Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Terbaru dan Singkat


Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak untuk menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar tertentu, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya. Pada hakikatnya pidato termasuk seni monolog dalam keterampilan berbicara. Pidato bersifat dua arah, yaitu pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya walaupun pembicara lebih banyak mendominasi pembicaraan. Lawan bicara harus mendengarkan pesan-pesan yang disampaikan pembicara baik berupa kata-kata (verbal) atau bukan kata-kata (non verbal) sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dipahami dengan sempurna. Pidato biasanya disampaikan oleh pemimpin atau orang yang dianggap penting untuk memberikan arahan atau nasihat kepada para pendengarnya, karena fungsi dari pidato adalah untuk memberikan informasi, nasihat, motivasi, peringatan, dan pengetahuan. Agar pidato kita bisa diterima dengan baik oleh audien, ucapan atau kalimat harus disusun dengan baik dan rapi sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku. Kalimat yang tersusun secara runut dan sistematis supaya enak didengarkan serta dapat memberikan kesan positif bagi orang yang mendengarkan.

 

Pidato juga dikatakan sebagai penyampaian pikiran secara lisan di depan penonton atau pendengar. Tujuan pidato dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Informatif

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Berupa petunjuk tentang sesuatu, pengarahan tentang masalah tertentu, dan penjelasan tentang obyek tertentu.

  • Rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur para pendengar. Saat menyampaikan pidato, orator perlu menyelipkan beberapa hiburan, sehingga pidato yang disampaikan dapat tercapai.

  • Persuasif

Tujuan pidato persuasif adalah untuk memengaruhi para pendengar. Pada saat menyampaikan informasi, orator perlu memengaruhi atau mengajak.

Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan oleh pendengar dalam kehidupannya sehari-hari.

 


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Terbaru dan Singkat

 


Assalamualaikum Wr.Wb.

Yth. Bapak/Ibu dewan juri

Yang saya hormati, para Bapak Ibu Guru sekecamatan Boyolangu, serta teman-teman yang saya cintai.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkah dan karunia-Nya kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat walafiat.

Sholawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, dengan harapan mudah-mudahan kita semua mendapat safaatnya besok di Yaumul Kiamah.

Teman-teman yang saya sayangi,

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan tentang Kebersihan Lingkungan.

Pertama-tama perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua. Maka kita harus menjaga lingkungan sebaik-baiknya agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita bukan kerugian dan bukan bencana bagi kita. Nah, salah satu cara agar lingkungan tidak meberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan.

Dalam mejaga kebersihan lingkungan, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan?Arti kebersihan lingkungan adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut layak untuk tempat tinggal manusia, dan di situ juga kesehatan manusia dapat terjaga. Untuk itu kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.

Teman-teman yang berbahagia,

Menjaga kebersihan lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan seperti sekarang ini. Menjaga kebersihan dapat dimulai dari menjaga kebersihan diri kita sendiri.

Misalnya : kebersihan badan, pakaian, dan lingkungan. Baik lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah kita tercinta. Apabila sekolah kita bersih maka orang lainpun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah. Dan kita sebagai penghuni sekolah juga terkena dampak yang positif yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi lancar dan nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih.

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara:

Membuang sampah di tempatnya, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur, dan pemberantasan sarang nyamuk setiap hari Jumat, dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah dari sarang nyamuk Aides Aegypti yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah.

Kalian semua harus tahu, bahwa kebersihan lingkungan sekolah merupakan tanggung jawab kita semua.

Betul apa betul?????…

Bagus!!! Untuk itu mari kita selalu menjaga kebersihan lingkungan agar kesehatan kita tetap terjaga.

Perlu teman-teman ketahui, bahwa di kota Tulungagung tercinta ini, telah beberapa kali memperoleh penghargaan Adipura dari pemerintah, karena kota kita dinilai sebagai kota yang bersih. Maka kita sebagai warga Tulungagung hendaknya ikut berpartisipasi untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, agar Adipura di kota kita dapat dipertahankan.

Bagaimana teman-teman, setuju????….

Terima kasih, itulah namanya anak-anak bangsa yang cerdas dan bertanggung jawab. Sesuai moto kota kita yaitu Tulungagung Bersinar

Coba ada yang tahu, singkatan dari apa Bersinar itu?….

Iya betul, Bersih, Sehat, Indah dan Menarik.

Teman-teman yang saya sayangi,

Sebagai penutup, saya sampaikan kata pepatah yang mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan, maka ia belum sempurna keimanannya. Ke depan saya juga berharap bahwa kita sebagai umat manusia agar lebih giat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Demikian yang dapat saya sampaikan hari ini, ada kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamualaikum Wr. Wb. 

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema

 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Orang lain juga menelusuri

  • impromptu adalah
  • jelaskan tujuan orang melakukan pidato
  • bagaimana konsep urutan dari isi pidato
  • bagaimana melakukan pidato dengan baik
  • sebutkan langkah-langkah menulis pidato
  • sebutkan metode pidato 
  • contoh pidato lisan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato tentang covid-19
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato islami
  • contoh pidato pendidikan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato persuasif

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Terbaru dan Singkat"