Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tentang pentingnya Memiliki cita-cita Sehingga dapat Memotivasi Siswa Siswi dalam Belajar


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup

Ciri-ciri pidato yang baik adalah:

  1. Pidato harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sebuah pidato harus mengandung atau memuat kebenaran.
  3. Penyampaian pidato harus jelas dan semenarik mungkin.
  4. Pidato harus bersifat efektif, dapat diselingi dengan humor.
  5. Penyampaian pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang terang dan jelas.

Metode-metode dalam membawakan pidato yaitu:

  1. Metode memoriter yaitu menghafal naskah.
  2. Metode ekstemporan yaitu membuat catatan kecil berisi garis besar pidato.
  3. Metode naskah yaitu dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan.
  4. Metode impromtu yaitu spontanitas atau serta merta tanpa adanya persiapan.

Jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut:

  1. Pidato yang bersifat persuasif
  2. Pidato yang bersifat rekreatif
  3. Pidato yang bersifat informatif
Tujuan pidato adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain secara massal dengan berorasi di depan umum. Selain itu, pidatojuga dapat berfungsi untuk membuat orang lain senang dan terhibur dengan apa yang kita sampaikan


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Pidato Tentang  pentingnya Memiliki cita-cita Sehingga dapat Memotivasi Siswa Siswi dalam Belajar

Selamat siang,Yang Terhormat, Koordinator Lokasi SMAK Ipeka Pluit, Bu SwiyaniYang Terhormat, Kepala Sekolah SMAK Ipeka PLuit, Pak Anky,Yang Terhormat, guru-guru SMAK Ipeka Pluit danYang Terkasih, teman-teman semuanya

Pertama-tama, saya ingin mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa ataskesempatan yang diberikan kepada saya pada hari ini. Saya mengucapkan terima kasihatas kehadiran bapak, ibu dan teman-teman dalam acara memperingati Hari PendidikanNasional. Dalam kesempatan kali ini, saya akan berbicara mengenai suatu topik, yaituuntuk pentingnya memiliki cita-cita sehingga dapat memotivasi siswa siswi dalambelajar.

Apa itu cita-cita? Pentingkah memiliki cita-cita? Cita-cita adalah tujuan yangingin dicapai dan kita akan berusaha untuk menggapainya. Bila kita tidak memiliki cita-cita, kita tidak memiliki tujuan dalam hidup ini. Kita tidak tau apa yang akan kitalakukan dalam hidup ini. Hidup tanpa cita-cita seperti berjalan tanpa arah, kita tidaktahu apa tujuan kita berjalan, kemana kita berjalan. Seperti kita ingin pergi menontonfilm di bioskop, maka kita akan pergi ke mall, lalu berjalan menuju bioskop, membelitiket dan akhirnya menonton. Kita melalukan hal tersebut karena kita memiliki tujuan yaitu nonton. Apabila kita tidak memiliki tujuan, maka ketika kita di mall, kita hanyaakan berkeliling mall dan jalan-jalan tanpa arah yang jelas.

Cita-cita sangat penting dalam hal apapun, sebab cita-cita tersebut akanmengarahkan kemana kita akan melangkah. Dengan adanya cita-cita, maka kita memilikisuatu target yang akan dicapai sehingga kita akan berusaha untuk mencapai target itu.Citacita memang akan memudahkan kita dalam melangkah, tapi kalau kita tidak pernahmelangkah, cita-cita tersebut akhirnya hanya akan menjadi cita-cita, tanpa menjadikenyataan. Oleh karena itu, kita jangan hanya bercita-cita, tapi kita harus melakukantindakan yang nyata. Tindakan yang bisa kita lakukan adalah dengan belajar. Denganbelajar, kita akan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas sehingga terbuka lebihbanyak kesempatan bagi kita untuk mencapai cita-cita itu sendiri.

Bila kita memiliki cita-cita, kita akan memiliki semangat belajar yang tinggikarena kita tau kita belajar untuk mencapai cita-cita kita. Jika kita tidak memiliki cita-cita, maka tidak ada motivasi dalam diri kita untuk belajar. Kita akan menganggapbahwa belajar itu membosankan dan melelahkan. Kita tidak mengerti apa fungsinya kitabelajar. Cita-cita tersebut sebagai dorongan bagi kita untuk terus belajar danberprestasi. Dengan memiliki cita cita, kita akan belajar sebaik-baiknya dan tidakmerasa terbebani sehingga belajar tersebut menjadikan kita lebih berkembang danmaju.

Oleh sebab itu, cita-cita itu sangatlah penting agar kita lebih termotivasi dalambelajar. Saya berharap agar teman-teman dapat belajar dengan sungguh-sungguh danmencapai cita-cita kalian. Terima kasih atas perhatian bapak, ibu dan teman-temansekalian. Bila ada kata-kata yang tidak berkenan, saya minta maaf. Sekain dari saya,terima kasih.

 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang pentingnya Memiliki cita-cita Sehingga dapat Memotivasi Siswa Siswi dalam Belajar"