Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tema Peresmian TK Cendana


Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak untuk menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar tertentu, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya. Pada hakikatnya pidato termasuk seni monolog dalam keterampilan berbicara. Pidato bersifat dua arah, yaitu pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya walaupun pembicara lebih banyak mendominasi pembicaraan. Lawan bicara harus mendengarkan pesan-pesan yang disampaikan pembicara baik berupa kata-kata (verbal) atau bukan kata-kata (non verbal) sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dipahami dengan sempurna. Pidato biasanya disampaikan oleh pemimpin atau orang yang dianggap penting untuk memberikan arahan atau nasihat kepada para pendengarnya, karena fungsi dari pidato adalah untuk memberikan informasi, nasihat, motivasi, peringatan, dan pengetahuan. Agar pidato kita bisa diterima dengan baik oleh audien, ucapan atau kalimat harus disusun dengan baik dan rapi sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku. Kalimat yang tersusun secara runut dan sistematis supaya enak didengarkan serta dapat memberikan kesan positif bagi orang yang mendengarkan.

 

Pidato juga dikatakan sebagai penyampaian pikiran secara lisan di depan penonton atau pendengar. Tujuan pidato dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Informatif

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Berupa petunjuk tentang sesuatu, pengarahan tentang masalah tertentu, dan penjelasan tentang obyek tertentu.

  • Rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur para pendengar. Saat menyampaikan pidato, orator perlu menyelipkan beberapa hiburan, sehingga pidato yang disampaikan dapat tercapai.

  • Persuasif

Tujuan pidato persuasif adalah untuk memengaruhi para pendengar. Pada saat menyampaikan informasi, orator perlu memengaruhi atau mengajak.

Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan oleh pendengar dalam kehidupannya sehari-hari.

 


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Pidato Tema Peresmian TK Cendana

 


Assalamualaikum Wr.Wb.

Yth. Kepala Badan, Dinas, Bagian dan Kantor di Lingkungan Pemkab. Paser;
Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Paser;
Yth. Camat dan Unsur Muspika Long Kali;
Yth. Kepala UPTD Pengawas Satuan Pendidikan Dasar Long Kali;
Yth. Kepala Desa dan BPD Mendik Makmur;
UnRegister
Yth. Pimpinan, Guru dan Pengurus TK Cendana, serta orang tua wali;

Hadirin dan Undangan yang berbahagia.

Alhamdulillah Wasyukurillah, kita panjatkan kepada Allah SWT, karena dengan rahmat dan Hidayah-Nya, kita semua dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini. Rasa syukur ini juga kita panjatkan berkaitan dengan telah selesainya pembangunan gedung Taman Kanak-kanak Cendana ini.

Shalawat dan salam kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW dan keluarga, para sahabatnya serta pengikutnya yang Istiqomah menjalankan perintahnya.

Bapak-Ibu serta hadirin yang berbahagia,

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Paser, adalah Kabupaten yang banyak memiliki potensi sumber daya alamnya. Sumber daya alam tersebut tentu saja harus dikelola secara bijak untuk kemakmuran masyarakat, baik masa kini maupun di masa yang akan datang. Untuk mengelola sumber daya alam tersebut, kita memerlukan Sumber Daya Manusia yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi, yang berbuat dan bertindak dengan dilandasi iman dan taqwa.

Oleh karenanya, kualitas Sumber Daya Manusia memegang peranan yang sangat penting dalam rangka pemberdayaan masyarakat Kabupaten Paser. Pemerataan pendidikan senantiasa digalakkan dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia ini. Melalui Dinas Pendidikan sejak tahun anggaran 2007, dialokasikan dana sebesar 20% dari APBD untuk membiayai berbagai kegiatan yang terangkum dalam Program Peningkatan mutu pendidikan, pendidikan
dasar, menengah dan non formal.

Masalah pendidikan dan kualitas SDM seperti yang saya sampaikan tadi, telah menjadi perhatian serius dari Pemerintah Daerah saat ini. Pemerintah akan selalu meningkatkan bidang pendidikan, termasuk biaya dan anggarannya.

Tetapi ada hal yang lebih penting dan perlu saya tegaskan, adalah bahwa seberapapun besarnya peningkatan anggaran dan biaya yang disediakan tanpa dibarengi dengan kemauan dan tekad yang kuat untuk maju. Tanpa kompetisi, tanpa kemauan yang keras maka apa yang kita upayakan akanlah sia-sia saja.

Dengan sumber daya yang berkualitas dan sumber daya manusia yang menguasai Iptek dan Imtaq, maka insya Allah Kabupaten Paser akan mampu bergerak lebih cepat menuju masayarakat yang agamis, sejahtera dan berbudaya.

Maju tidaknya Kabupaten Paser, akan semakin ditentukan oleh seberapa jauh UnRegister kesiapan SDM yang dimiliki Kabupaten Paser.

Dengan manusia yang cemerlang, terampil dan andal, yang kuat dan tangguh, yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional serta kecerdasan spiritual yang tinggi, yang akan mampu membawa kemajuan bagi Kabupaten Paser ini.

Bapak-Ibu serta Hadirin yang berbahagia ,

Dalam kesempatan yang sangat berbahagia ini, saya atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Paser menyampaikan penghargaan yang setinggi- tingginya kepada seluruh pengurus dan TK Cendana Desa Mendik Makmur yang telah turut serta secara bersama meningkatkan dunia pendidikan di Bumi Daya Taka yang kita cintai ini. Dan saya yakin dari lembaga Pendidikan ini akan lahir generasi yang mampu turut serta membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Paser. Amin.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan dalam sambutan yang singkat ini, semoga apa yang telah kita lakukan bersama dalam meningkatkan amal ibadah kita mendapat ridho dari Allah SWT.

Amin ya Rabbal Alamin.

Sekian dan terima kasih, Fastabiqul Khairat, Wassalamualaikum Wr.Wb. 

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema

 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Orang lain juga menelusuri

  • impromptu adalah
  • jelaskan tujuan orang melakukan pidato
  • bagaimana konsep urutan dari isi pidato
  • bagaimana melakukan pidato dengan baik
  • sebutkan langkah-langkah menulis pidato
  • sebutkan metode pidato 
  • contoh pidato lisan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato tentang covid-19
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato islami
  • contoh pidato pendidikan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato persuasif

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tema Peresmian TK Cendana"