sisa hidup kita ini dengan sebaik-baiknya.

Hadirin sekalian yang berbahagia..

Sebelum saya mengakhiri halal bi halal ini, saya meyampaikan ucapan : SELAMAT IDUL FITRI 1428 H, mohon maaf sebesar-besarnya.  Semoga semua amal baik kita pahalanya dilipatgandakan.  Oleh Allah dan segala khilaf dan dosa mendapat mengfirah dari Allah Rabbul alamin.

Amin Allahumma amin..

Akhirulm kalam,

Billahit taufiqu wal hidayah.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru


Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang Halal bi Halal"