Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Lamaran Pernikaha dan Terjemahannya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

   Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Lamaran Pernikaha dan Terjemahannya  


English

Good evening ladies and gentlemen.

First of all I would like to thank the Almighty for bringing them together and unite them in a holy joy. Also for his blessing which unites these two big families as one.

Ladies and gentlemen,

On behalf of Narendra family, I would like to thank Mr. Hidayat and his big family who has welcomed our entourage with a warm welcome and full of family nuance. I hope after this our bond will be getting stronger and we can keep our hospitality as family. I want to express my greatest apologies if there is any attitude or behavior that is less favorable since our arrival to this very moment. Before going deeper to the main event, let me introduce myself to Mr. Abdul Hidayat family, my name is Ahmad Hussein, the father of Narendra Putra. The woman who stands next to me is my wife, Rahmi Hussein who is none other than Narendra’s mother. While the people who escort us here is our big family but unfortunately I cannot introduce them one by one. I invite both families to know each other more outside this forum.

Ladies and gentlemen,

The purpose of our arrival here is to know each other and establish relations between the two families. The most important point is I want to convey my good intention to deepen the brotherhood bonds to be a family bond. In order to make it clearer and concise, I want to propose Mr. Hidayat’s daughter which is Santi Dwi Permatasari for our son, Narendra Putra. A few weeks ago our Narendra told us that he wants to marry Santi, Mr. Hidayat’s one and only daughter. Narendra told us that has been knowing Santi for so long since they were University students. Narendra is a wonderful son and a good brother for his sister, and I have to say that for many years he brightened up our family, normally by leaving all the lights on in the house and then going out. It was a joke of course, he is someone that is full of responsibility, someone who always strive to be a good son for us, and someone who really concern about family. As a parent who wants to see his son to marry a good woman, we have no choice but to fully support and facilitate our son’s intention. In accordance with our intention, with full of respect, I would like to ask Santi to be married by our son, Narendra. We hope that Mr. Hidayat will accept our proposal. We believe that Mr. Hidayat can consider what is best for his daughter.

I think that is all that I can say for now. I believe that the Almighty will lead both Narendra and Santi to the best way. Hopefully both families can accept this matter sincerely and wisely. I would like to wish both of our son and daughter all the best in life as they will enter the next step of their journey together. May both of them have a life full of happiness and may they overcome all the obstacles that come on their way.

Thank you very much, good evening.

Indonesian

Selamat malam hadirin yang berbahagia.

Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa karena telah mempertemukan anak-anak kita serta mempersatukan mereka dalam kebahagiaan. Tidak lupa atas rahmat-Nya karena telah menyatukan kedua keluarga besar kita.

Hadirin sekalian,

Atas nama keluarga besar dari Narendra, saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Hidayat dan keluarga besarnya yang telah menyambut rombongan kami dengan sambutan yang hangat dan penuh nuansa kekeluargaan. Saya harap setelah ini ikatan kita akan semakin kuat dan kita bisa menjaga silaturahmi kita sebagai saudara. aya ingin mengungkapkan permintaan maaf saya yang sebesar-besarnya jika ada sikap atau perilaku yang kurang berkenan sejak kedatangan kami hingga detik ini. Sebelum berbicara lebih jauh mengenai tujuan utama saya, izinkan saya memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada keluarga besar Bapak Abdul Hidayat, nama saya Ahmad Hussein, ayanhanda dari Narendra Putra. Wanita yang berdiri di samping saya adalah istri saya, Rahmi Hussein yang tak lain adalah Ibu dari Narendra. Sementara saudara-saudara yang mengantar kita kesini adalah keluarga besar kami namun sayangnya saya tidak dapat memperkenalkannya satu persatu. Maka dari itu saya mengundang kedua keluarga untuk saling mengenal satu sama lain di luar forum ini.

Hadirin sekalian,

Tujuan kedatangan kami di sini adalah untuk saling mengenal dan membangun hubungan antara kedua keluarga. Yang paling penting adalah saya ingin menyampaikan niat baik saya untuk memperdalam ikatan persaudaraan menjadi ikatan keluarga.Untuk memperjelas dan mempersingkat ucapan saya, saya ingin mempersunting putri dari Bapak Hidayat untuk anak kami, Narendra Putra. Beberapa minggu yang lalu anak kami mengatakan bahwa ia sudah lama mengenal Santi sejak mereka menjadi mahasiswa. Narendra adalah anak yang baik dan saudara yang baik untuk adiknya, dan saya harus mengatakan bahwa selama bertahun-tahun dia mencerahkan keluarga kami, biasanya dengan membiarkan semua lampu menyala di rumah dan kemudian pergi keluar tanpa mematikannya. Itu hanya sebuah lelucon saja, dia adalah seseorang yang penuh tanggung jawab, seseorang yang selalu berusaha menjadi anak yang baik untuk kita, dan seseorang yang sangat memperhatikan keluarga. Sebagai orang tua yang ingin melihat anaknya menikahi wanita yang baik, kita tidak punya pilihan selain mendukung dan memfasilitasi niat anak kami. Sesuai dengan niat kami, dengan penuh rasa hormat, saya ingin meminta Santi untuk dinikahi oleh anak kami, Narendra. Kami berharap Bapak Hidayat bersedia menerima pinangan kami. Kami percaya bahwa Pak Hidayat mampu mempertimbangkan apa yang terbaik untuk putrinya.

Saya rasa hanya ini yang dapat saya sampaikan. Saya percaya bahwa Yang Maha Kuasa akan menuntun keduanya menuju jalan yang terbaik. Semoga kedua keluarga bisa menerima hal ini dengan tulus dan bijak. Saya harap putra dan putri kami akan mendapatkan yang terbaik dalam hidup karena mereka akan memasuki langkah berikutnya bersama-sama. Semoga keduanya memiliki hidup yang penuh dengan kebahagiaan dan semoga mereka mampu mengatasi semua rintangan yang menghalangi mereka.

Terima kasih banyak, selamat malam.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Lamaran Pernikaha dan Terjemahannya "