Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Pemberantasan Korupsi untuk Mahasiswa dan Terjemahannya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Pemberantasan Korupsi untuk Mahasiswa dan Terjemahannya       

English

ANTI-CORRUPTION SPEECH FOR UNIVERSITY STUDENTS

Good afternoon the people that I’m proud of: rector, dean, colleagues, and our students. Thank you God for your grace that today we can assemble here. It’s a rare chance that we can meet each other, between the students and the college. But it’s not the reason of not discussing together certain issue. Today, please let me catch this precious moment to talk over about one issue that always becomes trending topic in our country: the jeopardy of corruption.

Dear students that I’m proud the most,

It’s not a secret that corruption has been established since years ago. It is rooted and very hard to combat. Like what we see frequently on television, countless times the public official and politician got caught involved in corruption. In the non-legislative level, we can see numerous illegal bribery within jungle-law of Indonesia. Even in the level of educational service, the act of plagiarism is the beginning of corruption.

Corruption or rasuah in term of Bahasa is illegal act that misuse the authority in order to achieve something instantly. It seems like in non-legislative or executive level, the act of corruption is often overlooked. So many people are doing it that they think it’s a normal thing. In the contrary, those who are not involved in corruption accused as sanctimonious and expelled. If the situation is beyond our concern, there is only one thing that we can do: defense.

Dear students that I love,

Studying at college and becoming a University student is not only about learning about lessons in the class. There are something beyond that. University is the last phase before you enter the working life and mingle with society. In this critical point, you must have sharp moral. It is different with the senior or junior high school level, because in this point you can enhance your soft skill at the most. Including how to have a good principle.

Instant success that was achieved from corruption seemed ravish. But don’t be caught at the trick, the success that came from long struggle and honesty will always be the best. Never get tempted with instant-world nowadays, by justifying all means. Start it from yourself. Look how you hold yourself from choosing easy way to finish your task or write your journal. There are regulations that you have to obey, like plagiarism and deadline. Beyond here, there are thousand ways you can choose to skip those regulations and get great result. But there is something missing there, the struggle within process.

Dear students that I respect the most,

If someone is getting used to fight within a process, he will be someone that pay respect to honesty. That is the kind of student that will achieve success once he leave our college. With this principle, he can survive anywhere. Facing anyone with different characters. We can differentiate, which one is gaining success by honesty and long struggle, compared to those who is success by corruption and instant way.

No one can predict where you will go, spread your wings after finishing your study here. You can enter any field, according to your destiny. Working hard to earn money is one act of devotion. But never, even once, tempted to corrupt. Corruption act is shortcut that seems easy and discreet, but I guarantee that no matter how small the act is, it will be revealed. Honesty is the basic principle that I hope all of this University students have in their soul.

Keep on carrying the honesty, and respect the process.

Thank you, cheers!

Indonesian

PIDATO ANTI KORUPSI UNTUK MAHASISWA

Selamat siang, jajaran rektor, dekan, karyawan, dan mahasiswa yang saya banggakan. Terima kasih pada Tuhan atas rahmatNya hingga kita bisa berkumpul bersama hari ini. Mustahil sering bertatap muka langsung dan berdiskusi antara mahasiswa dan pihak kampus bukan alasan untuk tidak duduk bersama membahas suatu hal. Izinkan saya untuk memanfaatkan momentum berharga seperti saat ini untuk membicarakan satu hal yang menjadi sorotan di tanah air kita, yaitu bahaya korupsi.

Adik-adik mahasiswa yang saya banggakan,

Bukan rahasia lagi jika korupsi telah ada sejak berpuluh tahun lamanya. Mengakar dan sulit diberantas. Mungkin sekarang kita kerap menyaksikan di televisi bagaimana para pejabat dan politisi tertangkap tangan terlibat dalam korupsi. Di level non legislatif, bisa kita saksikan betapa banyak pungutan liar berlaku di hukum rimba Indonesia. Bahkan sampai di tingkat pendidikan, aksi plagiarisme dan mencontek adalah praktik awal dari korupsi.

Korupsi atau rasuah adalah tindakan ilegal dan menyalahgunakan wewenang demi mendapat jalan pintas untuk sesuatu. Mungkin dalam level non legislatif atau eksekutif, tindakan korupsi terkesan sepele dan biasa. Banyak yang melakukannya bahkan dinilai wajar. Mereka yang tidak melakukan kadang dituding sok suci hingga dikucilkan. Jika kondisinya sudah sememprihatinkan ini, satu-satunya yang bisa dijadikan pegangan adalah pertahanan diri.

Adik-adik mahasiswa yang saya sayangi,

Menempuh studi di kampus dan menjadi mahasiswa bukan semata-mata tentang mengikuti mata kuliah dengan baik. Ada makna yang lebih dari itu. Kuliah adalah tahap akhir sebelum Anda terjun langsung ke dunia kerja dan bergabung dengan masyarakat. Di titik kritis inilah moral Anda harus diasah. Tidak sama dengan dunia pendidikan level sekolah pertama atau sekolah menengah, karena softskill harus dikembangkan semaksimal mungkin. Termasuk membekali diri dengan moral.

Kesuksesan yang instan buah dari praktik korupsi memang sekilas terkesan menggiurkan. Tapi jangan salah, kesuksesan yang datang dari perjuangan panjang dan kejujuran adalah yang paling mulia. Jangan tergiur dengan dunia yang serba instan namun menghalalkan segala cara. Hal ini dimulai dari diri sendiri. Lihat bagaimana Anda membentengi diri dari keinginan untuk mencari cara mudah dalam mengerjakan tugas atau menulis jurnal. Ada sederet regulasi yang harus dipenuhi, seperti plagiarisme dan tenggat waktu. Di luar sana ada beribu cara yang bisa dipilih untuk melompati itu semua dan menghasilkan karya gemilang. Tapi ada yang hilang di situ, yaitu perjuangan dalam proses pembuatannya.

Adik-adik mahasiswa yang saya hormati,

Jika seseorang terbiasa berjuang dalam sebuah proses, ia akan menjadi sosok yang menghargai kejujuran. Orang yang seperti inilah yang akan sukses kelak saat sudah lulus meninggalkan kampus kita tercinta. Dengan bekal itu, dia bisa bertahan di medan apapun. Menghadapi orang dengan karakter apapun. Bisa terlihat jelas mana orang yang berhasil dan sukses berkat kejujuran dan proses panjang, dibandingkan dengan mereka yang berhasil karena korupsi dan jalur instan.

Tidak ada yang bisa memprediksi ke mana kalian semua akan pergi mengepakkan sayap selepas menamatkan studi di sini. Bidang apapun bisa kalian masuki, sesuai dengan ke mana nasib membawa kalian. Bekerja keras demi uang adalah sebuah ibadah. Tapi jangan sampai sekalipun tergiur dengan praktik korupsi. Korupsi adalah jalan pintas yang sekilas terlihat mudah dan rahasia, tapi yakinlah bahwa praktik korupsi sekecil apapun akan terkuak suatu saat nanti. Kejujuran adalah prinsip dasar yang saya harap dimiliki oleh semua mahasiswa yang ada di kampus ini.

Tetaplah mengusung kejujuran, hargai sebuah proses.

Terima kasih.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Pemberantasan Korupsi untuk Mahasiswa dan Terjemahannya "