Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Rapat RT dan Terjemahannya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

   Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Rapat RT dan Terjemahannya 


English

Ladies and gentlemen,

First of all let us praise and thank the presence of God Almighty, for His abundance of grace and joy so all of us can gather in this place without any barriers at all and in good health. In this occasion, allow me to deliver couple of sentences to fill our monthly neighborhood meeting. As you have already know, my name is Ridwan and I am in charge as the neighborhood leader in RT 10.

Ladies and gentlemen,

Before I get into the core of my speech today, let us take a look at our surrounding and see what you find in our surrounding. Is it garbage? Yes. Our neighborhood awareness about cleanliness is still low, even in this small place we can find some garbage easily. Many people here are still throwing the garbage everywhere even though trash bin is available. If we want to create change to the world, let us start it from a small thing like throwing your trash into the trash bin so that our neighborhood will not be dirty. We all know that trash is the source of threat to our neighborhood, it causes several diseases and also flood. Therefore before going to far with my speech, I want to remind you all to keep our neighborhood clean and healthy.

In accordance with new year 2018, I would like to announce several programs that will be conducted this year. The local neighborhood staffs have discussed and re-evaluated these programs in advance, and now it is the time to let the society know about the results. However this is not the final result yet, those who want to comment or giving aspiration in regards to these programs is highly appreciated. To shorten the time, we will conduct several programs as follows:

  1. The short term program,
  2.  Re-define the amount of local society dues in RT 10.
  3.  Hold a community service at least thrice a year.
  4. Update the data of people who live in RT 10.
  5. Prepare for the financial report regularly.
  6. Make a good fund management system which will be beneficial to develop our neighborhood.
  7. Commemorate religious days.
  8. Obligate the guest who wants to stay in our neighborhood for more than 24 hours to make a report.

Meanwhile the middle and the long term programs are,

  1. Improve road and drainage system
  2. Install more lights to small road which still lacking of light.
  3. The inventory of our neighborhood facilities and infrastructures will be managed by the neighborhood board.

Let us strengthen our hospitality bond because hospitality is the basic point in working and living together in society. Hospitality will let us know each other, understand each other, therefore conflict will be evitable and we will live in harmony. And thing which is no less important is to increase our awareness to our neighborhood to help each other, to work together, and to keep our neighborhood beautiful and clean.

Ladies and gentlemen,

Last but not least me and my neighborhood board are expecting support, suggestion, and participation of the people who live in RT 10. With your participation, we will be able to make our neighborhood developed. That is all from me, I am truly sorry If I had any mistake when I deliver my speech. Thank you very much and good evening!


Indonesian

Hadirin sekalian,

Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Mahasa Esa, karena Ia telah melimpahkan berkah dan rahmat Nya sehingga kita semua dapat berkumpul di tempat ini tanpa hambatan sama sekali dan dalam kesehatan yang baik. Dalam kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan beberapa kata untuk mengisi rapat RT bulan ini. Seperti yang sudah Anda ketahui, nama saya Ridwan dan saya adalah Ketua RT 10.

Hadirin sekalian,

Sebelum saya memasuki inti pidato saya hari ini, mari kita lihat sekeliling kita dan lihatlah apa yang Anda temukan di sekitar kita. Apakah itu sampah? Tentu. Kesadaran lingkungan kita tentang kebersihan masih rendah, bahkan di tempat kecil ini kita bisa menemukan beberapa sampah dengan mudah. Banyak orang di sini masih membuang sampah sembarangan meskipun tempat sampah tersedia. Jika kita ingin merubah dunia, mari kita mulai dari hal kecil seperti membuang sampah ke tempat sampah sehingga lingkungan kita tidak akan kotor. Kita semua tahu bahwa sampah merupakan sumber ancaman bagi lingkungan kita, hal itu menyebabkan beberapa penyakit dan juga banjir. Oleh karena itu sebelum pergi jauh dengan pidato saya, saya ingin mengingatkan semuanya agar lingkungan kita bersih dan sehat.

Sehubungan dengan tahun baru 2018, saya ingin mengumumkan beberapa program yang akan dilakukan tahun ini. Para pengurus RT setempat telah mendiskusikan dan mengevaluasi kembali program-program ini terlebih dahulu, dan sekarang inilah saatnya memberi tahu masyarakat tentang hasilnya. Meskipun demikian, program-program ini bukanlah hasil akhirnya, bagi yang ingin berkomentar atau memberi aspirasi mengenai program ini sangat saya hargai. aspirasi mengenai program ini sangat dihargai. Untuk mempersingkat waktu, kami akan melakukan beberapa program sebagai berikut:

Program jangka pendek,

  1. Menetapkan kembali jumlah iuran masyarakat di RT 10.
  2. Mengadakan kegiatan gotong royong setidaknya tiga kali setahun.
  3. Memperbaharui data penduduk yang tinggal di RT 10.
  4. Menyiapkan laporan keuangan secara berkala.
  5. Membuat system pengelolaan dana yang baik.
  6. Memperingati hari-hari keagamaan.
  7. Mewajibkan tamu yang ingin tinggal di lingkungan kita selama lebih dari 24 jam untuk membuat laporan.

Sementara itu program jangka menengah dan panjangnya adalah,

  1. Memperbaiki jalan serta system drainase.
  2. Memasang banyak lampu untuk jalan kecil dan jalan yang masih kurang cahaya.
  3. Inventarisasi sarana dan prasarana lingkungan kita akan dikelola oleh pengurus RT.

Marilah kita perkuat tali silaturahmi kita karena silaturahmi merupakan titik dasar dalam bekerja dan hidup bersama di masyarakat.Silaturahmmi akan membuat kita saling mengenal satu sama lain, saling memahami, oleh karena itu konflik bisa dihindarkan dan kita akan hidup dengan rukun. Serta hal yang tak kalah pentingnya adalah meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan sekitar untuk saling membantu, bekerja sama, dan menjaga lingkungan kita tetap indah dan bersih.

Hadirin sekalian,

Yang terakhir saya serta pengurus RT lainnya mengharapkan dukungan, saran, dan partisipasi warga yang tinggal di RT 10. Dengan partisipasi Anda, kita akan dapat membuat lingkungan kita berkembang. Sekiranya itu yang dapat saya sampaikan, terima kasih banyak dan selamat malam!

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Rapat RT dan Terjemahannya"