Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tema Perbandingan Ekonomi Negara Indonesia dan Negara Malaysia dilihat dari pendapatan perkapita


Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak untuk menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar tertentu, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya. Pada hakikatnya pidato termasuk seni monolog dalam keterampilan berbicara. Pidato bersifat dua arah, yaitu pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya walaupun pembicara lebih banyak mendominasi pembicaraan. Lawan bicara harus mendengarkan pesan-pesan yang disampaikan pembicara baik berupa kata-kata (verbal) atau bukan kata-kata (non verbal) sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dipahami dengan sempurna. Pidato biasanya disampaikan oleh pemimpin atau orang yang dianggap penting untuk memberikan arahan atau nasihat kepada para pendengarnya, karena fungsi dari pidato adalah untuk memberikan informasi, nasihat, motivasi, peringatan, dan pengetahuan. Agar pidato kita bisa diterima dengan baik oleh audien, ucapan atau kalimat harus disusun dengan baik dan rapi sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku. Kalimat yang tersusun secara runut dan sistematis supaya enak didengarkan serta dapat memberikan kesan positif bagi orang yang mendengarkan.

 

Pidato juga dikatakan sebagai penyampaian pikiran secara lisan di depan penonton atau pendengar. Tujuan pidato dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Informatif

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Berupa petunjuk tentang sesuatu, pengarahan tentang masalah tertentu, dan penjelasan tentang obyek tertentu.

  • Rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur para pendengar. Saat menyampaikan pidato, orator perlu menyelipkan beberapa hiburan, sehingga pidato yang disampaikan dapat tercapai.

  • Persuasif

Tujuan pidato persuasif adalah untuk memengaruhi para pendengar. Pada saat menyampaikan informasi, orator perlu memengaruhi atau mengajak.

Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan oleh pendengar dalam kehidupannya sehari-hari.

 

Sistematika Pidato

  1. Pengantar:disampaikan untuk menarik perhatian pendengar serta memberikan gambaran tentang urutan penyajian.
  2. Isi pidato:untuk menyampaikan pernyataan tentang pokok-pokok permasalahan, mengajukan fakta-fakta untuk membuktikan masalah yang dibahas, dan menolak fakta-fakta yang berlawanan.
  3. Penutup: mengemukakan kesimpulan atau rekaputulasi dari sesuatu yang disampaikan secara bulat mengenai masalah yang dibicarakan.


Berikut Contoh Pidatonya:

 


  Contoh Pidato Tema Perbandingan Ekonomi Negara Indonesia dan Negara Malaysia dilihat dari pendapatan perkapita

 

Assalamualikum Wr. Wb

Yang terhormat Bapak Drs. Manap Sohilat, M.Si

Dan rekan-rekanku sekalian yang saya cintai

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita untuk dapat berkumpul ditempat ini. Dan tak lupa mari kita panjatkan shalawat serta salam kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato yang berjudul Perbandingan Ekonomi Negara Indonesia dan Negara Malaysia dilihat dari pendapatan perkapita.

Rekan-rekanku yang saya banggakan,

Seperti yang kita ketahui, Negara Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah baik secara agraris ataupun maritim. Namun pernahkah terbesit dikepala anda, kekayaan yang melimpah itu tidak sebanding dengan keadaan ekonomi Negara ini?

Contoh kecil yang bisa kalian lihat sendiri, hampir seluruh kebutuhan masyarakat Malaysia di subsidi baik air, rumah, listrik, keperluan pokok dan lain-lain. Sedangkan di negeri kita ini, masyarakat perkotaanlah yang mendapatkan subsidi bukan masyarakat pedesaan atau pelosok.

Rekan-rekanku yang saya banggakan,

Salah satu indikator umum yang digunakan untuk melihat tingkat kesejahteraan atau kemakmuran sebuah negara tertentu biasanya menggunakan ukuran pendapatan kotor per kapita (GNP). Untuk melihat tingkat kemakmuran Indonesia dan Malaysia maka tidak ada lain kecuali kita bandingkan GNP kedua Negara ini.

