Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Naskah Pidato Tentang Memperingati Hari Pahlawan


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup

Ciri-ciri pidato yang baik adalah:

  1. Pidato harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sebuah pidato harus mengandung atau memuat kebenaran.
  3. Penyampaian pidato harus jelas dan semenarik mungkin.
  4. Pidato harus bersifat efektif, dapat diselingi dengan humor.
  5. Penyampaian pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang terang dan jelas.

Metode-metode dalam membawakan pidato yaitu:

  1. Metode memoriter yaitu menghafal naskah.
  2. Metode ekstemporan yaitu membuat catatan kecil berisi garis besar pidato.
  3. Metode naskah yaitu dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan.
  4. Metode impromtu yaitu spontanitas atau serta merta tanpa adanya persiapan.

Jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut:

  1. Pidato yang bersifat persuasif
  2. Pidato yang bersifat rekreatif
  3. Pidato yang bersifat informatif
Tujuan pidato adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain secara massal dengan berorasi di depan umum. Selain itu, pidatojuga dapat berfungsi untuk membuat orang lain senang dan terhibur dengan apa yang kita sampaikan


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Naskah Pidato Tentang Memperingati Hari Pahlawan



Assalamu ’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia, yang tercinta.

Dengan kesempatan pagi ini yang sangat cerah ini, marilah kita curahkan rasa syukur kita kepada Allah Swt, karena pada kesempatan ini kita bangsa Indonesia, bisa memperingati hari pahlawan, tepatnya pada tanggal 1O Nopember tahun…..Mudah-mudahan dalam peringatan ini kita selalu mengenang, dan menghargai j asa-j asa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita demi bangsa Indonesia yang tercinta ini.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia yang tercinta

Sebagai bangsa Indonesia haruslah tahu sejarah liku-liku perjuangan bangsa, untuk menyingkirkan para penjajah yang berkuasa di indonesia. Perjuangan ini nampaknya sangat berat dirasakan, karena nyawalah yang menjadi taruan. Bercucuran darah, bermandikan darah di medan perang untuk kemerdekaan bangsa.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia, yang tercinta.

Kini kita tinggal merasakan enaknya berdiam di negara yang penuh dengan kedamaian, dan ini semuanya tidak mungkin terwujud, tanpa adanya perjuangan yang kuat.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia, yang tercinta.

Setiap tanggal 10 Nopember kita bangsa Indonesia haruslah ingatlah kembali masa yang lampau nasib bangsa kita. Kita kenang kembali perjuangan pahlawan, dan jangan lupa kita mengungkapkan rasa syukur kepada Allah Swt. karena nikmat yang terhitung dicurahkan kepada bangsa kita, yakni berupa kemenangan untuk merebut tanah air Indonesia yang telah dikuasai para penjajah.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia, yang tercinta.

Dalam kesempatan pagi yang amat cerah ini marilah kita menadahkan kedua tangan kita untuk memohon kepada Allah Swt. mudah-mudahan pejuang kita semuanya mendapat tempat yang bahagia disisi-Nya. Mudah-mudahan Allah Swt. senantiasa memberi kekuatan lahir dan bathin kepada pemimpin-pemimpin kita yang begitu tangguh dalam melaksanakan kemakmuran rakyatnya. Mudah-mudahan bangsa Indonesia jaya selamanya, damau, tenang, aman sentosa. Mudah-mudahan bangsa Indonesia dilindungi dari marabahaya. Mudah-mudahan Allah senantiasa meridlai peijuangan pemimpin kita, dan membalas sebagai amalan shalih dengan pahala yang berlipat ganda di akhirat kelak.

Demikian pidato kami, mungkin saja terdapat kata-kata yang kurang berkenan dihati kami mohon maaf. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Contoh Naskah Pidato Tentang Memperingati Hari Pahlawan"