Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tema Betapa Pentingnya Kesehatan Tubuh Gizi dan Nutrisi Bagi Anak-anak


Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal. Pidato umumnya dibawakan oleh seorang yang memberi orasi serta pernyataan terhadap hal tertentu atau peristiwa yang penting dan harus diperbincangkan. Pidato ialah salah satu teori dari perjalanan bahasa indonesia. Pidato umumnya dipakai oleh seorang pemimpin untuk berorasi dan memimpin di depan banyak anak buahnya/di depan orang ramai.


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik...Kumpulan Pidato Lengkap

 

Sifat dan Metode Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
  • Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
  • Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
  • Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
  • Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
  • Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
  • Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Contoh Pidato Tema Betapa Pentingnya Kesehatan Tubuh Gizi dan Nutrisi Bagi Anak-anak

 



Assalamualaikum.Wr.Wb

Segala puji bagi allah yang telah melimpahkan kita taufik dan hidayhnya serta memberikan kita banyak nikmat,yang diantaranya adalah nikmat iman,islam dan juga nikmat kesehatan sehingga kita bisa berkumpul di ruangan yang penuh mubarakah ini.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita yakni nabi Muhammad SAW,dimana beliau telah membaygone nyamuk-nyamuk kafir quraysi sehingga sampailah kita dari jaman jahiliyah menuju jaman yang terang menderang seperti saat sekarang ini.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak kita semua untuk mengingat,Betapa Pentingnya Kesehatan Tubuh Gizi dan Nutrisi Bagi Anak-anak dan diri kita Semua.Apakah kesehatan sangat berpengaruh dalam kehidupan kita? Saya berharap pada kesempatan kali ini kita semua menjadi tahu,bahwa betapa pentingnya kesehatan pada kita semua.

Sehat itu sangat bernilai yang tidak dapat diukur dengan uang. Hidup tidak akan bahagia apabila tubuh kita sakit-sakitan sehingga sulit untuk menikmati kebahagiaan yang bersifat harta. Uang yang kita punya pun bisa habis dalam sekejap untuk mengobati penyakit yang kita atau keluarga kita derita. Penyakit memang tidak pandang bulu, akan tetapi banyak sekali orang-orang yang mempertaruhkan kesehatan tubuhnya dengan hidup dengan pola hidup yang tidak sehat.

Lihat saja di sekitar kita masih banyak orang yang merokok, minum minuman keras yang mengandung alkohol, begadang hingga pagi, makan makanan yang tidak sehat, makan dan minum yang kandungan gizinya kurang, hidup atau kerja di lingkungan yang tercemar polusi tingkat tinggi, dan lain sebagainya. Seolah-olah kesehatan yang mereka miliki itu akan terus ada dan mudah mengobati setiap penyakit atau gangguan kesehatan yang mereka dapatkan. Justru akan lebih mudah dan murah apabila mereka melaksanakan cara hidup sehat karena sakit, sehat dan umur kita itu hanya Tuhan yang tahu. Dengan menjaga kesehatan hidup, akan dapat memperbaiki kualitas hidup seseorang atau mesyarakat tersebut dengan sendirinya. Misalnya, apakah mungkin kita dapat bekerja atau beraktivitas dengan keadaan fisik maupun jiwa yang kurang (tidak) sehat?

Itu semua tidak akan terjadi, apabila terjadi pun hasilnya tidak akan maksimal atau tidak sebaik jika kita dalam kondisi sehat.

