Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanah Gelisol Adalah: Penjelasan, Karakteristik dan Contohnya Secara Lengkap


Pengertian Tanah Gelisol


Tanah Gelisol adalah tanah beriklim sangat dingin yang didefinisikan mengandung permafrost dalam jarak dua meter dari permukaan tanah. Kata “Gelisol” berasal dari bahasa Latin gelare yang berarti “untuk membekukan”, referensi untuk proses cryoturbation yang terjadi dari karakteristik pencairan dan pembekuan Gelisol yang bergantian.

Di Pangkalan Referensi Dunia untuk Sumberdaya Tanah (WRB), Gelisol dikenal sebagai Cryosols. Dalam taksonomi tanah, Gelisol keluar sebelum Histosol. Di WRB, kunci Histosol keluar di depan Cryosols. Tanah permafrost organik karena itu Gelisol (Histels) dalam taksonomi tanah dan Histosol (Histosol Cryic) di WRB.

Secara struktural, Gelisol mungkin memiliki cakrawala B dan lebih umum memiliki cakrawala A dan / atau cakrawala O yang terletak di lapisan es. Karena bahan organik tanah terakumulasi di lapisan atas, sebagian besar Gelisol berwarna hitam atau coklat tua, diikuti oleh lapisan mineral dangkal. Meskipun terdapat pengaruh glasiasi di sebagian besar wilayah di mana Gelisol terjadi, secara kimia mereka tidak sangat subur karena nutrisi, terutama kalsium dan kalium, sangat mudah larut di atas lapisan es. Permafrost sangat membatasi penggunaan teknik Gelisols, karena struktur besar (mis. Bangunan) mereda ketika tanah beku mencair saat ditempatkan.

Gelisol ditemukan terutama di Siberia, Alaska, dan Kanada. Daerah yang lebih kecil ditemukan di Andes (terutama di dekat persimpangan antara Chili, Bolivia, dan Argentina), Tibet, Skandinavia utara, dan bagian Greenland dan Antartika yang bebas es. Gelisol fosil dikenal sejak zaman es pra-Kambria 900 juta tahun yang lalu.

 

Baca Juga: Bunga Kamboja Jepang (Adenium coetanium) : Jenis - Jenis dan Cara Menanam Bibit Bunga Kamboja Jepang

 

 

 
 Ciri-ciri:
  • Terbentuk dalam lingkungan permafrost (sangat dingin)
  • Dinamakan gelisol karena terbentuknya dari nmaterial gelic (campuran bahan mineral dan organic tanah yang tersegresi es pada lapisan yang aktif)
  • Diperkirakan penyebarannya sekitar 9% dari daratan permukaan bumi
 

Gelisols dapat dibagi lagi menjadi tiga sub ordo, yaitu: 
  • Histels: adalah tanah organik sejenis dengan Histosols. Perbedaannya adalah tanah Histels memiliki permafrost dalam 2 meter di bawah permukaan tanah sedangkan histosols tidak. Keduanya memiliki 80% atau lebih bahan organik dari permukaan tanah hingga kedalaman 50 cm . Tanah ini banyak terdapat di Subarctic dan artik. 
  • Turbels: tanah yang menunjukkan pengaruh cryoturbation (lebih dari sepertiga kedalaman adalah lapisan aktif) seperti batas horizon yang tidak teratur, rusak, atau menyimpang . Turbels umumnya memiliki mineral dan organik pada setiap horizonnya. Akumulasi materi organik di atas irisan permafrost dan es adalah fitur-fitur umum. Turbels terbentuk terutama di zona lapisan es yang tidak pernah mencair. 
  • Orthels: tanah yang menunjukkan cryoturbation sedikit atau tidak ada (kurang dari sepertiga dari kedalaman lapisan aktif). Tidak seperti turbels, orthels terbentuk terutama dalam zona permafrost terputus, dan di daerah pegunungan. 
Gelisol berada pada lingkungan dengan iklim yang ekstrim sehingga gelisol belum bisa dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Penyebaran tanah gelisol hanya sekitar 9% dari daratan di bumi. Ordo tanah gelisol relative masih baru dipelajari dan masih jarang penelitian tentang tanah gelisol.

 

Baca Juga: Bunga Air Mata Pengantin (Antigonon leptopus) : Kandungan dalam Bunga, dan Cara Budidaya Tanaman Bunga Air Mata Pengantin

 

 Demikian Penjelasan Tentang  Tanah Gelisol Adalah: Penjelasan, Karakteristik dan Contohnya Secara Lengkap . Jangan Lupa selalu kunjungi materipedia.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Gelisol

  • tanah gelisol
  • makalah tanah gelisol
  • ciri ciri gelisol
  • histosol
  • permasalahan tanah gelisol
  • proses pembentukan tanah gelisol
  • spodosol


 

Posting Komentar untuk "Tanah Gelisol Adalah: Penjelasan, Karakteristik dan Contohnya Secara Lengkap"