Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Singkat Acara Pelepasan Siswa Kelas 9 Tahun Pelajaran


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup

Ciri-ciri pidato yang baik adalah:

  1. Pidato harus memiliki tujuan yang jelas.
  2. Sebuah pidato harus mengandung atau memuat kebenaran.
  3. Penyampaian pidato harus jelas dan semenarik mungkin.
  4. Pidato harus bersifat efektif, dapat diselingi dengan humor.
  5. Penyampaian pidato menggunakan artikulasi, intonasi, dan volume yang terang dan jelas.

Metode-metode dalam membawakan pidato yaitu:

  1. Metode memoriter yaitu menghafal naskah.
  2. Metode ekstemporan yaitu membuat catatan kecil berisi garis besar pidato.
  3. Metode naskah yaitu dengan cara membaca naskah yang telah disiapkan.
  4. Metode impromtu yaitu spontanitas atau serta merta tanpa adanya persiapan.

Jenis-jenis pidato adalah sebagai berikut:

  1. Pidato yang bersifat persuasif
  2. Pidato yang bersifat rekreatif
  3. Pidato yang bersifat informatif
Tujuan pidato adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi kepada orang lain secara massal dengan berorasi di depan umum. Selain itu, pidatojuga dapat berfungsi untuk membuat orang lain senang dan terhibur dengan apa yang kita sampaikan


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Pidato Singkat Acara Pelepasan Siswa Kelas 9 Tahun Pelajaran

 Asalammualaikum wr. wb

Yang kami hormati kepala SMP N 2 NANGA PINOH

Yang kami hormati Bapak/Ibu guru serta staf kariawan TU SMP N 2 NANGA PINOH.

Yang kami hormati komite SMP N 2 NANGA PINOH.

Yang kami hormati orang tua/wali murid SMP N 2 NANGA PINOH.

Serta teman-teman kelas 9 yang kami sayangi, dan tidak lupa adik-adik kelas 7 dan 8 yang kami banggakan.

          Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah swt. Yang telah memberikan rahmat, hidayah, serta inayah-Nya sehingga kita bisa berkumpul di dalam aula SMP N 2 NANGA PINOH ini dalam acara pelepasan siswa kelas 9 tahun pelajaran 2013/2014 tanpa ada halangan suatu apapun.

          Dan tidak lupa salawat serta salam marilah kita limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw. Yang telah membimbing kita dari zaman jahiliah ke zaman islamiah seperti sekarang ini. Allahuma amin.

Isi

          Pada kesempatan yang baik ini kami ingin menyampaikan beberapa hal, yang pertama kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu guru yang senantiasa memberikan bimbingan kepada kami sejak kelas 7 sampai kelas 9 ini, sehingga kami bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. Selain itu kami juga ingin mengucapkan permintaan maaf yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu guru karena kami sadar bahwa selama ini kami sering membuat Bapak/Ibu guru jengkel bahkan marah kepada kami. Dan tidak lupa setelah kami lulus dari sekolah ini tentunya kami ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Maka dari itu kami meminta doa restu kepada Bapak/Ibu guru semoga kami diterima di sekolah yang kami inginkan.

          Yang kedua kami ingin mengucapkan permintaan maaf kepada adik-adik kelas 7 dan 8 apabila selama ini kakak punya salah kepada adik-adik baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Selain itu kakak jiga ingin minta maaf karena selama ini kakak tidak bisa memberikan contoh yang baik kepada adik-adik. Kakak cuma bisa berpesan kepada adik-adik, patuilah tata tertib sekolah, hormati Bapak/Ibu guru, jagalah nama baik sekolah , belajarlah yang rajin, tetap semangat dan terus berjuang, agar kalian menjadi yang terbaik.

          Dan yang terakhir pesan untuk kelas 9, walaupun nantinya kita berpisah tetapi tetap jagalah persahabatan yang telah kita rajut dari kelas 7 sampai kelas 9 ini. Jangan pernah lupakan persahabatan ini. Dan tidak lupa walaupun kita sudah lulus dan keluar dari sekolah kita tercinta ini, tetapi tetap jagalah nama baik sekolah kita tercinta ini. Karena tanpa sekolah ini kita tidak akan seperti ini. Jadi tetap jaga nama baik sekolah kita tercinta ini.

Penutup

          Sekian sambutan dari kami apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Akhir kata, saya memohon doa restu dari hadirin , agar kami, pelajar SMP N 2 NANGA PINOH, bisa menjadi insan yang berguna bagi nusa, bangsa, dan agama. Amin

Terima kasih, Pahlawan tanpa tanda jasa. Jasamu abadi, kami kenang sepanjang masa.Untuk adik-adik tersayang, saya mewakili teman-teman kelas 6 ingin menyampaikan Pesan.

Kami yakin, di kemudian hari akan tiba juga saat adik-adik mencapai kelulusan. Kuncinya hanya Ikhlas dalam belajar, berusaha keras, dan tidak lupa berdoa. InsyAllah kelak adik adik bisa seperti kami disini, lulus dengan nilai yang memuaskan, bahkan lebih baik lagi. Demikianlah saya akhiri dengan mengucapkan Billahi taufik walhidayah,

wassalamualaikum warrohmatullohi wabarokaatuh.  

 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Singkat Acara Pelepasan Siswa Kelas 9 Tahun Pelajaran"