Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato Bahasa Indonesia Tentang Dampak dari Bahaya Merokok


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pidato berarti pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Karena sasarannya lebih luas, penyampaian pidato lebih sulit daripada percakapan sehari-hari antar kawan. Pidato memerlukan perhatian khusus dalam persiapan, penyusunan serta yang paling penting dalam penyampaiannya. Untuk itu kita memerlukan retorika..Kumpulan Pidato Lengkap

 

Sifat dan Metode Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
  • Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
  • Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  • Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  • Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  • Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
  • Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Pidato Bahasa Indonesia Tentang Dampak dari Bahaya Merokok



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

Yang Terhormat bpk dan ibu guru beserta staf tata usaha

Juga rekan murid smk 2

Puji dan syukur saya panjatkan atas kehadirat Allah SWT yg telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga kita semua dapat berkumpul di aula smk 2 ini.

Bukan menjadi rahasia umum lagi dan tidak harus dupungkiri lagi kalau sebagian para perokok sebetulnya adalah anak remaja dan mereka sebenarnya sudah mengetahui ataupun merasakan dampaknya dari bahaya merokok tersebut, namun mereka seolah menutup mata dengan bermacam alasan, Padahal, asap rokok secara ilmiah sudah terbukti menyebabkan setidaknya 25 jenis penyakit yg berbahaya.

Para hadirin sekalian yang saya hormati,

Ada banyak hal tentang bahaya merokok yang patut kita ketahui. Tahukah Anda jika merokok bisa meningkatkan kecenderungan untuk terkena masuk angin dan flu? Menurut riset jika seseorang itu perokok aktif, akan beresiko lebih sering mengalami masuk angin, bronchitis dan flu. Secara tidak sadar Anda juga bisa menularkan penyakit ini pada orang lain. Inveksi virusnya bisa ditularkan melalui asap rokok yang Anda keluarkan.

Merokok juga dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung, stroke dan meningkatkan kolesterol. Jantung akan terpengaruh secara langsung karena pembuluh darah membangun jaringan lemak lebih cepat disekitarnya. Sehingga arteri tidak akan cukup cepat untuk memompa darah yang bisa mendukung kebutuhan alami jantung. Akibatnya terjadi pembekuan darah, merusak pembuluh darah dan pada akhirnya menyebabkan penyumbatan yang bisa berakhir dengan stroke bahkan kematian.

Jika Anda perokok aktif, jangan anggap Anda saja yang beresiko terkena penyakit. Orang lain yang menghirup asap rokok Anda juga berpeluang besar mempunyai penyakit yang mematikan. Karena asap rokok mengandung karbon monoksida dan tar yang juga menjadi racun dalam tubuh mereka.

Para hadirin sekalian yang saya hormati,

Bagaimana cara kita untuk menghindari rokok ? ?

Cara menghindari rokok sangat tergantung oleh lingkungan dan kebiasaan anda sehari-hari. keluarga, teman-teman sepermainan, pacar atau orang terdekat merupakan beberapa faktor yang bisa mendukung keinginan anda untuk berhenti.

Tidak segampang mengganti rokok dgn permen karet saja, di butuhkan lebih dari sekedar niat untuk melakukannya, apalagi dihari hari awal anda memulai niatan berhenti disinilah peran orang-orang terdekat sangat membantu.

Tidak gampang utk orang yang bertahun-tahun sudah kecanduan rokok, tapi ada beberapa tips cara sehat yang dapat mengurangi dan mudah-mudahan bisa membuat anda berhenti dengan sukses.

Terapkan puasa rokok utk 1 bulan pertama, 2 bulan, 3 bulan tidak mesti extrim langsung berhenti, namun anda bisa meminimalkan, perlahan-lahan kurangi satu atau dua batang dalam sebulan. Terus konsisten dibulan-bulan berikutnya. Dijamin tanpa anda sadari anda telah mengurangi konsumsi rokok.

Usahakan jangan mendekati orang yang sedang merokok atau komunitas teman-teman anda yang perokok, utarakan pada mereka anda dalam program berhenti, yakinlah mereka akan acungi jempol buat anda, karena sebetulnya dalam diri setiap perokok ada keinginan untuk berhenti.

Banyak-banyaklah berolahraga dan masih banyak cara lagi

Para hadirin sekalian yang saya hormati,

Apa manfaat bila kita tidak merokok???


banyak keuntungan yang akan didapatkan seandainya kiat smua tidak atau berhenti merokok, diantaranya yg dapt sya samppaikan adlh

Anda bisa menghemat, tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli rokok dan bisa membeli barang-barang lain yang diinginkan.

Anda bisa lebih pintar karena terhindar dari kecanduan zat kimia rokok yang bisa merusak otak.

Anda akan tidur lebih nyenyak dan lebih baik karena nikotin adalah zat yang bisa mengganggu produksi hormone

Anda bisa terhindar dari meninggal dunia karena tumor otak karena asap rokok yang masuk ke paru-paru bisa menyebar cepat ke dalam pembuluh darah di otak.

Anda bisa memiliki gigi yang lebih bersih dan sehat karena zat kimia dalam rokok tidak masuk lagi ke mulut dan tidak akan merusak gigi.

Para hadirin sekalian yang saya hormati,

Dari beberapa hal yg saya bicarakan tadi, dpt kita simpulkan bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan kita, terutama dikalangan anak muda sekarang ini rokok sudah di jadikan kebiasaan mereka di kehidupan sehari hari, padahal banyak kerugian yg mereka dptkan jika asap rokok terus menerus mereka hirup.

Para hadirin sekalian yang saya hormati,

Saya harap kita semua dpt terhidar dan menjauhi rokok yg kecil ini namun sangat berbahaya. jadi bagi anda yang belum pernah merokok, jangan coba-coba merokok, karena rokok dpt membunuh anda hidup.

Para hadirin sekalian yang saya hormati,

Karena waktu yang sangat terbatas, saya ucapkan terima kasih kepada panita yang telah memberikan waktu kepada saya untuk menyampaikan pidato ini. Semoga uraian ini bermanfaat. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamu alaikum wr. wb.

 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Pidato Bahasa Indonesia Tentang Dampak dari Bahaya Merokok"