Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Berpidato Singkat Tentang Pola Hidup Sehat


Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal. Pidato umumnya dibawakan oleh seorang yang memberi orasi serta pernyataan terhadap hal tertentu atau peristiwa yang penting dan harus diperbincangkan. Pidato ialah salah satu teori dari perjalanan bahasa indonesia. Pidato umumnya dipakai oleh seorang pemimpin untuk berorasi dan memimpin di depan banyak anak buahnya/di depan orang ramai.


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik...Kumpulan Pidato Lengkap

 

Sifat dan Metode Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
  • Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
  • Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  • Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  • Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  • Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
  • Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Contoh Berpidato Singkat Tentang Pola Hidup Sehat

 

Assalamualaikum Wr. Wb

Kepada yang terhormat Ibu pembimbing, serta teman-temanku yang berbahagia

Di pagi yang cerah ini marilah kita panjatkan Puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita rizky berupa kesehatan. Tak lupa sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kita dari jalan jahiliyah menuju jalan yang terang-benerang, yakni Agama Islam. Kami ucapkan terimakasih karena telah menyempatkan diri untuk menghadiri acara ini.

Teman – temanku sekalian, sudakah kalian menerapkan pola hidup sehat? Mungkin sebagian besar dari kalian sudah menerapkannya, tapi bagaimana dengan kalian yang belum? Baiklah kali ini saya akan membahas tentang pola hidup sehat. Pola hidup sehat memang sangat penting, selain dapat membuat badan sehat, juga dapat membuat kita terhindar dari penyakit. Ada beberapa pola hidup sehat yang perlu diperhatikan, antara lain pola makan, olahraga, istirahat, optimis dan pribadi yang kuat.

Pola makan harus dijaga agar tidak menimbulkan hal yang tidak kita inginkan, seperti obesitas maupun kekurangan gizi. Berikut ini cara menjaga pola makan yang benar:

1.      Tidak terlalu banyak mngkonsumsi karbohidrat dan lemak

2.      Mencukupi kebutuhan makanan berserat

3.      Menghindari bahan pangan yang dalam jangka panjang dapat memicu kanker

4.      Mencukupi kebutuhan minum air putih

5.      Memenuhi asupan sayur-sayuran dan buah-buahan setiap hari

6.      Manghindari minum berlebih saat makan

Olahraga adalah kegiatan yang mudah dilakukan, tapi banyak yang mengabaikannya padahal olahraga merupakan sumber kesehatan bagi seluruh tubuh. Olahraga yang teratur dapat menberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain olahraga istirahat juga perlu diperhatikan.

Istirahat yang cukup akan memulihkan tubuh kita yang letih dan memberikan cukup waktu bagi tubuh untuk mengembalikan tenaga yang telah dipakai.

Tidak ada sesuatupun yang dapat menghalangi langkah seseorang yang optimis, bahkan kegagalan dan halangan malah dianggapnya sebagai pelajaran. Optimisme juga berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Pribadi yang kuat berarti mampu mengendalikan keseluruhan aktifitas hidupnya. Ada dua kmponen penting yang bekaitan dengan pengendalian diri. Pertama pantang mengkonsumsi apapun yang bersifat merusak. Kedua tidak berlabih dalam menjalani.

Tidakkah pola hidup sehat itu menyenangkan? Bermanfaat pula. Pola hidup sehat ini harus diterapkan terutama kepada diri sendiri. Awalnya memang berat, tapi apabila dilakukan berulang kali lama- kelamaan juga akan terbiasa. Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Maaf apabila ada salah, kami akhiri

Wassalamualaikum Wr. Wb


 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Berpidato Singkat Tentang Pola Hidup Sehat"