Cara-cara yang dapat dilakukan untuk dapat menjaga ataupun menghindari penyakit (permasalahan) yang terjadi didalam diri agar badan selalu sehat, diantaranya:

Makanan Bergizi

Makan makananlah yang bergizi dan bermanfaat bagi tubuh tanpa mengurangi atau menambahkan kandungan yang terdapat didalamnya. Percayalah, dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan kaya akan nutrisi dapat menambah umur hidup kita. Jangan makan sembarangan,Karena makanan pada saat ini banyak makanan yang mengandung zat-zat kimia (tidak semua). Zat-zat kimia yang terkandung dalam makanan dapat menimbulkan penyakit yang sangat membahayakan bagi tubuh. Misalnya saja penggunaan zat pewarna pada makanan dan minuman, selain itu penggunaan vetsin yang berlebihan dapat juga menyebabkan penyakit. Seperti usus buntu, kanker, jantung, rematik dan penyakit lainnya. Maka, sebaiknya kita makan makanan yang dapat membuat tubuh kita sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan atau makanan 4 sehat 5 sempurna.

Gaya Hidup

Gaya hidup yang kita jalani saat ini adalah gaya hidup yang mengarah kepada budaya barat. Contoh dalam makanan adalah Junk Food dan Fast Food, dan makanan semacam itu sangat digemari oleh semua kalangan dan usia. Sebiknya makanan ini dihindari karena kurang (tidak) baik untuk kesehatan. Alangkah baiknya dan sangat bermanfaat jika kita lebh memilih makanan yang terbuat dari sayur-sayuran, misalnya gado-gado dan lain-lain.

Olah Raga

Dengan olah raga yang teratur dapat membuat badan kita sehat dan terjauh dari segala macam penyakit yang dapat saja menyerang tubuh kita. Dan dapat mengatur sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Berolah raga yag baik tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal atau harus mengunjungi tempat-tempat (sarana-sarana) olah raga yang banyak menyediakan fasilitas lengkap. Contohnya, hanya dengan olah raga lari yang rutin, itu akan dapat menjaga atau menjadikan tubuh sehat dan segar.

Lingkungan Bersih

Apa gunanya makanan yang kita makan bergizi, gaya hidup yang sehat dan sering berolah raga jika lingkungan sekitar dan kebersihan rumah tidak terjaga? Berguna, tapi kemungkinan sangat kecil sekali (bahkan tidak). Jika lingkungan atau rumah kita jauh dari kata bersih, misalnya parit yang kotor dan tersumbat, sampah-sampah yang berserakan dan barang-barang (bekas) yang dibiarkan tergeletak. Itu akan dengan mudah mengundang bakteri-bakteri penyakit dan nyamuk-nyamuk untuk bersarang, dan timbullah berbagai macam penyakit seperti Malaria, TBC dan penyakit lainnya.

Seorang dosen Metode Penelitian Sosial di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi WJB mengatakan Kecerdasan seorang anak tergantung dari supply makanan yang ia terima. Pernyataan tersebut memang benar adanya, karena supply makanan yang diterima akan memengaruhi tingkat kecerdasan seorang anak. Dengan pemberian gizi dan nutrisi yang baik dan lengkap maka otak anak tersebut akan (lebih) menjadi baik dan lebih kreatif.

Tetapi,kecerdasan seorang anak tidak hanya dapat dipengaruhi oleh supply makanan yang ia terima, tapi dapat juga dari dalam dirinya sendiri berkat ketekunan atau keuletan yang ia lakukan. Dapat juga memang sudah diciptakan sebagai manusia cerdas, akan tetapi tetap saja harus didorong dengan ketekunan yang ia lakukan dan supply makanan yang ia terima selama hidupnya.

Maka di akhir pembicaraan, marilah kita jaga kesehatan tubuh dengan pola hidup yang sehat dan menjaga lingkungan, agar terjaga dari segala macam penyakit. Selain itu, berikanlah anak-anak kita setidaknya pasokan gizi dan nutrisi yang baik, agar dapat hidup sehat dan bahagia.

Sekian pidato yang saya sampaikan, sebelum dan sesudahnya mohon maaf. Wabillahi Taufik Wal Hidayah, Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatu..
 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tema Betapa Pentingnya Kesehatan Tubuh Gizi dan Nutrisi Bagi Anak-anak "