Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bunga Air Mata Pengantin (Antigonon leptopus) : Kandungan dalam Bunga, dan Cara Budidaya Tanaman Bunga Air Mata Pengantin


Bunga air mata pengantin merupakan bunga asli dari meksiko namun sudah lama dikembankan di Indonesia. Selain air mata pengantin bunga ini juga disebut dengan bunga pengantin. Air mata pengantin termasuk jenis tanaman merambat yang sering ditanam di para-para atau pergola sebagai peneduh jalan atau sekedar sebagai hiasan teras dan jalan yang menuju ke rumah. Bunga ini juga ditanam pada derah perkantoran atau tempat rekreasi khususnya pada dataran tinggi seperti kopeng, tawangmangu, atau juga di lembang. 


Air mata pengantin merupakan herba merambat yang juga sering ditemkan membelit pada batang pohon. Tanaman ini memiliki alat pembelit yang fungsinya sebagai pendukung tegaknya tanaman atau penopang bunga nantinya. Akarnya menggelembung, memanjang, dan berbetuk umbi. Bentuk batang berusuk dengan panjang tiap rusuk 3-6 cm, berambut halus dan memiliki ruas rusuk yang menggelembung. 
 
 
 

Daun bertangkai tanpa selaput bumbung. Helaian daun berbentuk segitiga atau bulat telur, pangkal daun lebar dan berbentuk jantung, sedangkan pucuknya lebih runcing. Panjang daun 5-10 cm dengan permukaan daun yang bergelombang (tidak rata). Bunga tersusun atas malai majemuk dan tumbuh dari ketiak daun serta berkelamin dua. Mahkota bunga berjumlah 5 lembar berwarna merah jambu atau putih, dengan panjang sekitar 7mm. Tiga mahkota bunga yang paling luar berbentuk bulat telur menyerupai jantung, sedang dua yang lebih dalam berbentuk lebih runcing. Setelah semuanya mekar, mahkota akan membesar dan menyelubungi buah seperti selaput berwarna kehijauan. Benangsari berjumlah 7-9 buah, pangkal tangkai sari 

bersatu. Tangkai putik berjumlah tiga buah, kepala putik berbentuk tombol. Buah berbentuk bulat telur hingga kerucut dengan panjang kurang lebih 1 cm dengan ujung yang runcing dan segitiga. Letak biji terdapat pada alur buah yang membujur dan dalam. 

Bunga mata air pengantin dapat tumbuh dengan baik dengan kondisi terkena sinar matahari penuh dan langsung atau juga pada tempat yang sedikit ternaungi. Tempat yang cocok untuk pertanaman bunga ini aalah antara ketinggian 1- 1800 m diatas permukaan laut. Air mata pengantin tidak membutuhkan perawatan yang cukup baik. Cukup memilihkan media tanam yang subur, gembur, dan memiliki drainase yang baik bunga air mata pengantin dapat tumbuh dengan baik. Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya, bunga air mata pengantin dapat disiram dan dipupuk secara teratur. 

Pemupukan nitrogen pada saat tanaman masih dalam masa pertumbuhan vegetatif membuat tanaman memiliki frame yang bagus dan serasi ketika bunga mulai tumbuh. Untuk memunculkan bunga yang banyak dan tidak mudah rontok, pemupukan fosfor (P) diperulukan ketika tanaman memasuki fase berbunga. Pupuk yang diberikan dapat berupa pupuk organik ataupun pupuk anorganik. Pupuk organik yang bisa diberikan adalah kompos atau juga bisa dengan pupuk kandang. 

Dengan perawatan, penyiraman, dan pemupukan secara teratursesuai dengan kondisi dan kebutuhan, tanaman secara fisiologis akan mampu melakukan metabolismenya dengan baik sehingga akan tumbuh sehat, tidak mudah terserang penyakit, dan berbunga lebih baik. 
 
 

Kandungan dalam Bunga Air Mata Pengantin

Bunga air mata pengantin ini yang kita kenal cuma untuk tanaman bunga merambat yang buat jadi juga sebagai hiasan, baik itu dihalaman rumah, taman serta media rambat yang lain.

