Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Sambutan Halal Bi Halal


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Contoh Pidato Sambutan Halal Bi Halal 

Assalamualaikum   Wr Wb

       Salam Sejahtera Bagi Kita Sekalian

       .........................................................................

       Yang Saya Hormati ;

       • Para Sesepuh, Pinisepuh Yang Hadir

       • Para Unsur Pimpinan......;

       • Koordinator Ppl .........................  Beserta Jajarannya

       • Para Ketua Gapoktan  ........................., Beserta Pengurus Dan Anggotanya

       • Segenap Undangan Dan Hadirin Yang Berbahagia

       .........................................................................

Puji  Syukur Senantiasa Kita Panjatkan Kehadirat Allah Swt – Tuhan Yme  Atas Limpahan Rahmat Taufik Hidayah Serta Inayahnya, ..

Sehingga Pada Kesempatan Yang Baik Ini Kita Masih Diberi Kesehatan Dan Kesempatan Untuk Hadir Bersama Sama Dalam Satu Tempat Dan  Suasana Yang Penuh Berkah, Penuh Rahmat,  Serta Dalam Keadaan Sehat Wal Afiat Tidak Ada Aral Sesuatu Apapun.

       .........................................................................

Mengawali Sambutan Ini Dengan Kerendahan Hati , Selaku Pribadi, Keluarga, Maupun Atas Nama Pemerintah Kecamatan ........................., Meskipun Sudah Lewat Beberapa Hari, Saya Ucapkan Selamat Idul Fitri 1434 Hijriyah, Taqoballallahu Minna Wa Minkum, Taqobal Yaa Kariim , Minal Aidin Wal Faidzin.

Mohon Maaf Atas Segala Kekurangan, Kekhilafan, Dan Kesalahan Kami Selama Ini,  Baik Dalam Bertutur Kata, Bersikap, Maupun Dalam Bertindak.

Marilah Kita Maknai Kegiatan Halal Bi Halal Ini, Sebagai Momentum Untuk Kembali Kepada Naluri Kemanusiaan Yang  Harus Selalu Hidup Berdampingan Dengan Sesama, Dan Bersatu Dengan Alam Semesta.

Di Sisi Lain, Dengan Kembali Ke Fitrah, Diharapkan Nilai Ketaqwaan Dan Kesucian Yang Telah Kita Perjuangkan Selama Menjalankan Ibadah Puasa, Dan Ibadah-Ibadah Lainnya Pada Bulan Ramadhan Lalu, Dapat Kita Pertahankan Dan Kita Tingkatkan Lebih Berkualitas  Lagi.

Sehingga Kita Dapat Terlahir Menjadi Insan  Yang Lebih Baik Dan Lebih Bermanfaat Bagi Diri Sendiri, Keluarga, Masyarakat,  Bangsa Dan Negara.

      

Bapak/Ibu, Hadirin Yang Saya Hormati;

      

Atas Nama  .........., Saya Senantiasa Ikut Berbahagia / Ndherek Mangayubagyo, Dan Turut Memberikan Apresiasi Yang Setinggi Tingginya  Khususnya Kepada Seluruh Undangan Yang Hadir  , Terlebih Kepada Segenap Panitia Dan Semua Pihak,  Yang Telah Melaksanakan Dan Menghadiri    Kegiatan Yang Penuh Makna  Ini,

Mudah - Mudahan  Kegiatan Yang Disertai  Dengan  Niat Yang Ikhlas ,Senantiasa  Akan Dicatat Sebagai Amal Shaleh Dan Amal Ibadah,  Sehingga   Kita Semuanya Insya Allah Akan Mendapat  Pahala Dari Allah Swt ;

 

Selanjutnya, Atas Nama ........................., Saya Juga Memberikan Apresiasi Yang Setinggi Tingginya Utamanya Kepada Para Gapoktan Yang Ada Di Wilayah  Kecamatan ........................., Yang Selama Ini Telah Melakukan Kegiatan-Kegiatan Yang Positif Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Para Anggotanya, Kesejahteraan Masyarakat Desa Setempat, Serta  Peningkatan Tata Perkonomian   Masyarakat Yang Lebih Maju,  Di Wilayah Kecamatan ......................... Pada Umumnya.

 

Gapoktan Adalah Sebagai Wadah Para Kelompok Tani Yang Maksud Dan Tujuannya Adalah Dalam Upaya Meningkatkan  Perokonomian Masyarakat, Yang Secara Otomatis Juga Turut Serta Membantu Laju Pertumbuhan Pembangunan Negara Kita Ini,

Untuk Itulah, Ungkapan Terima Kasih  Juga Saya Tujukan Kepada Koordinator Ppl Kecamatan ......................... Beserta  Jajarannya Serta  Semua Pihak , Yang Selama Ini Telah Melakukan Pengarahan Dan Pembinaan Kepada Gapoktan , Baik Di Bidang  Administratif Maupun Cara Pendekatan Ke Lapangan, Sehingga Para Gapoktan Senantiasa Selalu Bersemangat Dalam Melakukan Kegiatan Yang Dilaksanakan Selama Ini.

Maka Saya Mengajak  Kepada Gabungan Kelompok Tani Yang Ada Di Wilah Kecamatan .........................  Untuk  Bersama-Sama  Saling Bersatu Padu, Guyub Rukun,  Samat Sinamadan, Doyo Dinayan, Cancut Taliwondo,  Untuk Turut Serta    Membangun Bangsa Dan Negara Kita Ini,  Dengan Berkonsentrasi Melalui Pengembangan Perekonomian Di Wilayahnya Masing-Masing;

Potensi - Potensi Unggulan Agar  Selalu Dikembangkan Dan Di Budi Dayakan Secara Optimal,  Misalnya   Di Wilayah Desa-Desa Seperti Desa ...,..

