Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Bahaya Sex Bebas bagi Mahasiswa dan Terjemahannya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Bahaya Sex Bebas bagi Mahasiswa dan Terjemahannya      

English

SPEECH THE DANGER OF FREE SEX FOR UNIVERSITY STUDENTS

Good afternoon, fellow students that I’m proud of. First of all let’s praise the Lord for His grace, so that we can gather here today. This time, we will conduct discuss session about trending issue. Today we will talk about the danger of free sex for University students, one fact that is becoming our most concern.

Why I decide to talk about this issue? Outside there, the situation is complicated. In the age like you guys, is the time to seek for self-actualization. The enthusiasm to try new things is big. In this phase, you start to be interested with others. You start to know about love. That is common. I was once at your age, and experienced what we call love.

Dear my beloved students,

But such feeling will lead to negative thing if you go too far. Too much love without common sense will lead to free sex. Do you still remember about sex tape video that has gone viral? That just not happen once or twice. And who are the subjects in the video? Unfortunately, the University students. In the age of scrambling to become adult, you want to try many things without thinking twice. Can you imagine what the subject in the video felt after their sex tape gone viral? Their future was broken. They will feel the shame as long as they live. Their family involved in unfortunate situation.

All those shortcomings started from free sex done by University students. Basically love can be motivation and leads to positive things if you do it wisely. I bet all of you ever fell in love and be more enthusiast to go to college, right? If that is what happened, or you are involved in supportive relationship, you will get many benefits. You can study together, support and help each other. That is the result of having relationship based on moral and good attitude.

Dear students that I respect,

Become a University student is the time when you have full authority of yourself. No one is interfering you of your responsibility. You are the leader of yourself. But in the other side, the chance of involved in free sex is big. There is no impediment or strict regulations like what happened when you were still at school. You are the only one who can guard yourself. Free sex may seems challenging, but there are many shortcomings that you need to consider.

Always protect yourself with religious morality and responsibility, including when you are doing a relationship. Free sex will make you feel difficult to concentrate in studying. Your role as University student will be in hassle. And when there is a problem, it will lead to another things that you can’t handle. Remember, being a University student is one time opportunity. There will be no second chance. Don’t waste this opportunity by filling it with negative things. There are plenty positive activities that you can choose as University students, agent of change.

Dear students that I’m proud of,

I’m pretty sure that you have moral responsibility that you will carry everywhere. Both for your family and for this institution. Keep the trust that we gave to you. Remember that you are a University student, you bring the name of this college. Don’t be tempted to temporary pleasure and abandon your main responsibility as University student.

Thank you for your attention. Cheers.

Indonesian

PIDATO BAHAYA PERGAULAN BEBAS UNTUK MAHASISWA

Selamat siang, adik-adik mahasiswa yang saya banggakan. Pertama mari kita haturkan syukur pada Tuhan karena atas rahmat dariNya kita bisa berkumpul dalam kondisi sehat hari ini. Kembali lagi kita berada dalam sesi diskusi tentang isu yang sedang menjadi sorotan. Kali ini kita akan membahas tentang bahaya pergaulan bebas untuk mahasiswa, sebuah hal yang kian hari kian memprihatinkan.

Mengapa tema ini saya angkat? Situasi yang terjadi di luar sana sangat memprihatinkan. Usia seperti kalian, usia mahasiswa adalah saatnya mencari jati diri. Keinginan untuk mencoba hal baru sangat besar. Di masa inilah kalian mulai mengenal ketertarikan pada lawan jenis. Usia yang rentan dengan rasa jatuh cinta. Hal itu sah-sah saja terjadi. Saya pun pernah muda. Pernah merasakan yang disebut dengan cinta.

Adik-adik yang saya sayangi,

Namun perasaan itu akan menjadi hal negatif jika kalian terbawa keadaan. Cinta yang berlebihan tanpa diiringi akal sehat hanya akan berujung pada pergaulan bebas. Masih ingat dengan video rekaman seks yang tersebar luas? Bukan sekali dua kali kejadian itu terjadi. Dan siapa yang menjadi subjek dalam rekaman itu? Sayangnya mahasiswa. Usia menjelang dewasa, ingin mencoba banyak hal tanpa pikir panjang. Coba bayangkan apa yang dirasakan oleh subjek yang ada dalam video? Masa depan mereka hancur. Rasa malu menghantui seumur hidup. Keluarga ikut terseret dalam situasi yang tidak menguntungkan.

Semua rentetan dampak negatif itu berawal dari pergaulan bebas di kalangan mahasiswa. Pada dasarnya cinta bisa menjadi motivasi dan membawa pada hal positif jika dilakukan dengan bijak. Adik-adik pasti pernah jatuh cinta dan menjadi lebih semangat kuliah, bukan? Jika itu yang terjadi, atau berada dalam hubungan yang saling mendukung, akan membawa banyak dampak menguntungkan. Anda bisa belajar bersama, saling dukung dan membantu satu sama lain. Itu adalah hasil yang bisa Anda peroleh jika membangun hubungan yang berlandaskan moral dan attitude yang baik.

Adik-adik yang saya hormati,

Menjadi mahasiswa adalah saat Anda punya kendali sepenuhnya atas diri sendiri. Tanggung jawab tidak lagi dipengaruhi orang lain. Anda menjadi pemimpin atas tiap individu. Di sisi lain, peluang untuk terseret dalam pergaulan bebas sangat besar. Tidak ada batasan dan peraturan ketat seperti halnya saat kalian masih di usia sekolah. Hanya Anda yang bisa membentengi diri sendiri. Pergaulan bebas mungkin terkesan menantang di permukaan, tapi ada begitu banyak konsekuensi yang perlu diperhitungkan.

Selalu bekali diri kalian dengan moral agama dan tanggung jawab, termasuk dalam membina suatu hubungan. Pergaulan bebas hanya akan membuat Anda tidak konsentrasi dalam menjalani proses pembelajaran. Peran sebagai mahasiswa akan terganggu. Belum lagi jika ada masalah, akan banyak hal yang terseret dan luput dari konsentrasi Anda. Ingat, menjadi mahasiswa adalah kesempatan yang datang satu kali. Tidak akan terulang dan ada kesempatan kedua. Jangan sia-siakan dengan mengisinya dengan hal-hal negatif. Masih banyak aktivitas positif yang bisa Anda pilih sebagai mahasiswa, agen perubahan.

Adik-adik yang saya banggakan,

Saya yakin Anda semua memiliki tanggung jawab moral yang akan selalu diemban. Baik itu untuk keluarga, juga untuk institusi kampus. Jagalah selalu kepercayaan yang kami berikan untuk Anda. Ingatlah selalu bahwa diri Anda sebagai seorang mahasiswa membawa nama baik kampus. Jangan pernah tergoda dengan kebahagiaan sesaat dan melupakan tanggung jawab utama sebagai mahasiswa.

Terima kasih atas perhatian kalian. Salam.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Bahaya Sex Bebas bagi Mahasiswa dan Terjemahannya"