Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Berbakti Kepada Orang Tua dan Guru


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup

Ciri-ciri pidato yang baik adalah:

  1. Pidato harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sebuah pidato harus mengandung atau memuat kebenaran.
  3. Penyampaian pidato harus jelas dan semenarik mungkin.
  4. Pidato harus bersifat efektif, dapat diselingi dengan humor.
  5. Penyampaian pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang terang dan jelas.

Metode-metode dalam membawakan pidato yaitu:

  1. Metode memoriter yaitu menghafal naskah.
  2. Metode ekstemporan yaitu membuat catatan kecil berisi garis besar pidato.
  3. Metode naskah yaitu dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan.
  4. Metode impromtu yaitu spontanitas atau serta merta tanpa adanya persiapan.

Jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut:

  1. Pidato yang bersifat persuasif
  2. Pidato yang bersifat rekreatif
  3. Pidato yang bersifat informatif
Tujuan pidato adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain secara massal dengan berorasi di depan umum. Selain itu, pidatojuga dapat berfungsi untuk membuat orang lain senang dan terhibur dengan apa yang kita sampaikan


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Pidato Berbakti Kepada Orang Tua dan Guru

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah,  Alhamdulillahirabbil Alamin,  Wabihinastain Allaumuriddunyawaddin             Wassholatuwassalamu ala sayyidil mursalin Waala alihi wasahbihi ajmaain, Amma Badu.

Dewan juri yang saya hormati, Bapak ibu guru yang saya hormati,  hadirin hadirat yang berbahagia serta teman-temanku yang sangat saya sayangi.

Tiada kata yang pantas kita ucapkan, melainkan kata syukur  ( Alkhamdulillahirabbil.alamin ) sebagai hamba yang lemah, yang dhoif, yang selalu lupa akan nikmat yang diberikannya.

Sholawat serta salam ( allahumma sholli ala Muhammad ) semoga terlimpahkan kepada junjungan kita nabi akhiriz zaman beliau adalah The best man in the world yaitu Nabi Agung Muhammad SAW. Yang selalu kita ikuti sunah risalahnya kita teruskan perjuangannya dan kita nantikan syafaatnya kelak di yaumul kiyamah. Amin allahumma amin.

Hadirin Hadirat rahimakumullah.

Setiap manusia sudah pasti memiliki orang tua. Tidak satupun manusia yang lahir tanpa orang tua. Maka kita harus menghormati orang tua kita.
Disamping memiliki orang tua, kita juga memiliki guru, guru adalah orang yang mengajarkan kepada kita tentang berbagai ilmu , betapa mulianya mereka, sehingga kita wajib berbakti kepada guru.  Betul . ?

Maka dalam kesempatan yang berbahagia ini perkenankanlah  saya menyampaikan pidato dengan judul  Berbakti kepada orang tua dan guru

Teman-teman. Ayo, bersyukur kepada Allah. Ayo, bersalawat kepada rasulullah. Dan ayo, berbakti kepada orang tua dan guru .
Teman-temanku, maukah kalian masuk surga? Ayo, mau tidak? Jika mau, begini caranya: Satu-satu hormati ibumu, dua-dua hormati ayahmu, tiga-tiga hormat ibu bapak guru, satu dua tiga jalan masuk surga.

Hadirin hadirat rahimakumullah.

Sebagai seorang Muslim kita wajib berbakti kepada kedua orang tua sebagaimana difirmankan Allah dalam surat An-Nisa ayat 36 yang berbunyi :
Wabudullaha wala tusyrikubihi syaian wabil wa lidaini ikhsanan.
Yang artinya: Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. dan berbuat baiklah kepada kedua orangtua

Ayat tadi memerintahkan kepada kita agar senantiasa menyembah Allah, dan berbuat baik kepada kedua orangtua kita.

teman-teman? Sebenarnya  Siapa sih orang tua itu ?

Orang tua itu,  orang yang telah melahirkan kita, orang yang mengasuh kita, orang yang telah mendidik dan membesarkan kita.betul? Kita tidak akan lahir kalau tidak ada bapak dan ibu, betul teman-teman? karena bapak dan ibulah yang menjadi lantaran kita lahir kedunia ini. Sehingga kita wajib berbakti kepada kedua orang tua kita.tapi apa kenyataannya . masih ada juga yang berani sama orang tua, membantah perintah orang tua. Tidak menghormati orang tua.teman-teman disini ada ndak yang masih berani sama orang tua hayo….? ada tidak..?. teman-teman Coba Bayangkan,

Bapak bapak kita sudah berusaha bersusah payah dengan sekuat tenaga dan fikiran  ( dalam kata lain membanting tulang) untuk apa ? untuk apa coba ! untuk mencari nafkah, untuk mencukupi kebutuhan keluarga, termasuk kebutuhan kita.

