Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Karyawan Teladan dan Terjemahannya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

   Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Karyawan Teladan dan Terjemahannya 

English

Dear The Respected Board Members, Chief Executive Officer, Managers, Supervisors, and my Fellow Colleagues, good morning and best wishes for all of us. Today is a very honorable moment for me to because I receive this honored award. The purpose of me standing here in front of you is to deliver my speech on this occasion, that it is such a great honor to be given an award as the exemplary employee this year. I am sincerely thankful for the recognition given by the board, the management, as well as by the colleagues. This is a very auspicious moment for me and I do not think that I will forget it for the entire of my life.

Actually it requires some period of time for me to be like this, to be Keiko who stands in front of you right now. To be honest the journey towards this award was not as easy as it seems and in fact, it was very long. There were times when I had different way of thinking with the people in my team, but it was very common for team mates to confront each other while working on something, is not it? Luckily the tension was never happened for a long time and it eventually unites us even tighter. When I had difficulties with my work I have always kept this in mind that I am not alone though, my colleagues are always there to support and work with me because we belong to the same boat. Together with them, we overcome the problems and challenges. Not to forget there are managers and supervisors who support me unconditionally. Most importantly to the CEO and the board directors who never stop to have faith in me. Each of you is an energizer for me.

‘Teamwork makes the dream work’ they said. It may look like I am the one who receive this award but actually I am giving this award for all of us who have been working diligently to develop the company even bigger. Not to mention the fact that everyone here is giving best contribution equally. Above all I can achieve this award because of your never-ending faith towards my hard work. I still remember the first time I introduced myself when all of you gathered like this too, now that I have come to this stage I do not know how to express my gratitude.

Working as a business development executive is challenging but I love my job very much because I really found myself here. I can say that this work field has my passion in it, moreover the company provides me a working environment where I can gather with amazing colleagues and make me feels like I am home. All of the people here is my inspiration, you may not realize this but all of you inspired me so much. This long journey was a learning for me meanwhile this award is a homework for me to improve my potential even more so I can be better than today.

Indonesian

Yang Terhormat Direktur Utama dari PT Winter Sonata, Yang Terhormat Anggota Dewan Direksi, Manajer, Pengawas, serta rekan kerja sekalian, selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Hari ini merupakan momen yang sangat berharga bagi saya karena saya diberikan kesempatan untuk menerima penghargaan yang berharga ini. Saya di sini bertujuan untuk menyampaikan pidato saya pada kesempatan ini, bahwa hal ini merupakan sebuah kehormatan bagi saya untuk menerima penghargaan sebagai karyawan teladan tahun ini. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengakuan yang telah diberikan oleh jajaran direksi, pihak manajemen, serta dari rekan kerja sekalian. Momen ini adalah momen yang sangat menyenangkan dan saya rasa saya tidak akan mampu untuk melupakan saat-saat ini seumur hidup saya.

Sesungguhnya saya membutuhkan beberapa waktu untuk menjadi saya saat ini, menjadi Keiko yang berdiri di depan anda semua detik ini juga. Jujur saja perjalanan bagi saya untuk mencapai penghargaan ini tidak semudah kelihatannya, dan kenyataannya ini merupakan jalan yang sangat panjang. Ada beberapa saat dimana saya berselisih karena saya dan rekan kerja saya memilki pola berfikir yang berbeda, namun berselisih dengan rekan satu tim ketika melakukan sebuah pekerjaan adalah hal yang wajar, bukan begitu? Untungnya perselisihan diantara kami tidak pernah berlangsung terlalu lama dan hal itu justru mempererat hubungan kami. Ketika saya menghadapi kesulitan dengan pekerjaan saya, saya selalu menanamkan pemikiran bahwa saya tidaklah sendiri, rekan kerja saya selalu ada untuk memberikan dukungan dan bekerja sama dengan saya karena kita berada di perahu yang sama. Bersama-sama, kami mengatasi masalah dan ritangan yang ada. Tidak lupa juga manajer dan pengawas yang selalu mendukung saya tanpa syarat, Yang paling penting adalah kepada direktur dan dewan direksi yang tiada hentinya memberikan kepercayaan kepada saya. Setiap orang yang ada di sini adalah sumber energi bagi saya.

Orang mengatakan ‘Kerjasama membuat mimpi bekerja’ (tercapai)’. Mungkin kelihatannya seperti saya saja yang menerima penghargaan ini namun sebenarnya saya mempersembahkan penghargaan ini kepada kita semua yang telah bekerja dengan tekun untuk mengembangkan perusahaan ini menjadi lebih besar lagi. Belum lagi fakta bahwa semua orang di sini selalu memberikan kontribusi yang baik secara rata. Yang terpenting saya mendapatkan penghargaan ini karena kepercayaan yang tidak pernah ada putusnya bagi saya. Saya masih mengingatnya dengan jelas ketika saya pertama kali memperkenalkan diri di hadapan anda semua, dan sekarang saya sudah sampai ke tahap ini saya tidaak tahu bagaimana cara mengungkapkan ucapan syukur saya.

Bekerja sebagai business development executive merupakan sebuah hal yang menantang namun saya sangat mencintai pekerjaan saya karena saya menemukan diri saya di pekerjaan ini. Saya ingin mengatakan bahwa saya menemukan semangat (passion) saya di sini, bahkan perusahaan menyediakan lingkungan pekerjaan yang terasa seperti rumah, dimana saya bisa berkumpul dengan orang-orang yang luar biasa. Semua orang di sini adalah inspirasi bagi saya, kalian mungkin tidak menyadari bahwa kalian menginspirai saya. Perjalanan yang telah berlalu adalah pelajaran bagi saya sedangkan penghargaan ini merupakan pekerjaan rumah bagi saya untuk meningkatkan potensi dalam diri saya sehingga saya bisa menjadi lebih baik lagi dari hari ini.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Karyawan Teladan dan Terjemahannya"