Ekonomi di Negara kita tercinta ini sudah semakin memburuk, dibandingkan Negara tetangga kita. Negara Malaysia memiliki pendapatan USD 9.659 per kapita sedangkan Indonesia USD 3.452 perkapita, Negara yang sedikit akan sumber daya alam mendapatkan pendapatan perkapita 3 kali lebih besar dari Negara Indonesia.

Dari data GNP per kapita tersebut maka Malaysia mempunyai nilai 3,5 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan GNP Indonesia. Hal ini bisa diartikan penduduk Malaysia secara rata-rata lebih sejahtera dan makmur dari penduduk Indonesia.  Belum lagi bila melihat populasi penduduk Malaysia pada 2008 sejumlah 25 juta orang. Sedangkan Indonesia sebesar 240 jutaan orang atau 10 kali lipat dari penduduk Malaysia.

Rekan-rekanku yang saya banggakan,

Perbandingan lain bisa dilakukan pada besar volume ekonomi secara nasional, ternyata Indonesia lebih besar dibandingkan Malaysia. Artinya, kekuatan ekonomi, Indonesia jauh lebih berpengaruh dibandingkan Malaysia, hal ini wajar karena luasan wilayah Indonesia yang kaya raya.

Produk domestik bruto (PDB) Indonesia berada di urutan ke-19 mengalahkan negara-negara yang sudah maju seperti Belgia, Swiss, Swedia, Norwegia, Denmark dan bahkan Arab Saudi. Indonesia hanya di bawah China, India, Australia dan Meksiko. PDB Indonesia sebesar US$ 514 miliar atau sekitar Rp 5000 triliunan.

Dengan PDB sebesar itu, Indonesia adalah negara yang mempunyai kekuatan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Karena itulah maka Indonesia satu-satunya negara yang mewakili Asia Tenggara dalam forum G-20 bersama Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Jepang, China, India, Rusia hingga Australia.

Kekuatan ekonomi Malaysia berada di bawah Indonesia, Thailand, Afrika Selatan, Israel dan Nigeria sekalipun. Malaysia hanya berada di urutan ke 42 dengan total PDB sebesar US$ 194 miliar atau hampir Rp 2000 triliunan. Artinya, kue ekonomi nasional Malaysia tidak sampai separuhnya ekonomi Indonesia.

Akan tetapi kenapa Negara kita Indonesia tidak bisa lebih sejahtera dan makmur ? padahal kita memiliki PDB yang besar yang seharusnya mempunyai kekuatan ekonomi untuk membuat warga Negara Indonesia lebih sejahtera dan makmur.

Rekan-rekanku yang saya cintai,

Maka dari itu, mari kita bersama-sama membenahi Negara Indonesia tercinta ini dengan kreativitas dan inovasi tinggi serta dipandu oleh SDM yang berkualitas baik secara teoritis maupun praktek sehingga kita bisa mengimbangi bahkan melebihi Negara tetangga.

Mudah mudahan hal ini dapat di ambil Sisi positif & Kritik yang membangun bagi Pemerintah Indonesia, Khusus nya Pemerintah pemerintah Daerah, Dengan adanya Otonomi daerah sudah seharusnya Pemerintah Daerah bisa lebih Meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan bagi warga daerah perbatasan. Sehingga tumbuh Pertumbuhan Ekonomi dan Pertumbuhan Pembangunan Yang Merata, Dan Pastinya menghindari timbulnya Konflik yang disebabkan oleh berbagai kecemburuan ekonomi yang berdampak negatif bagi Negara Indonesia.

Terima kasih atas perhatian rekan-rekan, apabila ada perkataan yang kurang berkenan dihati rekan-rekan mohon dimaafkan. Sekian pidato dari saya.

Wasalamualaikum wr.wb

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema

 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Orang lain juga menelusuri

  • impromptu adalah
  • jelaskan tujuan orang melakukan pidato
  • bagaimana konsep urutan dari isi pidato
  • bagaimana melakukan pidato dengan baik
  • sebutkan langkah-langkah menulis pidato
  • sebutkan metode pidato 
  • contoh pidato lisan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato tentang covid-19
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato islami
  • contoh pidato pendidikan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato persuasif

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tema Perbandingan Ekonomi Negara Indonesia dan Negara Malaysia dilihat dari pendapatan perkapita"