Ibu  : Ibu yang telah mengandung kita. dengan susah payah selama 9 bulan 9 hari. Pahit getir   rasanya. Namun apa. ibu tetap ikhlas sabar dan tawakal kepada Allah SWT

Ibu : ibu yang menyusui kita. selama 2 tahun sakit tidak dirasa lelah tidak dirasa.

Ibu : ibu yang merawat kita.  membimbing kita  dan memberikan segala kebutuhan hidup kita.demi apa coba ! Demi terlaksana cita-cita kita.  ibu rela berkorban apa saja, makanya, kita sebagai seorang anak tidak sepantasnya membantah  perintah orang tua.kita harus menghormati orang tua.

Sebab bila kita berani atau durhaka pada orang tua !.. kita bisa digolongkan termasuk orang yang berdosa besar, di dunia .kita sulit untuk memperoleh manfaat dari hi.dup dan diakhirat akan. mendapat siksa api ne..raka

Teman-teman..!

Boleh tidak kalau kita membuat sedih hati orang tua ?

kalau tidak boleh, mari kita sebagai seorang anak patuh dan hormat kepada orang tua kita.Meskipun kita sedang asyik main atau lagi repot mengerjakan PR, kalau di suruh orang tua harus segeralah melakukannya.

Ah..nanti dulu, sedang asyik main, nich.!  menjawab kaya itu tidak bo.leh.Berdosa be.besar!

Allah taala berfirman yang artinya :

Dan  telah kami perintahkan kepada manusia ( untuk berbuat baik) kepada kedua orang tua, ibunya yang telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah lemah, dan menyapihnya dalam 2 tahun, maka bersyukurlah kepadanya dan berbaktilah kepada kedua orang tuamu. Taatilah nasehatnya, dan turutilah perintahnya.

Oleh karena itu, kita sebagai seorang anak, sudah seharusnya mentaati perintah dan nasehat orang tua, disamping itu juga, kita laksanakan perintah Allah SWT.

Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulallah Muhammad SAW Ridhallahu fi ridai  walidain

yang artinya : Ridho Allah itu, tergantung dari ridha orang tua.

maka dari itu Janganlah kita semua sekali-kali membentak orang tua kita dan janganlah sekali-kali berkata hus Ucapkanlah kepada bapak ibu kita kata-kata yang baik dan mulia.

Hadirin, hadhirat rahimmakumullah.

disamping menaati perintah orang tua, sewaktu-waktu kita  harus mendoakan keduanya, doanya seperti ini Bismillahirrohmaanirrohim

Allahhummaghfirli   Waaliwalidaiiya  warhamhumma  kamaa robbayaani  shoghiro

yang artinya : Ya Allah ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku diwaktu kecil.

Teman-teman…

Sejak kecil kita ditimang, disayang oleh orang tua kita, dengan harapan apa coba.dengan harapan agar jadi anak sholeh atau sholekhah, rajin sholat, rajin ngaji, orang tua dihormati dan cinta islam sampai mati.

Teman-teman yang berbahagia

Disamping menghormati orang tua, kita juga harus menghormati ibu bapak guru, karena beliaulah yang mengajarkan kita dengan berbagai ilmu pengetahuan serta mendidik kita menjadi orang yang berguna pada masa yang akan datang. Walau bagaimana tingginya pangkat atau kedudukan seseorang . mereka pasti bekas murid yang tetap berhutang budi kepada gurunya yang pernah mendidiknya.betul?

Islam mengajar kita supaya menghormati guru dan memuliakannya sebagaimana kita memuliakan ibu bapak kita.karena merekalah yang menyampaikan ilmu kepada kita untuk bahagia dunia akhirat. Dan juga sebagai  pengganti ibu bapak kita bila kita berada di Madrasah

Rasulallah bersabda : Siapa yang memuliakan orang alim atau guru sesungguhnya dia memuliakan Allah..

Mudah-mudahan kita menjadi waladun solihun. Aamin ya Robbal Alamin

Itulah dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua dan akhirnyaTiada gading yang tak retak Tiada suatupun yang sempurna, walaupun kecil pasti ada cacat dan celanya.

Burung Irian burung Cenderawasih, cukup sekian dan terima kasih…..

Wassalamualaikum Wr.Wb.
 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Berbakti Kepada Orang Tua dan Guru"