Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Visi Misi Calon Ketua RW dan Terjemahannya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

   Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Visi Misi Calon Ketua RW dan Terjemahannya  


English

Good evening,

First of all let us praise the God Almighty who has been giving His grace and blessing so that we can gather here in a good condition. Second, I would like to express my gratitude to the honorable Majalaya Chief of Village for his dedication in developing our village, the election committee who have arranged this event neatly, as well as the people who attend this even tonight. Thank you for giving me an opportunity to convey my vision and mission as the candidate of commune leader in commune 005 Majalaya Village.

Ladies and gentlemen,

In this delightful occasion, please allow me to give a glimpse of my vision and mission as one of the candidates for commune leader election in Majalaya village. The candidates of commune leader in this election are great people, making me wondering whether I can win over them or not. Therefore if I am given a chance to be the commune leader I will do my best to keep the people’s trusts. In order to be a trustworthy commune leader I have arranged a working plan and it will be supported by clear and concise vision and mission. My vision and mission are as follow,

Vision: “To realize a peaceful, developed, prosperous and fair commune 005.”

Mission:

  1. Supporting the program which has been implemented by the chief villager.
  2. Continuing the program which has been implemented by the previous commune leader and re-evaluating the programs which are not fruitful.
  3. Empowering all of the potentials that exist in this commune; maximizing the potential of each individual to form a qualified commune, empower the natural resources that available in our commune area, and encourage the local economy implementation.
  4. To realize a commune 005 which fulfilled several circumstance; safe, live in order, and harmonious in the society. In order to realize that, the society need to the principles of equality, togetherness, and tolerance.
  5. Optimizing the program implementation in the commune such as; the implementation of a transparent and accountable communal government, give an excellent service to the society, encourage a sustainable development which promote community participation and mutual cooperation.

Ladies and gentlemen,

To put an end to this brief explanation about my vision and mission, I am sincerely asking for the sincere prayers and blessings to support me in this election. I hope I will be given an opportunity to realize my vision and mission, also to realize the aspirations of people who live in commune 005 Majalaya village. If I am given a chance to be the elected commune leader, insha Allah I will carry out the duties and responsibilities well. Honesty is number one so I will carry out my program and lead this commune by sticking into the principle of accountability. I think that is all my brief explanation about the vision and mission. I am truly sorry if there is one or two words which indirectly making you feels unpleasant. When the election time comes, do not forget to pick me, Bapak Ridwan Kamil for commune 005 in Majalaya village.

Thank you very much.


Indonesian

Selamat malam,

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan YME, yang telah melimpahkan rahmat dan nikmatnya kepada kita semua, sehingga pada saat ini kita dapat bertemu dalam keadaan sehat. Yang kedua, saya mengucapkan terima kasih kepada Yang Terhormat Bapak Kepala Desa Majalaya atas dedikasi beliau dalam memajukan desa kita ini, kepada panitia pemilu yang telah merencanakan cara ini secara matang, serta kepada warga yang menghadiri acara ini pada malam hari yang berbahagia ini. Terima kasih karena saya telah diberikan kesempatan untuk memaparkan visi dan misi saya sebagai calon ketua RW di RW 005 Desa Majalaya.

Hadirin sekalian,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankanlah saya menyampaikan paparan sekilas tentang visi-misi saya sebagai calon ketua RW di Desa Majalaya. Para calon ketua RW pada pemilihan kali ini merupakan orang-orang yang luar biasa sehingga saya ragu apakah saya bisa memenangkan pemilihan ini atau tidak. Maka dari itu jika saya diberikan amanah untuk menjadi ketua RW saya akan melakukan yang terbaik demi menjaga amanah dari para warga. Dalam rangka menjadi ketua RW yang amanah saya telah menyusun rencana kerja yang akan didukung oleh visi dan misi yang jelas serta mudah difahami. Visi dan misi saya sebagai berikut,

Visi : “Terwujudnya masyarakat RW 005 yang tentram, maju, makmur dan berkeadilan”

Misi:

  1. Mendukung program yang telah dilaksanakan oleh Kepala Desa.
  2. Melanjutkan program-program yang telah dilaksanakan oleh ketua RW terdahulu serta melakukan evaluasi ulang terhadap program yang belum membuahkan hasil.
  3. Memberdayakan semua potensi masyarakat di lingkungan RW 005; memaksimalkan potensi individu untuk membentuk lingkungan RW yang berkualitas, pemberdayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang terdapat di lingkungan kita, dan mendorong warga untuk melaksanakan ekonomi kerakyatan.
  4. Menciptakan kondisi masyarakat RW 005 yang memenuhi beberapa kriteria; aman, tertib, serta rukun. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut , warga harus berpegang teguh pada prinsip kesamaan derajat, gotong royong, serta toleransi.
  5. Optimalisasi pelaksanaan program di lingkungan RW 005 seperti; Penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan akuntabel, memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, pelaksaan pembangunan yang berkesinambungan dan mengedepankan partisipasi warga serta gotong royong.

Hadirin sekalian,

Mengakhiri paparan singkat mengenai visi dan misi saya, saya mohon do’a restu serta dukungan bagi saya dalam pemilihan ini. Semoga saya akan diberikan kesempatan untuk mewujudkan visi dan misi saya, serta mewujudkan aspirasi masyarakat yang tinggal di RW 005 Desa Majalaya. Kiranya saya diberi kepercayaan untuk menjadi ketua RW, insha Allah saya akan melaksanakan semua program dan memimpin warga dengan amanah. Demikian paparan singkat tentang visi-misi yang dapat saya sampaikan, Saya mohon maaf bila ada kata-kata saya yang menyinggung hati bapak dan ibu sekalian. Jika waktu pemilihan tiba jangan lupa untuk memilih saya, Bapak Ridwan Kamil untuk RW 005 di Desa Majalaya.

Terima kasih.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Visi Misi Calon Ketua RW dan Terjemahannya"