Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tentang Tanggung Jawab Sosial


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup

Ciri-ciri pidato yang baik adalah:

  1. Pidato harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sebuah pidato harus mengandung atau memuat kebenaran.
  3. Penyampaian pidato harus jelas dan semenarik mungkin.
  4. Pidato harus bersifat efektif, dapat diselingi dengan humor.
  5. Penyampaian pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang terang dan jelas.

Metode-metode dalam membawakan pidato yaitu:

  1. Metode memoriter yaitu menghafal naskah.
  2. Metode ekstemporan yaitu membuat catatan kecil berisi garis besar pidato.
  3. Metode naskah yaitu dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan.
  4. Metode impromtu yaitu spontanitas atau serta merta tanpa adanya persiapan.

Jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut:

  1. Pidato yang bersifat persuasif
  2. Pidato yang bersifat rekreatif
  3. Pidato yang bersifat informatif
Tujuan pidato adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain secara massal dengan berorasi di depan umum. Selain itu, pidatojuga dapat berfungsi untuk membuat orang lain senang dan terhibur dengan apa yang kita sampaikan


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Pidato Tentang Tanggung Jawab Sosial

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera saya haturkan, semoga pada hari yang luar biasa ini kita semakin bergerak mendekatkan diri kepada sang maha pencipta.

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segenap rahmat serta kemurahan kepada kita. Tanpanya, kita hanyalah sekelompok manusia yang tidak berdaya.

Kedua kalinya sholawat serta salam muda-mudahan tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW yang telah memberikan kita bimbingan dari jalan yang salah menuju jalan yang diridhoi-Nya.

Yang saya hormati bpk/ibu/saudara-saudari sekalian yang hadir pada majlis yang Insyaallah penuh berkah ini.. Semoga kita bisa menjadi manusia yang baik dan berbudi pekerti serta selalu dikasihi Tuhan yang maha Esa.

Bpk/ibu para hadirin yang saya muliakan..

Kehidupan adalah sebuah perjalanan untuk kita membuktikan diri apakah kita mampu melalui proses kehidupan dari waktu ke waktu dengan tegap dan ikhlas.

Selama mengharungi perjalanan hidup kita dibebani tanggung jawab untuk kita jalankan dengan sebaik mungkin dan tidak menyimpang dari etika kehidupan sosial.

Kita memiliki tanggung jawab kepada diri kita sendiri, tanggung jawab kepada keluarga, tanggung jawab kepada sahabat, tanggung jawab kepada masyarakat, dst.

Tanggung jawab kepada diri sendiri, yakni kita harus membentuk diri kita menjadi seseorang/pribadi yang beretika, beriman kepada yang maha Esa dan juga berguna bagi orang lain. Kita adalah makhluk sosial yang senantiasa membutuhkan uluran tangan orang lain sehingga disisi lain kita juga harus mengulurkan tangan kita untuk sahabat serta saudara-saudara kita.

Para hadirin yang berbahagia..

Selain bertanggung jawab kepada diri sendiri, kita juga bertanggung jawab terhadap keluarga kita. Apa yang sudah kita lakukan untuk mereka? Apakah kita sudah menjadi sosok yang baik dihadapan mereka? Peduli terhadap mereka, dan menunjukkan cinta kasih kita kepada mereka.

Ini sangat penting, dan kita bukan merupakan pribadi yang baik ketika kita tidak menjalankan kewajiban kita berbakti kepada kedua orangtua, berbudi pekerti kepada keluarga dan mengedepankan kepentingan mereka serta tidak hanya bertindak untuk kepentingan kita pribadi semata.

Para hadirin yang saya muliakan..

Sahabat tidak berbeda halnya dengan keluarga kita sendiri. Mereka semua adalah bagian dari kita. Sudahkah kita menjadi seorang teman yang baik dan bertanggung jawab untuk teman-teman kita atau kita hanya ada untuk mereka disaat mereka sedang dalam suka cita saja? Mari memenuhi tanggung jawab kita sebagai seorang sahabat. Senantiasa ada untuk mereka dalam keadaan apapun, menolongnya saat mereka membutuhkan kita, memperhatikannya dan mengorbankan kepentingan pribadi demi mereka.

Bpk/ibu/ saudara-saudariku yang saya cintai..

Kita adalah makhluk sosial. Sudahkah kita memahami dengan seluas-luasnya arti ‘sosial’? Kita hidup saling berketergantungan antara satu sama lain. Saya membutuhkan bpk/ibu/saudara (i), dan disisi lain bpk/ibu/saudara (i) juga membutuhkan saya, karena memang begitulah kita mengharungi kehidupan sebagai makhluk sosial.

Mari menjadi pribadi yang baik dalam bermasyarakat. Mari kita hindari hal-hal negatif yang tidak sepatutnya kita tanamkan dalam diri kita.

Kita memiliki tanggung jawab terhadap sesama. Kita harus peduli, simpati dan selalu saling menjaga satu sama lain karena hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai manusia.

Ayuk kita menjenguk yang sakit, mari kita memberikan dorongan moril kepada yang lemah, memberikan suntikan motivasi untuk mereka dan selalu bersikap sosialis.

Bpk/ibu para hadirin sekalian..

Terimakasih telah memberikan saya waktu untuk menyampaikan sebuah pesan singkat tentang pentingnya sikap bertanggung jawab, tanggung jawab kita sebagai manusia dalam mengharungi proses kehidupan ini.

Semoga apa yang saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini dapat memberikan manfaat khususnya buat saya pribadi, dan untuk para hadirin sekalian pada umumnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang Tanggung Jawab Sosial"