Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tentang Lomba Tahunan PHYTAGORAS COMPETITION


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup

Ciri-ciri pidato yang baik adalah:

  1. Pidato harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sebuah pidato harus mengandung atau memuat kebenaran.
  3. Penyampaian pidato harus jelas dan semenarik mungkin.
  4. Pidato harus bersifat efektif, dapat diselingi dengan humor.
  5. Penyampaian pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang terang dan jelas.

Metode-metode dalam membawakan pidato yaitu:

  1. Metode memoriter yaitu menghafal naskah.
  2. Metode ekstemporan yaitu membuat catatan kecil berisi garis besar pidato.
  3. Metode naskah yaitu dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan.
  4. Metode impromtu yaitu spontanitas atau serta merta tanpa adanya persiapan.

Jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut:

  1. Pidato yang bersifat persuasif
  2. Pidato yang bersifat rekreatif
  3. Pidato yang bersifat informatif
Tujuan pidato adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain secara massal dengan berorasi di depan umum. Selain itu, pidatojuga dapat berfungsi untuk membuat orang lain senang dan terhibur dengan apa yang kita sampaikan


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Pidato Tentang  Lomba Tahunan PHYTAGORAS COMPETITION

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah patut kita haturkan kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan kesehatan serta kesempatan sehingga kita dapat melaksanakan lomba tahunan PHYTAGORAS COMPETITION. salawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. yang telah membawa kita dari alam jahiliyah menuju alam yang terang benderang seperti saat ini.

Hadirin yang kami banggakan,

Salah satu acara besar yang diselenggarakan oleh OSIS SMAN NUSANTARA ini telah memasuki tahun ke tujuhnya. PHYTAGORAS COMPETITION selalu mendapatkan sambutan yang meriah dari para peserta yang datang dari berbagai tempat untuk berjuang menunjukkan kemampuannya dalam bidang matematika, fisika, atau biologi. Selama tiga hari kedepan, peserta akan diuji hasil belajarnya dengan berbagai pertanyaan yang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda disetiap levelnya. Peserta tahun ini telah mencapai 1000 pendafatar yang akan memperebutkan juara I, II, dan III disetiap mata pelajaran. Para pemenang ini selain mendapatkan hadiah berupa piala, sertifikat, dan uang mereka juga akan mendapatkan tiket masuk SMAN NUSANTARA tanpa tes.

Hadirin yang berbahagia,

Acara ini telah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak sehingga dapat terlaksana pada hari ini. Terimakasih kepada kepala SMAN NUSANTARA yang telah memberikan dukungan berupa sarana dan prasarana. Terimakasih juga kami haturkan kepada para sponsor yang telah bersedia membantu pembiayaan demi terselenggaranya acara ini. Terimakasih juga patut saya haturkan kepada para panitia yang telah bekerja keras demi suksesnya acara ini. Terimakasih juga kami ucapkan kepada para peserta yang telah datang dan siap bertarung selama tiga hari kedepan.

Jika dalam penyelenggaraannya terdapat berbagai kekurangan, kami selaku panitia memohon maaf dan membuka dengan lebar ruang untuk kritik dan sanran yang membangun demi kemajuan kompetisi ini.

Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan jujur. Ingat, kejujuran menunjukkan pribadi seorang pemimpin yang baik. Sudah banyak petinggi kita yang tidak memiliki kejujuran akhirnya memakan uang rakyat. Kita tingkatkan kejujuran dalam berkompetisi sehingga terjadi persaingan yang sehat antarpeserta dalam kompetisi ini. Selamat berkompetisi, semoga mendapatkan hasil yang terbaik.

Demikian sambutan dari saya, mohon maaf apabila ada perkataan dan perbuatan yang kurang berkenan.

Wasslamaualaikum Wr. Wb.

 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang Lomba Tahunan PHYTAGORAS COMPETITION"