Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Bertema Memperingati Hari Pendidikan Nasional


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup

Ciri-ciri pidato yang baik adalah:

  1. Pidato harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sebuah pidato harus mengandung atau memuat kebenaran.
  3. Penyampaian pidato harus jelas dan semenarik mungkin.
  4. Pidato harus bersifat efektif, dapat diselingi dengan humor.
  5. Penyampaian pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang terang dan jelas.

Metode-metode dalam membawakan pidato yaitu:

  1. Metode memoriter yaitu menghafal naskah.
  2. Metode ekstemporan yaitu membuat catatan kecil berisi garis besar pidato.
  3. Metode naskah yaitu dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan.
  4. Metode impromtu yaitu spontanitas atau serta merta tanpa adanya persiapan.

Jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut:

  1. Pidato yang bersifat persuasif
  2. Pidato yang bersifat rekreatif
  3. Pidato yang bersifat informatif
Tujuan pidato adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain secara massal dengan berorasi di depan umum. Selain itu, pidatojuga dapat berfungsi untuk membuat orang lain senang dan terhibur dengan apa yang kita sampaikan


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Pidato Bertema Memperingati Hari Pendidikan Nasional

 Bapak kepala sekolah yang saya hormati

Bapak wakil kepala sekolah yang saya hormati

Rekan rekan guru beserta staf tata usaha yang saya hormati

Serta murid murid ku sekalian yang saya cintai dan saya banggakan.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul dengan keadaan sehat dalam acara memperingati Hari Pendidikan Nasional ini. Semoga segala kegiatan yang kita lakukan hari ini selalu berada dalam keridhoan-Nya.

Murid murid sekalian yang ibu banggakan,

Seperti yang telah kita ketahui bersama, hari ini kita memperingati Hari pendidikan Nasional yang selalu diperingati setiap tanggal Mei. Pendidikan adalah sesuatu hal yang membuat kita mengerti akan sesuatu. Pendidikan menjadikan kita orang yang lebih baik, seperti dalam mematuhi aturan, norma, kedisiplinan dan sebagainya. Kita sering mengartikan bahwa pendidikan hanya dapat diperoleh di lingkungan sekolah saja, padahal sesungguhnya pendidikan dapat diperoleh dimana saja karena pendidikan bukan hanya sekedar ilmu matematika, ilmu ekonomi atau yang lainnya tapi juga bisa berupa ilmu norma, social masyarakat, sopan santun, dan lain lain. Pendidikan juga dapat diperoleh di lingkungan keluarga, teman sepermainan, atau pun di lingkungan masyarakat. Contohnya ketika kita masih kecil, kita belajar berjalan, belajar makan, belajar bicara, itu semua pendidikan yang kita dapatkan di lingkungan keluarga dan masyarakat. Namun, memang pendidikan di lingkungan sekolah lebih efektif karena terkonsep dalam sebuah kurikulum dan terdapat peraturan yang disertai dengan sangsi.

Orang orang banyak yang mengatakan bahwa pendidikan sangat penting sebagai modal kita dalam mencari pekerjaan kelak. Itu memang benar, tapi ada yang lebih penting lagi yaitu untuk menjadikan kita orang yang berilmu dan orang yang lebih baik lagi dengan mengembangkan potensi yang kita miliki. Alloh SWT akan menaikan derajat umatnya yang rilmu dan beramal sholeh. Maka dari itu, pendidikan sangat berguna bagi kehidupan baik di dunia maupun di akhirat.

Keadaan pendidikan di Indonesia kini, sungguh memperihatinkan. Dapat kita lihat bersama, banyak sekali anak anak yang terpaksa meninggalkan bangku sekolah karena faktor ekonomi. Padahal generasi generasi muda tersebut sangat penting untuk membangun negara ini di kemudian hari. Keadaan ini bertolak belakang dengan tujuan Negara Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ada beberapa usaha yang telah dilakukan pemerintah untuk memperbaiki dan meningkatkan pendidikan di Indonesia, seperti Wajar (Wajib Belajar) 9 tahun, program BOS (Bantuan Operasional Sekolah), dan lain lain. Kita selaku pelaku pendidikan tidak hanya melakukan kebijakan kebijakan yang telah dibuat pemerintah tersebut, tapi juga dapat melakukan sesuatu hal untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kalian sebagai pelajar dapat belajar dengan lebih tekun, lebih disiplin, dan lain lain. Ibu sebagai pengajar dapat membuat sesuatu hal yang dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan membuat metode belajar yang lebih menyenangkan. Dan semoga HARDIKNAS ini dapt kita jadikan sebagai tonggak untuk mewujudkan cita cita pendidikan itu.

Hanya itu yang dapat ibu sampaikan. Semoga ada manfaatnya bagi kita semua. Namun tak ada gading yang tak retak. Segala sesuatu tidak ada yang sempurna. Begitu pun dengan ibu, mohon maaf bila ada salah kata maupun ucapan. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru




Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Bertema Memperingati Hari Pendidikan Nasional "