Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Tanah Podzolik Merah Kuning Adalah : Ciri-ciri, Karakteristik, Sebarannya, Lapisan dan Manfaat Tanah Podzolik Merah Kuning

 


Pengertian Tanah Podzolik Merah Kuning ( PMK )

Podzolik merah kuning merupakan bagian dari tanah Ultisol. Menurut USDA, ultisol adalah tanah yang sudah mengalami pencucian pada iklim tropis dan sub tropis. Karakter utama tanah ultisol adalah memiliki horizon A yang tipis, akumulasi lempung pada horizon Bt dan bersifat agak masam. Tanah ultisol bersifat agak lembab dengan kadar lengas tertinggi pada ultisol yang berbentuk bongkah. 

Tanah podzolik merah kuning sendiri merupakan tanah yang terbentuk karena curah hujan yang tinggi dan suhu yang rendah. Tanah podzolik merah kuning berwarna merah sampai kuning dengan kesuburan yang relatif rendah karena pencucian-pencucian. Podzolik merah kuning banyak digunakan untuk tanaman kelapa, jambu mete, karet, dan kelapa sawit. Podzolik merah kuning banyak dijumpai di daerah pegunungan Sumatra, Jawa Barat, Sulawesi, Maliku, Kalimantan, Papua, dan Nusa Tenggara. 
 
Tanah Podsolik Merah Kuning (PMK) Menurut Ahli
  • Tanah PMKmerupakan bagian terluas dari lahan kering di Indonesia yang belum dipergunakan untuk pertanian. Ciri utama ultisol adalah adanya akumulasi liat di horizon B sebagai horizon argilik atau kandik dengan kejenuhan basa berdasarkan jumlah kation <35 persen pada kedalaman 75 cm dibawah batas atas fragipan atau langsung di atas kontak litik atau paralitik bila lebih dangkal atau 180 cm di bawah permukaan tanah (Maryati, 2007).
  • Tanah PMK adalah tanah yang mempunyai perkembangan profil, konsistensi teguh, bereaksi masam, dengan tingkat kejenuhan basa rendah. Podsolik merupakan segolongan tanah yang mengalami perkembangn profil dengan batas horizon yang jelas, berwarna merah hingga kuning dengan kedalaman satu hingga dua meter. Tanah ini memiliki konsistensi yang teguh sampai gembur (makin ke bawah makin teguh), permeabilitas lambat sampai sedang, struktur gumpal pada horizon B (makin kebawah makin pejal), tekstur beragam dan agregat berselaput liat. Di samping itu sering dijumpai konkresi besi dan kerikil kuarsa (Indrihastuti, 2004).
  • Di Indonesia, tanah ini umumnya berkembang dari bahan induk tua dan banyak ditemukan di daerah dengan bahan induk batuan liat(Hardjowigeno, 1993).
  • Tanah PMK mempunyaisifat peka terhadap erosi, perkolasi daninfiltrasi yang rendah, pH tanah yangrendah, kandungan Al yang tinggi,kandungan bahan organik yang rendah, serta ketersediaanunsur hara bagi tanamanrendah (Harjoso, 2002)

 

Baca Juga:  Pengertian Tanah Organosol : Ciri – ciri, Jenis-Jenis, Manfaat dan Persebaran Tanah Organosol di Indonesia

 

Ciri-ciri Tanah Podzolik Merah Kuning

Ciri-ciri dari tanah podsolik merah kuning adalah :

  • berasal dari bahan induk batuan karsa di zona iklim basah dengan curah hujan diantara 2500 – 3000 mm/tahun
  • memiliki sifat yang mudah basah dan mudah
  • mengalami pencucian oleh air hujan
  • biasanya dimanfaatkan untuk persawahan dan perkebunan
  • tekstur tanahnya berlempung dan berpasir
  • memiliki pH yang rendah
  • memiliki unsur aluminum dan besi yang tinggi

 

 Karakteristik  dan Sebarannya

Podzolik dapat terbentuk hampir pada semua tipe bahan induk namun umumnya berasal dari pasir kuarsa dan batupasir atau butiran sedimen dari batuan magmatik asalkan presipitasi di daerah tersebut tinggi.  Kebanyakan Tanah podzolik adalah Tanah yang miskin untuk pertanian karena kandungan pasirnya menghasilkan kelembaban dan nutrisi yang minim. Ada yang berpasir dan terlalu kering, yang lainnya punya zona perakaran yang dangkal dan drainase yang buruk akibat sementasi Tanah. Rendahnya pH merupakan masalah lain disertai defisiensi fospat dan kandungan alumunium tinggi bersifat racun.Penggunaan podzolik untuk pertanian adalah kegiatan penggembalaan meski jenis lumpur yang dikeringkan sangat produktif untuk tanaman pangan jika dikombinasikan dengan kapur dan pupuk.