Disamping mempunyai manfaat juga sebagai tanaman hias, dalam satu riset tunjukkan bahwa bunga air mata pengantin berguna untuk kesehatan, salah satunya juga sebagai antidiabetes serta antitrombin.

Dari riset awal mulanya, sebagian senyawa yang sudah diisolasi dari akar serta rimpang Antigonon leptopus yaitu :
2-anthocyanin
Pelargonin
Malvin
Quercetin
thamnetin
Quercetin-3-o-β-D-glucopyranoside.
Jaya (2010)

Menyampaikan ekstrak metanol A. leptopus tak mempunyai toksin serta jadi mempunyai kekuatan juga sebagai hepatoprotektif yang bisa buat perlindungan rusaknya hati dari CCl4. Langkah pemanfaatannya yaitu dengan mengekstrak akar serta rimpang air mata pengantin. Diluar itu, tanaman air bunga pengantin ini dapat mempunyai kekuatan saat itu tunjukkan bahwa ekstrak etil asetat serta ekstrak metanol Antigonon leptopus paling utama dipamerkan kelumpuhan pada cacing, terlebih pada konsentrasi yang lebih tinggi dari 80 mg/ml dibanding dengan obat standard.

 
 

Cara Budidaya tanaman bunga air mata pengantin

  1. Memilih benih

Ada beragam jenis bunga air mata pengantin yang lazim dibudidayakan di Indonesia. Anda dapat memilih love chain, Antigonon leptopus Hook & Arn, serta Antigonon guatimalense Meisn. Ada yang memiliki warna bunga merah muda ataupun putih dengan bunga dan daun yang indah sehingga menarik untuk ditanam.

  1. Persiapan Lahan TanamanBunga Air Mata Pengantin

Untuk menanam Bunga Air Mata Pengantin, gunakanlah tanah yang memiliki beberapa sifat berikut ini :

  • Memiliki tanah yang gembur
  • Dekat dengan sumber air agar mudah disiram sehingga tidak kekeringan
  • Mengandung cukup unsur nutrisi untuk menunjang pertumbuhannya
  • Memiliki pH tanah mendekati netral (antara 6,5 – 7,5)

Setelah anda selesai dalam persiapan lahan, lanjut ke tahap selanjutnya yaitu menggemburkan tanahnya.

  1. Penggemburan Tanah

Tanah sebagai media tanam Bunga Air Mata Pengantin harus gembur dan memiliki cukup kandungan unsur hara. Jika tanah yang akan ditanami Bunga Air Mata Pengantin masih belum gembur maka kita harus merubah struktur tanah menggunakan cangkul untuk menggemburkan tanahnya terlebih dahulu. Sehingga akar Bunga Air Mata Pengantin dapat dengan mudah mencari nutrisi.

  1. Pemupukan Dasar Tanaman Bunga Air Mata Pengantin

Pemupukan dasar ini perlu dilakukan selain untuk menambah unsur hara juga untuk memperbaiki struktur tanah. Untuk pemupukan dapat menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang, pupuk kompos ataupun butiran organik. Pilihan terbaik untuk pemupukan dasar adalah pupuk kompos karena selain membantu kegemburan tanah, pupuk kompos memiliki unsur Nitrogen terbanyak dan unsur hara lain yang lebih lengkap dan ramah terhadap tanah dan tanaman. Cara melakukan pemupukan dasar adalah sebagi berikut :

  • Buat lubang tanam agak dalam sekitar 50 cm.
  • Isi lubang tanam tersebut menggunakan pupuk hingga terisi setengah penuh
  • Tutup lubang tanam tersebut
  • Sirami agar komposnya cepat terurai

Apabila ada sisa lahan di sela-sela tanaman anda dapat membuat lubang biopori agar nutrisi selalu tersedia dan tanah memiliki cadangan air yang selalu ada hingga musim kemarau. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buat lubang tanam agak dalam sekitar 100 cm dengan diameter 30 cm.
  • Isi lubang tersebut dengan sampah organik hingga penuh
  • Pengisian lubang dapat dilakukan bertahap dengan menggunakan sampah dapur ataupun dedaunan yang jatuh di pekarangan anda
  • Sampah organik yang terurai akan menjadi kompos yang dapat menjadi nutrisi tanaman, serta menjaga struktur tanah agar mudah menyerap air dan mampu menyimpan cadangan air.
  • Anda dapat mengambil kompos tersebut untuk digunakan di tempat lain atau membiarkannya menjadi nutrisi dan memperbaiki struktur tanah di lubang tersebut saja.
  • Anda dapat membangun parit disekitar lahan sebagai wadah penampung air hujan.
  1. Penanaman Bunga Air Mata Pengantin

