Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Perpisahan Siswa-Siswi Kelas XII SMA Negeri


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup

Ciri-ciri pidato yang baik adalah:

  1. Pidato harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sebuah pidato harus mengandung atau memuat kebenaran.
  3. Penyampaian pidato harus jelas dan semenarik mungkin.
  4. Pidato harus bersifat efektif, dapat diselingi dengan humor.
  5. Penyampaian pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang terang dan jelas.

Metode-metode dalam membawakan pidato yaitu:

  1. Metode memoriter yaitu menghafal naskah.
  2. Metode ekstemporan yaitu membuat catatan kecil berisi garis besar pidato.
  3. Metode naskah yaitu dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan.
  4. Metode impromtu yaitu spontanitas atau serta merta tanpa adanya persiapan.

Jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut:

  1. Pidato yang bersifat persuasif
  2. Pidato yang bersifat rekreatif
  3. Pidato yang bersifat informatif
Tujuan pidato adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain secara massal dengan berorasi di depan umum. Selain itu, pidatojuga dapat berfungsi untuk membuat orang lain senang dan terhibur dengan apa yang kita sampaikan


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Pidato Perpisahan Siswa-Siswi Kelas XII SMA Negeri

Salam Sejahtera

Kepada Yang Terhormat Bapak Kepala Sekolah SMA N 3 Sragen. Yang Terhormat Kepala Komite SMA N 3 Sragen serta Bapak/Ibu Guru karyawan karyawati SMA N 3 Sragen dan Tamu Undangan serta Teman-Teman kelas X,XI,XII SMA N 3 Sragen.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna merayakan acara perpisahan siswa-siswi kelas XII SMA N 3 Sragen tahun pelajaran 2011/2012.

Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar kami di sekolah ini atas segala pengetahuan dan cakrawala yang telah diberikan kepada kami semua, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah. Sehingga berkat jerih payah semua guru, kami pun dapat lulus dari SMA ini. Mudah-mudahan dapat menjadikan bekal kami dalam bersikap, bertingkah laku dan beretika yang baik sesuai tuntunan agama dan hukum yang berlaku. Juga tak lupa, kami sebagai manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, saya mewakili kelas XII meminta permohonan maaf atas segala apa yang telah kami perbuat kepada bapak/ibu guru sekalian, baik yang kami sengaja maupun yang tidak kami sengaja. Sekali lagi kami mohon maaf atas segala apa yang telah kami perbuat.

Tidak terasa sudah 3 tahun kita berada disini. Susah, senang, sudah kita alami dan lalui bersama. Dan hari ini adalah puncak yang sebenarnya. Perpisahan… Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan. Kebanyakan dari kita pasti baru bertemu dan berteman akrab saat bersekolah di sini. Atau mungkin juga ada yang sudah berteman sejak SMP, sejak SD atau bahkan sejak masih balita. Alangkah senangnya apabila pertemanan yang telah kita jalin selama tiga tahun ini dapat bertahan selamanya. Seakan tak tergoyahkan oleh apapun.

Mungkin di antara kita ada yang merasa bergairah mengalami perpisahan karena yang ia tunggu selama ini adalah hal-hal baru yang terlihat lebih menyenangkan dibanding hal-hal di sini yang sangat membosankan. Tapi mungkin di sisi yang berbeda, ada yang merasa sangat sedih karena telah mengalami banyak hal menyenangkan di sini dan betapa banyaknya kenangan yang telah tercipta.

Teman teman yang saya cintai, sebelum kita terlambat menyadari bahwa waktu tak dapat diputar kembali dan sebelum kita menyesal karena telah menyia-nyiakan masa SMA kita tanpa mengalami satu pun hal berharga. Maka buatlah kenangan sebanyak banyaknya! Lakukanlah apa yang ingin kamu lakukan. Katakanlah apa yang ingin kamu katakan. Katakanlah kepada guru yang terlalu kaku dalam mengajar untuk lebih santai. Katakanlah kepada cewe-cewe berisik yang ngerasa sok cantik dan populer kalau otak tuh lebih penting dibanding penampilan! Katakanlah kepada cowo cupu di sekolah untuk lebih percaya diri. Katakanlah kepada orang yang kamu cintai bahwa kamu memang mencintainya!! Seiring berjalannya waktu, semua cerita indah disini hanya akan menjadi sepenggal kenangan yang tersisa di masa depan. Suatu hari nanti kita pasti akan merindukan masa-masa indah seperti ini.

Juga untuk teman-teman semua. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua, karena kita sudah bersama-sama selama 3 tahun ini. Untuk itu saya juga memohon doa restu kepada teman-teman semua, para tamu undangan dan Bapak Ibu guru untuk dapat melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan fakultas dan universitas yang diinginkan. Tapi tetap saya juga mendoakan bagi teman-teman yang tidak dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi agar mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keterampilannya masing-masing. Juga bagi teman-teman yang harus terpaksa mengarungi samudra kehidupan saya doakan agar keluarganya hidup harmonis dan bahagia selalu. Dan untuk adik-adik kelas X dan XI saya hanya bisa berpesan kepada adik-adik agar selalu belajar dengan tekun, jangan merasa puas atas ilmu yang diberikan bapak dan ibu guru, berbakti kepada kedua orang tua dan patuh atas nasehat saran bapak dan ibu guru karena dapat membawa kita menuju kesuksesan. Dengan tak lupa junjunglah selalu nama baik SMA Negeri 3 Sragen agar menjadi sekolah yang sesuai integritas visi dan misi sekolah.

Mudah-mudahan perpisahan ini bisa menambah erat solidaritas kita dan semoga saja perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya. Saya harapkan apa yang kita dapatkan disini bisa menjadi ilmu yang akan bermanfaat bagi nusa, bangsa, agama dan yang paling penting berguna bagi diri kita sendiri.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan, bila ada kata-kata yang kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Perpisahan Siswa-Siswi Kelas XII SMA Negeri"