Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tema Membangun Ukhuwah Islamiyah Demi Madrasah Berprestasi


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang lain dalam jumlah yang banyak . contoh pidato yaitu pidato kenegaraan, pidato pembangkit semangat, pidato peringatan hari sumpah pemuda dan lain sebagainya.Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik didepan upublik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik.

 

Pidato juga dikatakan sebagai penyampaian pikiran secara lisan di depan penonton atau pendengar. Tujuan pidato dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Informatif

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Berupa petunjuk tentang sesuatu, pengarahan tentang masalah tertentu, dan penjelasan tentang obyek tertentu.

  • Rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur para pendengar. Saat menyampaikan pidato, orator perlu menyelipkan beberapa hiburan, sehingga pidato yang disampaikan dapat tercapai.

  • Persuasif

Tujuan pidato persuasif adalah untuk memengaruhi para pendengar. Pada saat menyampaikan informasi, orator perlu memengaruhi atau mengajak.

Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan oleh pendengar dalam kehidupannya sehari-hari.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Contoh Pidato Tema Membangun Ukhuwah Islamiyah Demi Madrasah Berprestasi

 


  Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

    . . .                

           
Ucapan syukur sudah selayaknya kita haturkan pada Allah Sang Maha Kuasa. Yang telah menganugerahkan nikmat tak tehingga. Telah mengaruniakan anugerah terbesar, Al Iman wal Islam. Anugerah yang teramat agung, lebih baik dari dunia dan isinya. Allah jua yang masih memberikan kesempatan bagi kita untuk berkumpul di tempat penuh barokah ini dalam keadaan sehal wal afiat. Alhamdulilllah.

            Rasulullah adalah teladan terbaik. Insan utama yang teguh membawa risalah kenabian. Menebar jalan kebaikan. Menyebarkan cahaya kemuliaan. The real idol, nabiyuna, Muhammad saw. Semoga kita termasuk umatnya yang teguh meneruskan perjuangan beliau menegakkan kalimat Allah.

Yang saya hormati kepala Kemenag Kota Banjar

Yang saya hormati

Hadirin wal hadirot rahimakumullah

Pada kesempatan ini saya berdiri di sini untuk menyampaikan pidato yang berjudul Membangun ukhuwah islamiyah demi madrasah berprestasi.

Hadirin yang berbahagia

Secara bahasa ukhuwah berarti persaudaraan. Ukhuwah Islamiyah maknanya persaudaraan yang berlandaskan karena hubungan keimanan dan keislaman. Dalam Islam, persaudaraan memang tak terbatas sekadar pada hubungan darah. Namun ia luas  pada persaudaraan atas nama aqidah.

Dalam Al Quran Allah menegaskan persaudaraan  (ukhuwah)  berlandas iman Islam ini.

 Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. (Al Hujurat: 10)

Ayat tersebut memberikan kita pemahaman agar menjaga ukhuwah dengan baik. Dalam FirmanNya yang lain Allah menegaskan:

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai Ali Imran 103

Hadirin Rahimakumullah

Menjaga tali ukhuwah teramat penting. Ukhuwah yang terjalin apik akan membentuk persatuan dan kesatuan yang kuat. Seperti batang lidi, jika hanya satu akan mudah patah dan tidak begitu berguna. Sebaiknya jika batang terkumpul, tersimpul, ia akan kuat dan dapat digunakan membersihakan kotoran. Begitu halnya kehidupan manusia, jika ukhuwah diabaikan, ia selayak batang lidi rapuh sendirian. Sebaliknya jika ukhuwah terekatkan, tersimpul kuat, maka akan menghasilakan kekuatan dahsyat.

Hadirin yang saya hormati

Bagi sebagian orang mengeratan ukhuwah bukankah sesuatu yang susah. Namun bagi sebagian yang lain, menyambung ukhuwah adalah sesatu yang sulit. Apalagi terhadap orang baru.

Karena itu, tak ada salahnya pada kesempatan ini ita bahas kiat membangun ukhuwah sesuai tingkat ukhuwah menurut ulama.

Pertama, taaruf  (Saling mengenal)

Pada tahap ini kita coba mengenal orang lain. Sifat, karakter dan kebiasaan orang lain. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Taaruf ini diharapkan mampu membuat diri mengenal lebih dekat orang tersebut

Kedua, tafahum  (Saling mengerti)

Setelah kenal, tahap berikutnya adalah saling mengerti (paham). Mengerti bahwa orang punya kelebihan dan kekurangan.

Ketiga, takaful (Saling membantu)

Setelah adanya kesepahaman. Tahap berikutnya adalah saling membantu. Takaful akan menjadian diri ringan membantu, saling bekerja sama.

Misal, jika ada yang sedang kesulitan ekonomi, ia tak segan membantu.

Hadirin yang berbahagia

Dalam konteks madrasah, ikatan ukhuwah Islamiyah mutlak dilakukan. Tahapan-tahapan uhuwah seazimnya diterapkan dengan baik. Taaruf, tafahum, dan takaful antar madrasah adalah kemestian.

Saat ini generasi muda Indonesia (termasuk remaja) sedang mengalami banyak godaan. Kenakalan remaja merajalela. Remaja yang tidak terdidik dan terbina akan tumbuh menjadi pribadi yang brutal.

Salah satu pihak yang bertalian dengan masalah generasi muda adalah sekolah (madrasah). Madrsah sebagai sarana menanamkan pendidikan karakter pada siswa.

Jalinan ukhuwah antar madrasah diharapkan mampu meningkatkan prestasi. Madrasah yang satu dan lain saing memberi masukan. Saling bahu membahu memecahkan masalah. Saling membatu mencari solusi atas endala yang dihadapi. Jika ada hal yang baik pada satu madrasah tak ada salahnya  diadopsi madrasah. Sebaliknya jika ada hal yang buruk berusaha dihilangkan bersama-sama.

Hadirin yang berbahagia

Madrasah adalah satu satu garda depan peyelamat bangsa.  Karena itu soliditas yang kuat berdasar prinsip ukhuwah islamiyah adalah keharusan. Pada gilirannya, penerapan ukhuwah isamiyah diharapkan mampu mendorong madrasah semakin berprestasi.

Wallahu alam bishowab

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan,mohon maaf jika ada yang kurang berkenan. Hasbunallah wanimal wakil. Nimal maula waniman nashir.

Wassalamualaikaum Wr. Wb.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema

 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Orang lain juga menelusuri

  • impromptu adalah
  • jelaskan tujuan orang melakukan pidato
  • bagaimana konsep urutan dari isi pidato
  • bagaimana melakukan pidato dengan baik
  • sebutkan langkah-langkah menulis pidato
  • sebutkan metode pidato 
  • contoh pidato lisan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato tentang covid-19
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato islami
  • contoh pidato pendidikan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato persuasif

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tema Membangun Ukhuwah Islamiyah Demi Madrasah Berprestasi"