Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Pentingnya Hidup Sehat dan Terjemahannya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

      Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Pentingnya Hidup Sehat dan Terjemahannya 

English

Good morning Ladies and Gentlemen. My dear friends and my honorable teachers. I am here to deliver my speech about the important of health for our life. Tomorrow we will celebrate the National Health day on the twelft of November. For that i would like to remind again why it is important to keep our body fit.

Everyone here wants to be healthy and fit, right? As we all know that health is the most important factor in life. It is also the cheapest thing to acquire. We don’t need to buy many expensive stuff to be healthy. With good eating habits and doing regular physical activity we are one step closer to a healthier life. It sounds easy, but sometimes not so easy to do. With school, homework, many school activities, and hanging out with our friends, we are too busy to lead a healthy life. But then, if we neglect it, if we force our body to do all of those activities without taking care of it. Then eventually, we can get sick. And when we get sick, we cannot go to school, we cannot join school activities, and we cannot even have fun. As the saying goes, “An ounce of prevention is worth a pound of cure.” It means that being healthy is much cheaper than being sick. Because we can imagine the cost that we have to spend to go to the doctor and buy the medicines. So which one do you prefer? Being sick or being healthy?

And while we are it, Staying healthy is an important part of growing up. Living a healthy lifestyle also can be beneficial not only physically abut also emotionally. In puberty, we have to deal with many problematic things in school, staying healthy can really help not to be overwhelmed. Staying healthy physically can help us stay healthy emotionally too. Keeping a good eating habit and taking care of our body will make our body string and help us to cope with stress. In a study conducted by researchers at University of Indonesia it was found that exercising for 30 minutes, three times a week can help an estimated 60% of patients overcome their depression without using anti-depressant medications. In addition, exercise can give us the time we need to relax, take a break and deal with the problem at hand.

The honorable Audiences, leading a healthy lifestyle can also improve the appearance of our skin, teeth and nails and give us that certain glow that makes us look great. So we will look good just by being healthy. We don’t need to do a certain diet to get slimmer or stronger. Our body will automatically shaped well as we grow into adulthood.

Ladies and Gentlemen, that is why we have to live healthy. By being healthy we can have a good life with full excitement without having to worry about being sick or about the cost of medical treatment. Secondly, aside of physically, staying healthy also can be good for us emotionally. It can’t reduce stress and keep us happy. And the last but not the least, leading a healthy lifestyle will makes us look good. And for us teenagers, looking good is important, right?

So maybe that’s all from what I can deliver today. I hope we will always stay happy and live a full and happy life. I thank you for your attention here.

Indonesian

Selamat pagi. Hadirin yang saya muliakan. Teman-teman yang saya sayangi dan guru-guru yang saya hormati. Saya di sini untuk menyampaikan pidato saya tentang pentingnya kesehatan bagi kehidupan kita. Besok kita akan merayakan Hari Kesehatan Nasional di tanggal 12 November. Untuk itu saya ingin mengingatkan lagi betapa pentingnya tubuh yang sehat bagi kita.

Semua orang di sini ingin sehat dan bugar, bukan? Seperti kita semua tahu bahwa kesehatan adalah faktor terpenting dalam hidup. Ini juga merupakan hal termurah untuk lakukan. Kita tidak perlu membeli banyak barang mahal agar sehat. Dengan kebiasaan makan yang baik dan melakukan aktivitas fisik secara teratur, kita selangkah lebih dekat ke kehidupan yang lebih sehat. Kedengarannya mudah, tapi terkadang tidak begitu mudah dilakukan. Dengan sekolah, pekerjaan rumah, banyak kegiatan sekolah, dan bermain dengan teman-teman kita, kita terlalu sibuk menjalani hidup sehat. Tapi jika kita mengabaikannya dan kita memaksa tubuh kita melakukan semua aktivitas itu tanpa menjaga tubuh kita. Akhirnya, kita bisa sakit. Dan saat kita sakit, kita tidak bisa bersekolah, kita tidak bisa ikut kegiatan sekolah, dan kita bahkan tidak bisa bersenang-senang. Seperti kata pepatah, “Satu ons pencegahan lebih baik dari satu kilo penyembuhan.” Artinya sehat jauh lebih murah daripada sakit. Karena kita bisa bayangkan biaya yang harus kita keluarkan untuk pergi ke dokter dan membeli obat-obatan. Jadi mana yang kalian pilih? Sakit atau sehat

Dan Tetap sehat adalah bagian penting dari tumbuh dewasa. Hidup dengan gaya hidup sehat juga bisa bermanfaat tidak hanya secara fisik tapi juga secara emosional. Pada masa pubertas, kita harus menghadapi banyak masalah di sekolah, gaya hidup sehat sehat benar-benar bisa membantu untuk terjauh dari stres. Tetap sehat secara fisik bisa membantu kita tetap sehat secara emosional juga. Menjaga kebiasaan makan yang baik dan merawat tubuh kita akan membuat tubuh kita senasiasa bugar dan membantu kita mengatasi stres. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Indonesia ditemukan bahwa berolahraga selama 30 menit, tiga kali seminggu dapat membantu sekitar 60% pasien mengatasi depresi mereka tanpa menggunakan obat anti-depresi. Selain itu, olahraga bisa memberi kita waktu yang kita butuhkan untuk bersantai, beristirahat dan mengatasi masalah yang dihadapi.

Hadirin yang terhormat, dengan menjalani gaya hidup sehat juga dapat memperbaiki penampilan kulit, gigi dan kuku kita dan memberikan warna tertentu yang membuat kita terlihat lebih keren. Jadi kita akan terlihat lebih menarik hanya dengan menjadi sehat. Kita tidak perlu melakukan diet tertentu agar langsing atau lebih berotot. Tubuh kita akan otomatis terbentuk dengan baik saat kita tumbuh dewasa.

Saudara-saudara, itulah sebabnya kita harus hidup sehat. Dengan menjadi sehat kita bisa memiliki kehidupan yang baik dengan kegembiraan penuh tanpa harus khawatir sakit atau mengkhawatirkan biaya perawatan medis. Kedua, selain fisik, tetap sehat juga bisa baik untuk kita secara emosional. Menjadi sehat bisa mengurangi stres dan membuat kita tetap bahagia. Dan yang terakhir, menjalani gaya hidup sehat akan membuat kita terlihat lebih menarik. Dan bagi kita remaja, terlihat menarik itu penting kan?

Jadi mungkin itulah semua dari apa yang bisa saya sampaikan hari ini. Saya harap kita akan selalu tetap sehat dan menjalani kehidupan yang bahagia. Saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Pentingnya Hidup Sehat dan Terjemahannya "