Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Perpisahan SMA Kelas XII dan Terjemahannya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Perpisahan SMA Kelas XII dan Terjemahannya       


English

Good morning the honorable principle, vice principle, fellow colleagues, friends, students, and most importantly my 12th grade students. It is such an honorable opportunity for me to welcome you all in this important ceremony. We are all here to bid farewell to our sons and daughters, our 12th students who are leaving the school after completing their study in Montgomery School. Once again, I welcome you all to this ceremony.

Dear 12th grade students,

You have just unlocked a new gate to the next stage in life. The memory of you all came to this school for the first time is clearly drawn on my mind. This school is a witness of your growth day by day, now those small steps are ready to jump into the further stage in life. During your school day you received uncountable pressure in school, let us say, hard assignments, sadness, and several burdening examinations are attacking you every day. Those hard time and grief are paid off today since you have come to the end of your journey in High School. Most essentially, you have attained this stage with great achievement and beautiful memories. As someone who directly watches your growing state, we, as the teachers are very proud of you all. You need to know that being tough to you does not mean that we hate you. We tried to make you ready and nurture you to have a strong foundation when facing the real life challenges in the future.

Today I am going to represent the whole teachers to say that we are honored to have students like you. You have recorded many achievements over the years, whether it is academic or extra curriculum activities. Your outstanding accomplishments in academic course or sport activities are acknowledged and we will remember it all. I and my fellow teachers are grateful for the never-ending spirit you have demonstrated towards the learning process, the teachers, the school’s management, and even to your fellow students. I hope that this farewell ceremony does not cut off the hostility rope between us, we are still family though.

My dear 12th grade students,

Life challenges are waiting for as you walk out from this school but I do believe that with the manner and skill that you have obtained for years in school will help you to conquer the obstacles well. In this very moment, I want to encourage the outgoing students to be a good ambassador in the society, never let your selfish interest to make your glorious path ruined. Be humble to the people that you meet in your way up, be a positive person not only for yourself but also for the people live around you. Quoting the United States First Lady Eleanor Roosevelt, ‘The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams’. This means that a bright future is prepared for those who believe in themselves and their dreams. The most important part is to be optimistic in whatever you are doing. On behalf of this school, I bid you farewell and I sincerely wish you the best of luck in starting another journey. May God bless your way! Thank you very much for your kind attention, good morning.

Indonesian

Selamat pagi yang terhormat Kepala sekolah, Wakil Kepala sekolah, rekan guru, teman-teman, serta yang terpenting siswa kelas 12. Sebuah kesempatan yang terhormat bagi saya untuk menyambut kalian semua di upacara perpisahan ini. Acara di diselenggarakan untuk melepas putra dan putri kami, siswa kelas 12 yang telah menyelesaikan studi mereka di SMA Montgomery. Sekali lagi saya ucapkan selamat datang semuanya.

Anak-anakku, siswa kelas 12,

Kalian baru saja membuka gerbang baru menuju ke tahap selanjutnya dalam hidup. Saya mengingat dengan jelas saat kalian pertama kali datang ke sekolah ini. Sekolah ini adalah saksi pertumbuhan kalan dari hari ke hari, sekarang langkah kecil tersebut siap untuk melompat ke tahap selanjutnya. Selama masa sekolah, kalian mendapatkan beragam ekanan di sekolah, katakanlah, tugas berat, kesedihan, dan beberapa ujian yang sulit menyerang kalian setiap hari. Masa sulit tersebut akhirnya terbayar hari ini karena kalian telah sampai pada akhir perjalanan kalian di SMA. Yang terpenting, kalian telah melewati tahap ini dengan prestasi dan kenangan indah. Sebagai seseorang yang secara langsung menyaksikan masa pertumbuhan kalian, kami, para guru sangat bangga dengan kalian semua. Kalian perlu tahu bahwa sika keras para guru tidak berarti bahwa kami membenci kalian. Kami mencoba membuat kalian siap dan mendidik kalian agar memiliki fondasi yang kuat saat menghadapi tantangan kehidupan nyata di masa depan.

Hari ini saya mewakili seluruh guru untuk mengatakan bahwa kami merasa terhormat memiliki siswa seperti kalian. Kalian telah mencatat banyak prestasi selama bertahun-tahun, entah itu kegiatan akademik atau ekstra kurikulum. Prestasi Anda yang luar biasa dalam kegiatan akademik atau kegiatan olahraga sangat kami hargai dan kami akan mengingat semuanya. Saya dan rekan-rekan guru bersyukur atas semangat tiada henti yang telah kalian tunjukkan dalam proses belajar, kepada guru, manajemen sekolah, dan bahkan kepada teman-teman kalian. Harapan saya adalah upacara perpisahan ini tidak memutuskan tali silaturahmi di antara kita, kita adalah keluarga.

Anak-anakku, siswa kelas 12,

Tantangan hidup yang sesungguhnya menanti kalian ketika kalian melangkah dari sekolah ini tapi saya yakin dengan karakter serta keterampilan yang kalian dapatkan selama bertahun-tahun di sekolah akan membantu kalian mengatasi semuanya dengan baik. Pada saat ini, saya ingin mendorong siswa kelas 12 untuk menjadi ambassador yang baik di masyarakat, jangan pernah membiarkan keegoisan membuat jalan kalian hancur. Jadilah manusia yang rendah hati kepada orang-orang yang kalian temui dalam perjalanan, jadilah orang yang positif tidak hanya untuk diri kalian sendiri tetapi bagi orang-orang sekitar. Mengutip Ibu Negara Amerika Serikat Eleanor Roosevelt, ‘Masa depan adalah milik orang-orang yang percaya pada keindahan mimpinya’. Ini berarti bahwa masa depan yang cerah dipersiapkan bagi mereka yang percaya pada diri mereka dan impian mereka. Bagian yang paling penting adalah bersikap optimis terhadap apapun yang sedang kalian lakukan. Atas nama sekolah, saya mengucapkan selamat tinggal dan saya dengan tulus hati mendoakan semoga kalian sukses dalam memulai perjalanan kalian. Semoga Tuhan memberkati jalanmu Terima kasih banyak atas perhatiannya, selamat pagi.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Perpisahan SMA Kelas XII dan Terjemahannya"