Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Pidato Tentang Maulid Nabi Singkat dan Mudah di Hafal


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang lain dalam jumlah yang banyak . contoh pidato yaitu pidato kenegaraan, pidato pembangkit semangat, pidato peringatan hari sumpah pemuda dan lain sebagainya.Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik didepan upublik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik.

 

Pidato juga dikatakan sebagai penyampaian pikiran secara lisan di depan penonton atau pendengar. Tujuan pidato dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Informatif

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Berupa petunjuk tentang sesuatu, pengarahan tentang masalah tertentu, dan penjelasan tentang obyek tertentu.

  • Rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur para pendengar. Saat menyampaikan pidato, orator perlu menyelipkan beberapa hiburan, sehingga pidato yang disampaikan dapat tercapai.

  • Persuasif

Tujuan pidato persuasif adalah untuk memengaruhi para pendengar. Pada saat menyampaikan informasi, orator perlu memengaruhi atau mengajak.

Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan oleh pendengar dalam kehidupannya sehari-hari.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Teks Pidato Tentang Maulid Nabi Singkat dan Mudah di Hafal

 

 Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan rahmat dan nikmat serta idayah kepada kita semua.

Kedua kalinya bacaan allahumma sholli alaa sayyidinaa Muhammad tetap tercurahkan kepada jungjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. yang syafaatnya kita tunggu pada hari kiamat.

para hadirin yang saya hormati…

Pada pagi hari yang insyaAllah penuh berkah ini kita berkumpul disini dalam rangka untuk memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Semoga saja acara ini dapat kita jadikan momentum untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas iman serta taqwa kita kepada Allah SWT. Dengan menjadikan sejarah Nabi Muhammad sebagai motivasi.

Para hadirin sekalian yang saya hormati…

Nabi besar Muhammad SAW. adalah sosok seorang rasul dengan perjuangannya yang begitu luar biasa untuk memberikan pengarahan kepada segenap ummat manusia menuju jalan yang diridloi. Beliau berjuang dengan sekuat tenaga tanpa mengenal rasa lelah sedikitpun untuk menyampaikan perintah-perintah Allah SWT. Karena perjuangan beliaulah kita sekarang ini berada dalam kondisi yang aman, tentram, dan hidup dengan penuh keimanan. Mari kita jadikan momentum ini untuk terus meningkat rasa sykur dan taqwa kita kepada Allah SWT.

Pada haridin yang saya dimuliakan oleh Allah SWT.

Kehidupan di dunia ini hanya sementara saja. Seok atau lusa Allah SWT. Akan memanggil kita dan kita akan dimintai pertanggungjawaban atas semua perbuatan kita. Mari mensucikan diri kita dengan melakukan amal-amal ibadah sesuai yang diajarkan oleh Alqiran dan Hadits. Semoga momentum ini dapat mendorong kita semua untuk semakin giat dalam menjalankan amal ibadah.

para hadirin yang saya cintai…

Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang dirahmati ini. Semoga kita senantiasa diberikan nikmat dan hidayah dari Allah SWT. Dalam menjalani kehidupan didunia ini sehingga kelak kita bisa menjadi orang yang beruntung pada kehidupan yang sesungguhnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Para hadirin sekalian yang berbahagia, dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad saw, pagi ini marilah kita terlebih dahulu mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT atas segala karunia nikmat dan hidayah-Nya hingga saat ini dapat bertemu pada tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Semoga atas kehadiran kita malam ini meraih ridho-Nya.

Yang kedua kalinya, mudah-mudahan sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad saw, dimana beliaulah yang telah menunjukan manusia dari jalan yang dimurkai oleh Allah menuju kedalam jalan yang di ridhoi-Nya, yaitu dengan agama islam.

Hadirin sekalian yang berbahagia, kita telah mengetahui bahwasanya Nabi Nabi Muhammad saw adalah merupakan pemimpin umat islam sedunia, uswatun hasanah dalam tingkah lakunya serta merupakan Sayyidul Mursalin demikian juga termasuk Sayyidul Arabiya. Bahkan Nabi Muhammad saw adalah sebagai contoh dalam mementingkan umatnya daripada mementingkan pribadinya sendiri. Mengenai hal ini lebih jelasnya marilah kita perhatikan sabdanya, yang artinya:

"Tidak dinamakan orang muslim yang sempurna yang dalam keadaan kenyang akan tetapi tetangganya mengalami kelaparan"

Dan sebagai contoh dalam kasih sayangnya terhadap anak-anak, orang yang lemah, dan demikian juga terhadap orang yang dalam keadaan sakit. Hal ini sesuai dengan sabdanya, yang artinya:

"Bahkan termasuk orang yang memiliki belas kasih kepada anak-anak dan tidak memuliakan kepada orang yang lebih tua"

Demikian juga Nabi Muhammad saw mau mendatangi terhadap orang Islam yang dalam keadaan lemah dan mau menengok orang yang sakit dan mengantarkan jenasahnya.
Demikian juga Nabi Muhammad saw juga sebagai contoh dalam mengangkat derajatnya wanita sesuai dengan sabdanya, yang artinya:

"Tidak ada orang yang memuliakan kaum wanita kecuali orang yang mulia budi pekertinya. Tidak ada orang yang menghormati kaum wanita kecuali orang yang rendah budi pekertinya."

Hadirin sekalian yang berbahagia. Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf atas segala kesalahannya, Wal Afwuminkum.

Wassalamualaikum WR.WB

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema

 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Orang lain juga menelusuri

  • impromptu adalah
  • jelaskan tujuan orang melakukan pidato
  • bagaimana konsep urutan dari isi pidato
  • bagaimana melakukan pidato dengan baik
  • sebutkan langkah-langkah menulis pidato
  • sebutkan metode pidato 
  • contoh pidato lisan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato tentang covid-19
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato islami
  • contoh pidato pendidikan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato persuasif

 

Posting Komentar untuk "Teks Pidato Tentang Maulid Nabi Singkat dan Mudah di Hafal"