Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Naskah Pidato Tentang Peringatan Tanggal 10 Muharram


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup

Ciri-ciri pidato yang baik adalah:

  1. Pidato harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sebuah pidato harus mengandung atau memuat kebenaran.
  3. Penyampaian pidato harus jelas dan semenarik mungkin.
  4. Pidato harus bersifat efektif, dapat diselingi dengan humor.
  5. Penyampaian pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang terang dan jelas.

Metode-metode dalam membawakan pidato yaitu:

  1. Metode memoriter yaitu menghafal naskah.
  2. Metode ekstemporan yaitu membuat catatan kecil berisi garis besar pidato.
  3. Metode naskah yaitu dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan.
  4. Metode impromtu yaitu spontanitas atau serta merta tanpa adanya persiapan.

Jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut:

  1. Pidato yang bersifat persuasif
  2. Pidato yang bersifat rekreatif
  3. Pidato yang bersifat informatif
Tujuan pidato adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain secara massal dengan berorasi di depan umum. Selain itu, pidatojuga dapat berfungsi untuk membuat orang lain senang dan terhibur dengan apa yang kita sampaikan


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Naskah Pidato Tentang Peringatan Tanggal 10 Muharram

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Kaum muslimin dan muslimat dimulyakan Allah yang kami hormati. Di malam yang cerah ini patutlah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada Allah Swt, karena kita masih diberi anugerah kepada Allah berupa kesehatan jasmani maupun rokhani, sehingga bisa berkumpul di masjid yang mulya, tanpa ada halangan suatu apapun. Juga nikmat Allah yang amat besar berupa iman dan Islam, sehingga kita tergolong orang beriman akan sadar kewajiban yang telah dibebankan terhadap kita semua akan kewajiban, sehingga mau menjalankannya dengan penuh keikhlasan semata-mata mencari ridla Allah Swt, amiin.

Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati.

Kedua kalinya shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Muhammad Saw, karena beliau yang menyebarkan kebenaran, yakni agama Islam, agama yang membawa rakhmat bagi penganutnya. Mudah-mudahan kita tergolong umat Muhammad yang benar-benar setia kepadanya

dalam arti menjalankan segala yang baik dan meninggalkan yang dilarang Allah Swt.

Hadirin sekalian yang kami hormati, malam ini tanggai 10 Muharram, atau disebut juga kata orang jawa 10 Suro.

Pada tanggal 10 Muharram ini Allah menjadikan sejarah kebangkitan dan kejatuhan sebagai pelajaran bagi umat-umat yang datang kemudian. Juga merupakan pemisah antara. orang-orang beriman kepada Allah dan orang yang ingkar kepada-Nya. Pada tanggal sepuluh Muharram tersebut Allah telah memberikan kemenangan terhadap para Nabi terdahulu, setelah mereka sekuat tenaga menegakkan kalimatullah. Dalam hal ini bisa dibuktikan dalam sejarah, seperti halnya, kemenangan nabi Ibrahim terhadap raja Namrudz, kemenangan nabi Musa dalam menghadapi angkara murka Nabi raja Fir’aun, kemenangan nabi Muhammad terhadap kaumnya yang ingkar, kemenangan nabi Yunus As, dan lain-lain.

Dalam hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh Allah dalam firman-Nya dalam Surat Ali Imran ayat 140, yang artinya:

Hari-hari kememngan itu Kami pergelarkan diantara mannsia supaya jelas bagi Allah mana orang-orang yang beriman itu (dengan orang-orang yang kafir), dan dijadikan-Nya sebagian daripadanya menjadi kesaksian-kesaksian (Syuhada ). Tuhan tidak menyukai orang-orang zalim.

Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati

Bagi kita yang terpenting dalam memperingati tanggal 10 Muharram mengambil pelajaran kejadian serta nilai-nilai pada masa silam. Dengan demikian menjadikan tanggal 10 Muharram sebagai hari peningkatan beribadah kepada Allah Swt. Seperti halnya melaksanakan puasaAsy-Syura’ sebagaimana yang dijelaskan Nabi Saw. dalam sabdanya:

pidato agama

Artinya:

Puasa pada hari Asy-Syura ’itu menghapuskan dosa pada setahun yang lampau. (HR. Muslim).

Itulah keistimewaan yang diberikan kepada hamba-Nya yang mau melaksanakan puasa Asy-Syura Selain berpuasa sunat kita semua dianjurkan agar menyantuni, kaum kafir miskin orang-orang yang terlantar, membutuhkan bantuan saudara, karena tanggal tersebut mempunyai keistimewaan, yakni akan dilapangkan pada tahun berikutnya. Berkaitan dengan masalah tersebut, sebagaimana yang disabdakan nabi Saw.

COntoh pidato muharram

Artinya:

Barangsiapa melapangkan kepada keluarganya dan ahlinya pada hari Asy-Syura, akan Tuhan akan memberikan kelapangan pula kepadanya dalam periode tahun yang bersangkutan.

HR. Baihaqi).

Demikianlah pidato sambutan kami pada peringatan tanggal 10 Muharram, semoga bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan ita kepada Allah Swt, dengan menjalankan berbagai amal shaleh, dan meninggalkan larangan-Nya.

Apa yang saya sampaikan dengan begitu singkat, dan mungkin saja kurang begitu jelas, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Billahi taufiq wal hidayat.

Wassalamu ’ alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.



 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Contoh Naskah Pidato Tentang Peringatan Tanggal 10 Muharram"