Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Bahaya Minuman Keras dan Terjemahannya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

      Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Bahaya Minuman Keras dan Terjemahannya

English

Good Morning,

Honorable audiences of all who are blessed by God Allmigty, I would like to thank all those who have given their time listening to my speech. First of all, let us pray for a moment for God’s presence who has given us His gift and blessing to all of us. Today, I am going to convey my speech about the danger of alcoholic drinks for teenagers. Nowadays it is really easy for teenagers to access alcoholic drinks. Added with their curiousity, Alcoholic drinks consummer has increased in the recent years. From the data of research and development from POLRI, found the students of junior high school, high school and university students occupy the highest number alcohol use which is 70% of drinkers. It is a frightening numbers. So in this opportunity, I will explain three effects of consuming alcoholic drink.

Ladies and Gentlemen, the first effect is concerning our body health. Consuming alcoholic drinks can damage our body. It can cause minor until major damage to our vital organs, and especially, it can ruin our kidney health. Alcoholic drinks contain alcohol that is bad for the kidney. It is bad for the adults, so you can imagine how dangerous it will be to us teenagers. You will put your health at risk just by consuming alcohol, and believe me it is not worth it.

The respectable audiences, the second effect is it can cause death. Each type of alcoholic drinks must have various alcohol level. The higher the level, the higher the risk. Alcohol drink with the high level of alcohol, if consumed to much, it will weaken the nerves in the body. After weakening the nerves, this drink will slowly kill some of the nerves of our body, especially the nerves in the brain that then will cause brain dead. This brain dead if it is not treated with medical aids, it will cause death. In the United States, 4,300 teenagers die each year from drinking alcohol. In Indonesia alone, the National Anti-Alcoholic drink Movement recorded 18,000 people died from alcohol.

And the last effect is the most dangerous effect of consuming alcoholic drink. It can ruin your social life. the alcoholic drink has been a contributing factor in various social problems such as crime, environmental damage, family conflicts, international disturbances, economic losses, and community harmony. There are so many facts that prove that alcoholic drink causes many dangerous impacts especially based on criminal cases.

All of my explanations, they are proves that alcoholic drink is dangerous for everyone. The alcoholic drink is clearly harmful not just those who drink it but the people around them as well. I would strongly advice all of my friends here to avoid any kind of alcoholic drink and start a happy life. We should spend our times with many positive things and support our family and friend to do the same. I believe that teenagers are less likely to use alcohol if they felt a sense of control over their environments, had good coping skills, and had highly organized families. Take care of your body

That is all that i can say. I apologize for the slip of tongue and thank you for your attention.

Thank you.

Indonesian

Selamat Pagi,

Yang terhormat para undangan yang diberkati oleh Tuhan YME, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah memberikan waktu mereka untuk mendengarkan pidato saya. Pertama-tama, mari kita berdoa sejenak untuk kehadiran Tuhan yang telah memberi kita karunia dan berkat untuk kita semua. Hari ini, saya akan menyampaikan pidato saya tentang bahaya minuman beralkohol untuk remaja. Saat ini sangat mudah bagi remaja untuk mengakses minuman beralkohol. Ditambahkan dengan rasa ingin tahu mereka, penggunaan minuman beralkohol telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Dari data penelitian dan pengembangan dari POLRI, ditemukan siswa SMP, SMA dan mahasiswa menempati jumlah tertinggi penggunaan alkohol yaitu 70% peminum. Ini adalah angka yang menakutkan. Jadi dalam kesempatan ini, saya akan menjelaskan tiga efek mengkonsumsi minuman beralkohol.

Saudara-saudara, efek pertama adalah tentang kesehatan tubuh kita. Mengkonsumsi minuman beralkohol bisa merusak tubuh kita. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan ringan sampai kerusakan besar pada organ vital kita, dan terutama, hal itu dapat merusak kesehatan ginjal kita. Minuman beralkohol mengandung alkohol yang tidak baik untuk ginjal. Ini buruk bagi orang dewasa, jadi bisa dibayangkan betapa berbahayanya bagi kita remaja. Anda akan membahayakan kesehatan Anda hanya dengan mengkonsumsi alkohol, dan percayalah bahwa ini justru akan merugikan kita.

Undangan yang terhormat, efek kedua adalah bisa menyebabkan kematian. Setiap jenis minuman beralkohol pasti memiliki kadar alkohol. Semakin tinggi kadarnya, semakin tinggi risikonya. Minuman alkohol dengan kadar alkohol tinggi, jika dikonsumsi banyak, akan melemahkan saraf di tubuh. Setelah melemahkan saraf, minuman ini perlahan akan membunuh beberapa saraf tubuh kita, terutama saraf di otak yang kemudian akan menyebabkan otak mati. Otak mati ini jika tidak diobati dengan alat bantu medis, maka akan menyebabkan kematian. Di Amerika Serikat, 4.300 remaja meninggal setiap tahun karena minum alkohol. Di Indonesia saja, Gerakan Anti-Miras Nasional mencatat 18.000 orang meninggal akibat alkohol.

Dan efek terakhir adalah efek paling berbahaya dari mengkonsumsi minuman beralkohol. Karena Hal ini bisa merusak kehidupan sosial kuta. Minuman beralkohol telah menjadi faktor penyebab berbagai masalah sosial seperti kejahatan, kerusakan lingkungan, konflik keluarga, gangguan internasional, kerugian ekonomi, dan kerukunan masyarakat. Ada begitu banyak fakta yang membuktikan bahwa minuman beralkohol menyebabkan banyak dampak berbahaya terutama pada kasus kriminal.

Semua penjelasan saya, mereka membuktikan bahwa minuman beralkohol berbahaya bagi semua orang. Minuman beralkohol ini jelas berbahaya bukan hanya mereka yang meminumnya tapi juga orang-orang disekitarnya. Saya akan sangat menyarankan semua teman saya di sini untuk menghindari minuman beralkohol dan memulai hidup yang sehat. Kita harus menghabiskan waktu kita dengan banyak hal positif dan mendukung keluarga dan teman kita untuk melakukan hal yang sama. Saya percaya bahwa remaja cenderung tidak mencoba minuman beralkohol jika mereka merasa memiliki kendali atas lingkungan mereka, memiliki kemampuan mengatasi masalah yang baik, dan memiliki keluarga yang harmonis. Jaga tubuhmu

Demikian yang dapat saya sampaikan. Saya minta maaf jika ada kesalahan ucap dan terima kasih atas perhatiannya.

Terima kasih.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Bahaya Minuman Keras dan Terjemahannya"