Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Naskah Pidato Singkat Tentang Semangat Persatuan Dan Kesatuan


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup

Ciri-ciri pidato yang baik adalah:

  1. Pidato harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sebuah pidato harus mengandung atau memuat kebenaran.
  3. Penyampaian pidato harus jelas dan semenarik mungkin.
  4. Pidato harus bersifat efektif, dapat diselingi dengan humor.
  5. Penyampaian pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang terang dan jelas.

Metode-metode dalam membawakan pidato yaitu:

  1. Metode memoriter yaitu menghafal naskah.
  2. Metode ekstemporan yaitu membuat catatan kecil berisi garis besar pidato.
  3. Metode naskah yaitu dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan.
  4. Metode impromtu yaitu spontanitas atau serta merta tanpa adanya persiapan.

Jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut:

  1. Pidato yang bersifat persuasif
  2. Pidato yang bersifat rekreatif
  3. Pidato yang bersifat informatif
Tujuan pidato adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain secara massal dengan berorasi di depan umum. Selain itu, pidatojuga dapat berfungsi untuk membuat orang lain senang dan terhibur dengan apa yang kita sampaikan


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Naskah Pidato Singkat Tentang Semangat Persatuan Dan Kesatuan

Assalam Mualakum Wr. Wb

Alhamdullillahi rabbil alamin ala wassalasui wassalamualaarrafil ambiai walmursalin waala alihi wasah bihiajmain.

Ammabakdu .

Puji beserta syukur marilah kita panjatkan kehadiran Allah SWT, yang mana oleh Allah telah menciptakan 7 petala langit dan 7 petala bumi beserta isi keduanya. Selawat diiringin salam mari kita sanjung sajikan kepangkuan Nabi Besar Muhammad SAW, beserta AL dan Sahabat beliau sekalian, yang mana oleh beliau telah memperjuangkan Agama Islam dari alam jahiliah ke alam yang penuh ilmu pengetahuan yang seperti kita rasakan saat ini.

Para hadirin sekalian

Izinkanlah saya untuk sedikit mengulas tentang Semangat Persatuan Dan Kesatuan. Persatuan. persatuan bangsa disebuah Negeri kepulauan tentu memiliki segudang masalah rumit. Hanya tekad yang kuat dari rasa persaudaraan yang tinggilah yang membuat bangsa ini masih tetap kokoh berdiri mengibarkan satu bendera merah putih dan satu bahasa, yaiu bahasa Indonesia. Banyak pengorbanan besar yang telah dicurahkan oleh para pendahulu kita untuk mempersatukan nusantara kegigihan mereka telah mengabdi disini kita berkarya, mengembang amanah persatuan dan para perjuang bangsa, Begitu besarnya pengorbanan para pejuang bangsa ini sehingga alangkah hinanya jika ada segelintir orang yang berusaha merusak keharmonisan satu suku dengan suku yang lain. Padahal begitu susah payahnya para pejuang berusaha mempersatukan seluruh elemen bangsa yang ada di Negeri ini.

Hadirin yang saya hormati

Sebagaibangsa yang besar kita harus sadar bahwa butuh kerja keras untuk terus mempertahankan kesatuan dan kesatuan bangsa kita juga sadar bahwa kemerdekaan yang kita peroleh bukan hadiah tapi telah ditukar oleh darah para pahlawan.Kita juga harus berupaya secara terus menerus untuk berkreativitas. Kita tidak boleh duduk termanggu dan menunggu untuk meminta pertolongan dan siapapun sebagai bangsa yang kuat kita harus maksimal mengganti potensi yang kita miliki untuk kepentingan bersama.

Teman-teman harapan bangsa.

Para aktivis nasionallis sejak awal abad ke-20 telah bekerja keras melakukan segala daya upaya dengan segenap energi intektual merakauntuk menciptakan apa yang telah BRNST REWAN sebutkan solidaritas agung (grand solidarity) , yaitu suatu ikhtiar untuk menyatukan penduduk dengan latar belakang yang tersedia atas rentangan ribuan kilometer dari sabang sampai marauke.

Solidaritas yang agung tidak akan pernah terungung dari hati yang kerdil dari dada penduduk sebuah negeri yang sempat.Solidaritas tersebut muncul dari jiwa yang tulus ikhlas dari hati yang bersih dan dari dada yang lapang. Kita satu sama lain saling membutuhkan kita satu sama lain saling menyayang dan berpikir kedepan apa yang dapat kita wariskan untuk negeri ini.

Persatuan adalah cita-cita seluruh bangsa Indonesia untuk sama-sama mencapai cita-cita menjadisebuah negara yang dapat mensejahtrakan rakyat, dan yang menjadi teladan bangsa lain didunia kehidupan yang damaidan tentram mengikuti hatinya dalam kondisi kita bersatu pada bukan pada saat kita bercerai-berai.

Dari uraian tai dapat kita simpulkan bahwa :

Persatuandan kesatuan adalah cita-cita seluruh bangsa Indonesia

Persatuan dan kesatuan didasari oleh darah,keyakinan dan kebangsaan

Dengan semangat persatuan dan kesatuan kita dapat mengikuti pada persaudaraan secara terus menerus.

Demikianlah uraian singkat saya mengenai semangat persatuan dan kesatuan lebih dan kurang saya mohon maaf, saya akhir wabillahitaufik wal hidayah.

Wassalamualaikum, Wr.Wb.
 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Contoh Naskah Pidato Singkat Tentang Semangat Persatuan Dan Kesatuan"