Untuk menanam Bunga Air Mata Pengantin pada lahan yang sudah disiapkan, langkah selanjutnya dalam proses menanamnya adalah sebagai berikut :

  • Lubangi tanah yang akan ditanami Bunga Air Mata Pengantin yang sudah diolah sebelumnya.
  • Lapisi dasar lubang dengan pasir agar dapat menambah porositas
  • Tambahkan pupuk tambahan selain pupuk dasar, anda dapat memberi pupuk yang khusus untuk merangsang tumbuhnya bunga.

Terdapat dua cara untuk menanam Bunga Air Mata Pengantin, yaitu menggunakan metode setek dan menggunakan biji. Cara menanam Bunga Air Mata Pengantin melalui metode setek adalah sebagai berikut ini:

  • Potong secara melintang batang utama yang sudah tua. potong lebih dekat pada pangkal daun bagian atas.
  • Petik atau kurangi jumlah daun untuk mengurangi penguapan.
  • Kemudian tancapkan batang Bunga Air Mata Pengantin ke dalam tanah yang sudah anda siapkan tadi.
  • Berikan naungan selama tiga minggu atau hingga cukup kuat terhadap paparan sinar matahari langsung.
  • Sirami bakal Bunga Air Mata Pengantin sehari 2 kali sehari.
  • Setelah cukup kuat Bunga Air Mata Pengantin tidak perlu dinaungi lagi dan jaga tanah tetap lembab.

Namun apabila anda lebih memilih menanam Bunga Air Mata Pengantin menggunakan bijinya, maka Anda dapat mengikuti langkah berikut ini:

  • Biji Bunga Air Mata Pengantin direndam di air bersih selama 6 jam
  • Kemudian tanam biji Bunga Air Mata Pengantin pada media semai atau polybag sedalam 1 cm dan pastikan terhindar dari semut.
  • Letakkan di tempat teduh dan jaga media tanam supaya tetap lembab agar proses semai dapat berjalan dengan lebih cepat dan biji Bunga Air Mata Pengantin tidak membusuk.
  1. Penyiangan Lahan

Lahan  yang ditanami bunga perlu untuk disiangi secara berkala. Anda bisa melakukan penyiangan sebulan sekali saja untuk mencegah tumbuhnya gulma terlalu lebat yang dapat mencuri nutrisi tanah dan menghalangi masuknya cahaya matahari ke dasar tanah.

  1. Perawatan Masa Berbunga

Jika tanaman sudah tumbuh tinggi maka sebentar lagi akan mengeluarkan bunga. potong atau pangkas tanaman agar membentuk pola yang diinginkan. Pastikan untuk tetap memangkas tanaman, jika tidak dirawat maka tanaman ini akan cepat berkembang menjadi gulma.

 
 
 
 
 
Demikian Penjelasan Tentang  Bunga Air Mata Pengantin (Antigonon leptopus) : Kandungan dalam Bunga, dan Cara Budidaya Tanaman Bunga Air Mata Pengantin . Jangan Lupa selalu kunjungi materipedia.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih
 
 
Penelusuran yang terkait dengan Bunga Air Mata Pengantin

  • jual bunga air mata pengantin
  • bunga air mata pengantin putih
  • mitos tanaman air mata pengantin
  • manfaat bunga air mata pengantin
  • bunga air mata pengantin kelulut
  • bunga air mata janda
  • jenis bunga air mata pengantin
  • berapa lama bunga air mata pengantin berbunga

Posting Komentar untuk "Bunga Air Mata Pengantin (Antigonon leptopus) : Kandungan dalam Bunga, dan Cara Budidaya Tanaman Bunga Air Mata Pengantin "