Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Pemanasan Global dan Terjemahannya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

      Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Pemanasan Global dan Terjemahannya 

English

Good morning to my respected teachers and friends. In this occasion, I would like to convey my speech on Global Warming. There are several environmental issues increasing as the impacts of global warming. Our daily activities are responsible for the increasing temperature of the earth, there are many factors which cause global warming however the main causes are known as the Green House Effects. Greenhouse effect is caused by the greenhouse gases carbon dioxide, chloro-fluoro carbon, methane, nitrous oxides, etc. Our daily activities are generating the greenhouse effects, those greenhouse effects are being collected in the atmosphere then it forms a cover for earth which absorbs the sun rays. The absorbed heat remains in the lower circle of biosphere so it increases the temperature level, the more greenhouse gases trapped in the atmosphere the more heats gets trapped . The glaciers are melting, sea levels are rising, cloud forests are dying, and wildlife is scrambling to keep pace. Global warming is not only harmful for human but also flora and fauna. Global warming cause acid rain which is very destructive, burn the forest life and it wipes out the whole forest and its living. Meanwhile the temperature rise affects agricultural crops, forests, marine life, and any other.

My friends,

Global warming is a huge and global problem, it cannot be solved by several groups or countries, the global efforts are very needed to reduce the global warming effects. As we know there are three specific ways to lessen the global warming effects, those efforts are called as 3R. 3R means Reduce, Re-use, and the last one is Recycle. Reduce refers to the waste, as a smart generation we should lessen the usage of plastic, Styrofoam, and any other industrial packaging because it donates into greenhouses effect. The second one is reuse, we can change our habits positively by choosing the reusable products instead of the disposable ones. The last one is recycle which means that we need to recycle things that are recyclable such as newspaper, glasses, aluminum cans, etc. The experts stated that we can save approximately 2,400 pounds of carbon dioxide emission every year if we start to recycle half of the household wastes.

My dearest friends,

Eliminating the global warming effects may seem impossible but if we do it together I am sure it will reap the fruit. As a student, we have learnt so much that global warming is a serious matter and it is threating the human race. Let us save the world from more greenhouse gases. Do it now and do it from the small things such as implementing the 3R way of life, save the electricity by turning the light off while sleeping, turn on the air conditioner wisely and try to lessen the harmful gases emission. The way to lessen the harmful gas emission can be done by minimize driving a car, riding motorcycle or any other transportation means. By lessening the frequency to ride transportation means, we can save the world and we can be healthy too. Those small things will be a big matter if we do it together. That is all from me, thank you very much for your kind attention. See you!

Indonesian

Selamat pagi untuk guru dan teman saya yang terhormat. Dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan pidato tentang Pemanasan Global. Ada beberapa isu lingkungan yang meningkat sebagai dampak dari pemanasan global. Aktivitas sehari-hari kita menyebabkan peningkatan pada suhu bumi, ada banyak faktor yang menyebabkan pemanasan global namun penyebab utamanya dikenal dengan Green House Effects. Efek rumah kaca disebabkan oleh gas rumah kaca karbon dioksida, karbon kloro-fluoro, metana, oksida nitrat, dan lain-lain. Kegiatan sehari-hari kita menghasilkan efek rumah kaca yang kemudian terkumpul di atmosfer kemudian membentuk lapisan penutup bumi yang menyerap sinar matahari. Panas yang diserap tetap berada di lingkaran bawah biosfer sehingga meningkatkan suhu, semakin banyak gas rumah kaca yang terjebak di atmosfer, semakin panas suhu bumi karena banyak panas yang terperangkap. Gletser mencair, permukaan air laut naik, cloud forest mati, serta kehidupan liar berebut untuk hidup. Pemanasan global tidak hanya berbahaya bagi manusia tapi juga flora dan fauna. Pemanasan global menyebabkan hujan asam yang sangat merusak, membakar kehidupan hutan dan mematikan seluruh hutan dan kehidupannya. Sementara kenaikan suhu mempengaruhi tanaman pertanian, hutan, kehidupan laut, dan lainnya.

Teman-teman,

Pemanasan global adalah masalah besar dan global sehingga hal ini tidak dapat diselesaikan oleh beberapa kelompok atau Negara saja, upaya global sangat diperlukan untuk mengurangi dampak pemanasan global. Seperti yang kita ketahui ada tiga cara spesifik untuk mengurangi efek pemanasan global, upaya tersebut disebut sebagai 3R. 3R berarti Reduce, Re-use, dan yang terakhir adalah Recycle. Reduce atau mengurangi mengacu pada limbah, sebagai generasi cerdas kita harus mengurangi penggunaan plastik, styrofoam, dan kemasan industri lainnya karena menyumbang efek rumah kaca. Yang kedua adalah Reuse atau menggunakan kembali, kita bisa mengubah kebiasaan kita secara positif dengan memilih produk yang dapat digunakan kembali bukan yang sekali pakai. Yang terakhir adalah Recycle atau mendaur ulang ulang barang-barang yang dapat didaur ulang seperti koran, gelas, kaleng aluminium, dan lain-lain. Para ahli menyatakan bahwa kita dapat menghemat sekitar 2.400 pon emisi karbon dioksida setiap tahun jika kita mulai mendaur ulang setengah dari limbah rumah tangga.

Teman-teman yang saya cintai,

Menghilangkan efek pemanasan global mungkin tampak tidak mungkin tapi jika kita melakukannya bersama saya yakin itu aka nada hasilnya. Sebagai seorang siswa, kita telah belajar banyak bahwa pemanasan global adalah masalah serius dan hal ini mebahayakan umat manusia. Mari kita menyelamatkan dunia dari lebih banyak efek gas rumah kaca. Lakukan sekarang dan lakukan dari hal-hal kecil seperti menerapkan cara hidup 3R, menghemat penggunaan listrik dengan mematikan lampu saat tidur, nyalakan AC dengan bijak dan cobalah untuk mengurangi emisi gas berbahaya. cobalah untuk mengurangi emisi gas berbahaya. Cara untuk mengurangi emisi gas berbahaya dapat dilakukan dengan meminimalkan mengendarai mobil, seped motor atau sarana transportasi lainnya. Dengan mengurangi frekuensi naik alat transportasi, kita bisa menyelamatkan dunia dan kita bisa menjadi sehat juga. Hal-hal kecil itu akan menjadi sesuatu yang besar jika kita melakukannya bersama. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, terima kasih banyak atas perhatiannya. Sampai jumpa!

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Pemanasan Global dan Terjemahannya "