Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Ulang Tahun Sekolah dan Terjemahannya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Ulang Tahun Sekolah dan Terjemahannya       

English

First of all I would like to thank The Almighty for His never-ending blessings so we can gather here in this important event. Good morning to the honored Head Master, teachers, school administration staffs, and my friends. Today, September 1st 2018 marks the day of our school 50th anniversary. My name is Diana Alfianti, the President of Montgomery President Council and I would be delivering a speech in this very special day today. Today is a legendary day for us because this school was established 50 years ago. Let us pray that our school will be a school which produced qualified leaders who can make family, society, nation, and the country proud.

To the honorable teachers,

I am standing here to represent my friends, we would like to thank the teachers here for your hard work in nurturing us to be a good human not only for myself but family, nation, and country. There are so many times when we disappoint you but you still have your faith on us. Thank you for being our light to lead us walks through the darkness. We will always remember the love that you give as well as the messages that you told us. Please pray for us, pray for your children that we can be valuable persons in the future to make you proud. My dearest teachers, what am I without you? I will not be able to know many things if you were not here, I will not be able to pursue my dreams if you were not here. In his very moment, I sincerely wishing you happiness in life, health, and I hope the Almighty will always bless your way.

As for my friends, let us use this moment to reflect upon ourselves. We had been given a chance to study here, now ask yourself, what you have done well for our school. The children in the past had no opportunity to study at school like us. They live under stupidity and never-ending pressure. We should not waste this blessing, as a student we need to have motivation in studying. This motivation will acts as a supporting factor which will help us to boost achievement, spirit, and the willingness to achieve success in the future. Actually studying hard is not enough if we did not have motivation to do better in study. Therefore I will recommend you several ways to boost your motivation in study. The details are as follows,

  1. Choose the right friends: you can mingle with friends who like to study or find a role model. Finding a role model means be acquainted with your seniors who succeed at studying, you will get motivated when you look at their flowery paths.
  2. Learn anything! Studying is not merely about learning in formal institution like school, you can learn so many things from writing, making a film, learn entrepreneurship, computer, etc.
  3. Learn from internet: in this globalized world, lessons are everywhere. You can access much information through your gadget from internet. You can also utilize internet mailing list as a facility to study.
  4. Mingle with people who have positive vibes and optimistic will affect your motivation in studying.

Those are only several suggestions, I believe that you can find another reason to motivate you in studying. Once again happy birthday my school! Thank you for the attention and I am terribly sorry if I am lacking a lot in conveying my speech. Good morning and have a great day ahead!


Indonesian

Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa atas berkah dan karunia Nya sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam acara penting ini. Selamat pagi saya ucapkan kepada Bapak Kepala Sekolah guru, staf administrasi sekolah, dan teman-teman sekalian. Hari ini, 1 September 2018 menandai hari ulang tahun sekolah yang ke 50. Nama saya Diana Alfianti selaku Ketua OSIS dari SMA Montgomery dan saya akan menyampaikan pidato di hari istimewa ini. Hari ini adalah hari yang legendaris bagi kita karena sekolah ini didirikan 50 tahun yang lalu. Marilah kita berdoa agar sekolah kita akan menjadi sekolah yang menghasilkan pemimpin berkualitas yang bisa membuat keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara bangga.

Para guru terhormat,

Saya berdiri di sini untuk mewakili teman-teman saya, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada para guru di sini atas kerja kerasnya. Dalam mendidik kami untuk menjadi manusia yang baik tidak hanya untuk diri kami sendiri namun keluarga, bangsa, dan negara. Sebagai murid tentulah kami pernah mengecewakan kalian namun kalian masih memberikan kami kepercayaan. Terimakasih telah menjadi cahaya bagi kami untuk memimpin kami berjalan melalui kegelapan. Kami akan selalu mengingat kasih sayang yang kalian berikan serta pesan yang kalia sampaikan kepada kami. Doakanlah kami, doakanlah anak-anak kalian agar kami bisa menjadi orang-orang berharga di masa depan serta membuat kalian bangga. Ibu serta Bapak guru yang kami sayangi, tanpamu apa jadinya aku? Saya tidak akan bisa mengetahui banyak hal tanpa kalian, saya tidak akan bisa menggapai cita-cita tanpa kalian. Di momen yang bahagia ini, saya mendoakan semoga kalian bahagia selalu,semoga kalian sehat selalu, dan semoga Tuhan akan selalu memberkahi kalian.

Untuk teman-teman, mari kita gunakan momen ini untuk merenung terhadap diri kita sendiri. Kita telah diberi kesempatan untuk belajar di sini, sekarang tanyakan pada diri sekarang tanyakanlah pada diri kita sendiri apakah kita elah melakukan sesuatu yang baik demi sekolah kita atau tidak. Anda lakukan dengan baik untuk sekolah kami. Anak-anak di masa lalu tidak memiliki kesempatan untuk belajar di sekolah seperti kita. Mereka hidup dalam kebodohan dan tekanan tanpa henti. Kita seharusnya tidak menyia-nyiakan anugerah ini. Sebagai siswa kita perlu memiliki motivasi dalam belajar. Motivasi ini akan berperan sebagai faktor pendukung yang akan membantu kita untuk meningkatkan prestasi, semangat, dan kemauan untuk meraih kesuksesan di masa depan. Sebenarnya belajar keras tidak cukup jika kita tidak memiliki motivasi untuk berbuat lebih baik dalam belajar. Oleh karena itu saya akan merekomendasikan beberapa cara untuk meningkatkan motivasi belajar. Penjelasannya sebagai berikut,

  1. Pilihlah teman yang tepat. Kalian bisa berbaur dengan teman yang suka belajar atau mencari panutan. Menemukan panutan bisa dengan cara berkenalan dengan para senior yang sukses dalam belajar, kita akan termotivasi saat melihat keberhasilan mereka.
  2. Belajar semua hal. Belajar bukan hanya tentang menuntut ilmu di sekolah, kita bisa bisa belajar banyak hal mulai dari menulis, membuat film, belajar kewirausahaan, komputer, dll.
  3. Belajar dari internet. Di era globalisasi seperti sekarang ini, pelajaran ada dimanapun. Kita dapat mengakses banyak informasi melalui gadget dari internet. Kita juga bisa memanfaatkan mailing list internet sebagai fasilitas untuk belajar.
  4. Berbaur dengan orang-orang yang memiliki jiwa positif dan optimis akan mempengaruhi motivasi dalam belajar.

Penjelasan di atas hanya beberapa saran yang dapat saya sampaikan, saya percaya kalian dapat menemukan alasan lain untuk memotivasi diri sendiri dalam belajar. Sekali lagi selamat ulang tahun sekolah ku tercinta! Terima kasih atas perhatiannya dan saya sangat mohon maaf jika saya masih banyak kesalahan dalam menyampaikan pidato saya. Selamat pagi dan semoga hari kalian menyenangkan!

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Ulang Tahun Sekolah dan Terjemahannya"