Lapisan Tanah Podzolik

Horizon E biasanya punya kedalaman 4 - 8 centimeter dan rendah kandungan Fe, Al dan humus. Horison ini terbentuk dalam kondisi lembab, sejuk, asam terutama bila bahan induknya granit dan batu pasir (kaya akan kuarsa). Podzolik data  ditemukan di bawah lapisan organik namun di beberapa podzolik, horizon E tidak ada entah itu tertutup oleh aktifitas biologi atau hilang oleh faktor eksternal. Baca juga: Beda ruang, lokasi dan tempatPodzolik mencakup sekitar 4.850.000 km persegi di seluruh dunia dan biasanya ditemukan di bawah vegetasi kayu. Podzolik paling umum ditemukan di wilayah iklim sedang dan boreal di belahan bumi utara (SKandinavia, Russia, Kanada) namun dapat juga ditemukan di daerah lain termasuk hutan hujan tropis Indonesia bagian selatan dan Australia.
 

Manfaat Tanah Podzolik Merah Kuning

  1. Untuk lahan pertanian – tanah yang memiliki berbagai unsur alam dapat dijadikan sebagai lahan bercocok tanam.
  2. Membuat seni – bagi beberapa seniman yang menjual hasil karyanya tentunya akan memanfaatkan tanah sebagai penunjang karya seninya. Beberapa hasil karya seni yang terbuat dari tanah adalah guci, patung, ornamen ruangan dan lain sebagainya.
  3. Bahan produksi – tanah jenis tanah liat sering digunakan sebagai bahan bangunan. Tanah liat sering digunakan untuk bahan baku pembuatan bahan bangunan seperti batu bata, keramik dan genteng.
  4. Pembuatan tanggul – Anda pasti sering melihat di tepian sungai terutama di wilayah pedesaan yang menggunakan tanah sebagai bahan pembuat tanggul alami. Namun tanggul tersebut dibuat dari tanah yang mudah mengeras.
  5. Penyedia unsur hara – tanah merupakan tempat untuk tumbuh dan juga sebagai penyedia unsur hara untuk tanaman serta sebagai tempat pertukaran unsur hara antara tanaman dan tanah.
  6. Sumber air – tanah yang terkenal dengan penyerapan air yang baik ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber mata air sumur, dimana di wilayah pedesaan banyak sekali yang menggunakan air sumur untuk kehidupan sehari-harinya.
  7. Sebagai habitat hewan – secara umum tanah memang sebagai tempat tumbuhnya tanaman, akan tetapi tanah juga sebagai tempat hidupnya hewan-hewan seperti cacing, semut bahkan tikus tanah.
  8. Sebagai keseimbangan ekologis – tanah yang memiliki penyerapan air yang baik dapat mencegah banjir yang terjadi terutama di daerah perkotaan.

 

 Baca Juga: Tanah Gelisol Adalah: Penjelasan, Karakteristik dan Contohnya Secara Lengkap

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Tanah Podzolik Merah Kuning Adalah : Ciri-ciri, Karakteristik, Sebarannya, Lapisan dan Manfaat Tanah Podzolik Merah Kuning . Jangan Lupa selalu kunjungi materipedia.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

 Penelusuran yang terkait dengan Tanah Podsolik Merah Kuning

  • contoh tanaman podsolik merah kuning
  • jurnal tanah podsolik merah kuning
  • gambar tanah podsolik merah kuning
  • tanaman yang cocok dibudidayakan di tanah podsolik merah kuning adalah
  • makalah tanah podsolik merah kuning
  • usaha yang dilakukan agar tanah podsolik merah kuning menjadi subur adalah
  • tanah latosol
  • persebaran tanah podsolik

Posting Komentar untuk "Pengertian Tanah Podzolik Merah Kuning Adalah : Ciri-ciri, Karakteristik, Sebarannya, Lapisan dan Manfaat Tanah Podzolik Merah Kuning"