Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Pemilihan Ketua RW Terpilih dan Terjemahannya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

   Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Pemilihan Ketua RW Terpilih dan Terjemahannya  

English

Good evening ladies and gentlemen,

Let us praise the God Almighty who has been giving His grace and blessing so that we can gather here in a good condition. In this occasion I would like to express my biggest gratitude towards people who have chose me as the new commune leader in RW 005 Majalaya Village. I never imagine that I would be the one who stand in front of you as the new elected communal leader. The competition between the candidates during election were very fierce, everyone conveyed the same objectives which is to bring new hope for our surrounding. However we as the candidates really had a healthy competition so I am really thankful for that.

My family was always been there in the first place, I am really thankful for my parents, my wife, my children who really took a good care of me and giving me a never-ending support no mater what I do. I never expected that I will obtain this much support from the people, thank you elect me to be your commune leader. It is nearly impossible for me to stand on this stage if you did not give me your voice so I would like to thank everyone for having faith in me.
Ladies and gentlemen,

Carrying a mandate as a leader is never be a light task to be done, it requires sacrifice, seriousness, perseverance, and patience. Even since the very beginning I have faith that I can carry this duty well so I will try my best to make it realized. On behalf of the new commune leader in RW 005, I invite all of the people who live in this surrounding to support and assist me in running my duties and responsibilities. Let us jointly carry out this mandate in accordance with the existing rules to make our surrounding more developed and secured. I am looking forward for your support in the meantime. There is nothing such as perfectness for human being, so I would like to ask for apology in advance if I could not fulfill your expectation as the new commune leader. Therefore I want to assure you that I will try my best to realize all of the words and promises that I have said during my campaign. I am a human being with flaw so if I ever humiliated anyone here or if I ever made any mistake, do not hesitate to scold/remind me that it was a mistake. We live in a democratic country where each individual aspiration is encouraged so please assist me when running my duty so I will conduct the duties well in accordance with the legal basis that exist in Indonesia.

Ladies and gentlemen,

As I have said repeatedly during my campaign, honesty should come first so I will strive to be a leader who carries his duty based on the people’s faith. Once again, thank you for believing me. I hope my new leadership in this surrounding will bring positive effects which make this commune more developed in the future. Aamin.

Thank you very much and good evening!

Indonesian

Selamat malam hadirin sekalian,

Marilah kita memuji Tuhan Yang Mahakuasa yang telah memberikan rahmat dan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam kondisi baik. Dalam kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada orang-orang yang telah memilih saya sebagai pemimpin baru di RW 005 Desa Majalaya. Saya tidak pernah membayangkan bahwa saya akan berdiri di depan hadirin sekalian sebagai ketua RW yang baru. Persaingan antar kandidat selama pemilihan sangat sengit, setiap calon menyampaikan tujuan yang sama yaitu untuk menghadirkan harapan baru bagi lingkungan sekitar kita. Meskipun demikian, kami memiliki persaingan yang sehat dan saya sangatlah bersyukur akan hal itu.

Keluarga saya selalu ada bagi saya, saya sangat berterima kasih kepada orang tua saya, istri saya, serta anak-anak saya yang telah menjaga saya dengan baik dan memberikan dukungan tanpa henti apapun yang saya lakukan. Saya tidak pernah menduga bahwa saya akan mendapatkan banyak dukungan dari warga sekalian, terima kasih telah memilih saya untuk menjadi ketua RW di sini. Hampir tidak mungkin bagi saya untuk berdiri di atas panggung ini jika tanpa adanya suara dari hadirin sekalian, maka dari itu aya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang karena telah mempercayai saya.

Hadirin sekalian,

Mengemban amanat sebagai seorang pemimpin bukanlah hal yang mudh untuk dilaksanakan, dibutuhkan pengorbanan, keseriusan, ketekunan, dan kesabaran. Sejak awal saya memiliki keyakinan bahwa saya dapat menjalankan tugas ini dengan baik sehingga saya akan berusaha sebaik mungkin untuk mewujudkannya. Atas nama ketua RW yang baru di RW 005, saya mengundang semua orang yang tinggal di sekitar ini untuk mendukung dan membantu saya menjalankan tugas dan tanggung jawab saya. Mari kita bersama-sama melaksanakan amanat ini sesuai dengan peraturan yang ada agar lingkungan sekitar kita lebih berkembang dan aman. Saya sangat menantikan dukungan hadirin sekalian di kemudian hari. Sesungguhnya manusia sangatlah jauh dari kesempurnaan, sehingga saya ingin meminta maaf sebelumnya jika saya tidak dapat memenuhi harapan Anda sebagai ketua RW yang baru. Meskipun demikian saya ingin meyakinkan Anda bahwa saya akan berusaha sebaik mungkin untuk mewujudkan semua janji-janji yang telah saya ucapkan selama kampanye. Saya adalah manusia yang penuh dengan kekurangan sehingga jika saya pernah menyusahkan warga disini atau jika saya melakukan kesalahan, jangan ragu untuk memarahi / mengingatkan saya bahwa itu adalah sebuah kesalahan. Kita semua tinggal di negara demokratis dimana setiap aspirasi masing-masing individu dihargai jadi tolong bantu saya saat menjalankan tugas saya sehingga saya mampu menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan dasar hukum yang ada di Indonesia.

Hadirin yang berbahagia,

Seperti yang telah saya katakan berulang kali selama kampanye saya, kejujuran harus didahulukan jadi saya akan berusaha menjadi pemimpin yang menjalankan tugasnya berdasarkan kepercayaan masyarakat. Sekali lagi, terima kasih telah mempercayai saya. Saya berharap kepemimpinan baru saya di lingkungan sekitar ini akan membawa dampak positif yang membuat lingkungan ini semakin berkembang di masa depan. Aamin.

Terima kasih banyak dan selamat malam!

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Pemilihan Ketua RW Terpilih dan Terjemahannya"