Silahkan  Dikembangkan Potensi Duren-Nya,  Di  Desa Ini Silahkan Dikembangkan Potensi Duren Dan Manggisnya,

Di Ds. ……………., Silahkan Di Kembangkan Unggulan Padinya, Di Ds. ………… Di Optimalkan Salaknya, Termasuk Di Desa Yang Lain Yang Tentunya Memiliki Potensi Dan Unggulan-Unggulan Yang Berbeda , Silahkan Di Kembangkan Sesuai Dengan Ciri Khasnya ,Masing-Masing,

Sehingga Secara Keseluruhan,  Seluruh  Desa / Kelurahan Yang Ada Di Wilayah Kecamatan ......................... , Masyarakatnya Senantiasa Akan Hidup Lebih Makmur, Maju  Dan Sejahtera.

Bapak/Ibu , Hadirin Yang Berbahagia ;

      

Pada Kesempatan Ini Pula Saya Sampaikan Bahwa Pada Tanggal 17 Agustus 2019,  Beberapa Hari Yang Lalu,  Kita Dan Semua Bangsa Indonesia  Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ri, Yang Mana Peringatan Tersebut Memiliki Makna Yang Penting,  Bahwa Kita Harus Senantiasa Mensyukuri Kemerdekaan, ..

Ada Satu Pertanyaan !  Apa Yang Harus Kita Lakukan Sebagai Wujud Syukur Kita Atas Nikmat Kemerdekaan Ini?

Yang  Jelas Kita Harus Memiliki  Keberanian Utuk Melakukan Perubahan,  Perubahan Yang Bisa Kita Lakukan , Tentunya Berupaya Untuk Melakukan Perpindahan Dari Situasi Yang Tidak Nyaman Ke Situasi Yang Nyaman.

Proses Hijrah Ini Harus Mampu Menjadikan Kita Lebih Baik Dari Sebelumnya Dan Tidak Mengalami Stagnasi Bahkan Kemunduran,  Baik Dalam Hal Kepribadian, Nasionalisme, Paradigma Berpikir, Maupun Kesejahteraannya.

Terkait Hal Itu Maka Ada Beberapa Hal Yang Mesti Kita Lakukan Dalam Menjalani Dan Mengisi Kemerdekaan Ini Yaitu Iman’

Dalam Hal Ini Sesuai Akidah Adalah Percaya Atau Sesuatu Yang Diyakini Dalam Hati, Diucapkan Dengan Lisan, Dan Dibuktikan Melalui Perbuatan. Hal Ini Dapat Kita Wujudkan Secara Nyata,  Artinya Adalah Bagaimana Kita Mengisi Kemerdekaan Ini Dengan Selalu Meyakini, .

Bahwa Kita Akan Lebih Baik Dari Sebelumnya, Sehingga Kita Mampu Berada Pada Satu Titik Yaitu Keyakinan, Dimana Kita Tidak Hanya Menjadi Pengamat Yang Percaya Bahwa Bangsa Kita Telah Merdeka Saja,

Namun Lebih Pada Keterlibatan Kita Dalam Mengsisi Kemerdekaan Ini, Dengan Cara Membangun Daerah, Bangsa Dan Negara Ini Menuju Hidup Yang Lebih Sejahtera Dan Lebih Berkualitas.

      

Hadirin Yang Saya Hormati,

      

Sebagai Warga Negara Yang Ingin Maju,   Marilah Kita Selalu Berpegang Kepada Peraturan – Peraturan Yang Ada,  Dengan Selalu Mendukung   Program - Program Pembangunan Yang Diprioritaskan Oleh Pemerintah : Seperti  Di  Bidang Pendidikan, Kesehatan, Termasuk Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan, Pengentasan Kemiskinan, Pelestarian Lingkungan, Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dan Peningkatan Infrastruktur, Secara Partisipatif Serta Kerjasama Yang Sinergis Antara Pemerintah, Swasta, Dan Masyarakat.

 

Bapak/Ibu, Hadirin Yang Saya Hormati ;

      

Demikian Yang Dapat Saya Sampaikan,Semoga Berbagai Program Yang Telah, Sedang,  Dan Akan Kita Lakukan, Dapat Benar - Benar Menjadi Upaya Posiftif Bagi Kehidupan Masyarakat  Kecamatan .........................  Dan Kabupaten ..................... Ini, Kearah Yang Lebih Baik, Maju Dan Sejahtera.

Mudah-Mudahan Acara Halal Bi Halal Yang Diselenggarakan Pada Hari Ini , Akan Menjadikan Sebuah Momen Yang  Positif, Untuk Saling Meningkatkan Rasa Persatuan Dan Persaudaraan Di Antara Kita,

Serta  Semoga  Kita Semua Selalu Mendapat Bimbingan Dan Petunjuk  Dari Allah Swt , Sehingga  Mampu  Mengemban Amanah Sebagai Insan Manusia Yang Senantiasa Mengharap Keselamatan Di Dunia Dan Di Akhirat Kelak.

 

Sekian Dan Terimakasih.

Kurang Lebihnya Mohon Maaf

Bilahittaufik Wal Hidayah “ Wassalamualaikum “


beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Sambutan Halal Bi Halal"