Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Calon Ketua OSIS SMA dan Terjemahannya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Calon Ketua OSIS SMA dan Terjemahannya        

English

Good afternoon!

Instead of delivering my brief introduction and what am I running for, this podium remind me of something goofy when I first entered this school.  For your information I was a transferred student from other cities thus I faced a difficulty in familiarizing myself with the school which belongs to this city. Concisely, I was entering this school with zero preparation. I did not know that this school is very strict with time, zero tolerance for lateness. I came to school late so the disciplinary teacher had to give me punishment, on my very first day in this school. I was told to stand while saluting the flag pole under the sun heat. It seems like I absorbed sunlight too much that I cannot even think straight, I tripped in the middle of this field, right in front of the podium. It was so embarrassing that I could not even lift my face but suddenly an angel came to save me. She was my very first friend that I got, she helped me to stand, walked me to my class, and even told me about the regulations applied here so I can be more careful. In that very moment, I fall in love with this school because it has a consistent principle to educate the students to be a good and discipline person. It does not take a long time for me to love this school because the people here are very warm.

Now here it comes my introduction my name is Keiko, a sophomore from Science 3 class and I am running for President of Student Council Election in Montgomery High School. During the past years, I have been preparing myself for this position by actively participated in some extracurricular projects, joined social activities hosted by our school, and identifying the skills that are required when someone is running for this position. One of the reasons why I run for this position is because I have vowed myself to give meaningful contribution towards this school. I want to protect the student’s right and be a good bridge between the school’s administration and the students, my friends.

As the new President Student Council in Montgomery High School I will eliminate tasks and homework, just kidding.  I will make my speech brief and concise so I will deliver my vision and mission right away. My vision is to achieve the mutual objective to make Montgomery High School as a school which has high quality, active, innovative, and discipline. Meanwhile the very first mission that will be conducted is to scout students that fit to be placed in Student Council Body. Together with the other Student Council members, I will encourage the students to be outstanding in academic or non-academic field. I want to grow togetherness and the sense of belonging to our school even bigger than before by organizing possible events. Encourage the students to be active in extracurricular activities in order to improve the student’s skill and creativity. Most essentially, I will carry out this responsibility with heart, accountability, and honesty.

I would really appreciate it if you voted me to be the next Student Council President in Montgomery High School for one academic year. If I get elected, I will re-evaluate the previous Student Council Board’s programs and learn from them. I will continue to be a good student’s representative and continue to strive for things that are essential for students. Let us work together towards the destined goals. Thank you very much for your kind attention and see you on the ballot day!

Indonesian

Selamat sore!

Daripada menyampaikan perkenalan singkat dan posisi yang saya inginkan di pemilihan kali ini, tiba-tiba saja podium ini mengingatkan saya kepada hal konyol yang terjadi pada hari pertama saya masuk sekolah. Sebagai informasi, saya adalah siswa pindahan dari luar kota sehingga saya menghadapi kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan sekolah yang ada di kota ini. Singkat cerita, saya masuk sekolah tanpa persiapan apapun, saya tidak tahu bahwa sekolah ini sangat tegas dengan waktu, tidak ada toleransi untuk kata terlambat. Saya terlambat datang ke sekolah jadi guru disipliner menghukum saya, di hari pertama saya sekolah. Saya disuruh berdiri sambil menghormati tiang bendera di bawah terik matahari. Sepertinya saya menyerap sinar matahari terlalu banyak sampai-sampai saya tidak bisa berfikir jernih, saya tersandung di lapangan ini, tepat di depan podium. Memalukan sekali sampai-sampai saya tidak bisa mengangkat wajah, tiba tiba seorang malaikat datang dan menolong saya. Dia adalah teman pertama saya disini, dia bantu saya berdiri, mengantarkan saya ke kelas, dan bahkan memberitahu saya soal peraturan sekolah jadi saya bisa lebih hati hati lagi. Pada saat itu juga, saya jatuh cinta pada sekolah ini karena sekolah ini sangat konsisten dengan prinsipnya untuk mendidik siswa menjadi orang yang baik dan disiplin. Tidak lama setelah itu saya betah di sekolah ini karena orang-orang disini sangat hangat.

Nah sekarang baru perkenalan, nama saya Keiko, siswa kelas dua dari IPA 3  dan saya mencalonkan diri sebagai Ketua OSIS  di SMA Montgomery. Selama beberapa tahun terakhir, saya telah mempersiapkan diri untuk posisi ini dengan berpartisipasi aktif dalam beberapa acara ekstrakurikuler, mengikuti kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh sekolah, dan mengidentifikasi keterampilan yang dibutuhkan bagi seseorang yang mencalonkan diri di posisi ini. Salah satu alasan mengapa saya mencalonkan diri untuk posisi ini adalah karena saya telah berjanji untuk memberikan kontribusi berarti bagi sekolah ini. Saya ingin melindungi hak siswa dan menjadi jembatan yang baik antara administrasi sekolah dan siswa, teman-teman saya.

Sebagai Ketua OSIS yang baru di SMA Montgomery saya akan meng hilangkan tugas dan pekerjaan rumah, bercanda. Saya akan membuat pidato saya singkat dan jelas jadi langsung saja ke penyampaian vsi dan misi. Visi saya adalah untuk mencapai tujuan bersama yaitu menjadikan SMA Montgomery sebagai sekolah yang memiliki kualitas tinggi, aktif, inovatif, dan disiplin. Sementara misi pertama yang akan dilakukan adalah merekrut kader-kader pengurus OSIS yang sesuai. Bersama dengan anggota pengurus OSIS yang lain, saya akan mendorong siswa untuk berprestasi di bidang akademik atau non-akademis. Saya ingin menumbuhkan gotong royong dan rasa memiliki terhadap sekolah kita dengan menyelenggarakan kegiatan yang sesuai. Mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas siswa. Yang paling penting, saya akan mengemban tanggung jawab ini dengan hati, akuntabilitas, dan kejujuran.

Saya akan sangat menghargai jika teman-teman memilih saya menjadi Ketua OSIS berikutnya di SMA Montgomery untuk satuh tahun akademik. Jika saya terpilih, saya akan mengevaluasi kembali program OSIS sebelumnya serta belajar dari hal tersebut. Saya akan terus berusaha untuk menjadi perwakilan siswa yang baik dan terus mengupayakan hal-hal yang penting bagi siswa. Marilah kita berjalan bersama menuju tujuan kita bersama. Terima kasih banyak atas perhatiannya, sampai jumpa di hari pemilihan!

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Calon Ketua OSIS SMA dan Terjemahannya "