Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tentang Radiasi Ketika Menonton TV


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang lain dalam jumlah yang banyak . contoh pidato yaitu pidato kenegaraan, pidato pembangkit semangat, pidato peringatan hari sumpah pemuda dan lain sebagainya.Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik didepan upublik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik.

 

Pidato juga dikatakan sebagai penyampaian pikiran secara lisan di depan penonton atau pendengar. Tujuan pidato dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Informatif

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Berupa petunjuk tentang sesuatu, pengarahan tentang masalah tertentu, dan penjelasan tentang obyek tertentu.

  • Rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur para pendengar. Saat menyampaikan pidato, orator perlu menyelipkan beberapa hiburan, sehingga pidato yang disampaikan dapat tercapai.

  • Persuasif

Tujuan pidato persuasif adalah untuk memengaruhi para pendengar. Pada saat menyampaikan informasi, orator perlu memengaruhi atau mengajak.

Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan oleh pendengar dalam kehidupannya sehari-hari.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Contoh Pidato Tentang Radiasi Ketika Menonton TV

 


Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat Bapak/Ibu warga Komplek Perumahan Bukit Indah

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya berupa nikmat sehat kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini.

Hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan ini izinkanlah saya menyampaikan sebuah topik sederhana yang berkaitan dengan hal yang kita lakukan setiap hari yaitu menonton TV. Tahukah anda bahwa menonton TV terlalu lama dapat menyebabkan berbagai macam penyakit? TV yang selama ini kita memancarkan sesuatu yang disebut radiasi.

Radiasi adalah pancaran dan transmisi energi dalam bentuk partikel atau gelombang. Jadi, radiasi itu adalah salah satu jenis transfer energi. Lalu, manakah radiasi yang berbahaya dan mana yang tidak? Dikatakan berbahaya apabila radiasi tersebut punya cukup energi untuk mengionkan materi yang dilewatinya. Maka, dikenalah 2 macam radiasi yaitu radiasi pengion dan non-pengion. Yang dipancarkan melalui TV adalah radiasi non-pengion.

Radiasi non-pengion tidak lebih berbahaya daripada radiasi pengion. Akan tetapi, radiasi non-pengion tetap berbahaya, terutama bagi mata kita. Terlalu lama menonton TV dapat menyebabkan saraf-saraf mata kita rusak akibat gelombang yang dipancarkan. Akibatnya mata kita menjadi susah melihat dekat maupun jauh.

Kita semua dapat mengurangi radiasi yang dipancarkan oleh TV agar mata kita tidak cepat rusak. Salah satu caranya adalah dengan menempatkan lampu dibelakan TV atau di sekitar TV. Lampu yang ditempatkan adalah lampu yang berintensitas rendah agar dapat mengurangi radiasi TV yang langsung ke mata.

Bapak/Ibu, serta hadirin yang saya hormati,

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga apa yang saya sampaikan dapat memberikan pengetahuan tambahan dan manfaat bagi kita semua. Akhirnya, saya mohon maaf jika terdapat kata-kata yang salah atau kurang berkenan di hati.

Terima kasih,

Wassalamualaikum Wr. Wb.


 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema

 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Orang lain juga menelusuri

  • impromptu adalah
  • jelaskan tujuan orang melakukan pidato
  • bagaimana konsep urutan dari isi pidato
  • bagaimana melakukan pidato dengan baik
  • sebutkan langkah-langkah menulis pidato
  • sebutkan metode pidato 
  • contoh pidato lisan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato tentang covid-19
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato islami
  • contoh pidato pendidikan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato persuasif

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang Radiasi Ketika Menonton TV"