Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato Tentang Drugs ( Narkoba ) Bahasa Inggris Beserta Terjemahannya


Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak untuk menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar tertentu, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya. Pada hakikatnya pidato termasuk seni monolog dalam keterampilan berbicara. Pidato bersifat dua arah, yaitu pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya walaupun pembicara lebih banyak mendominasi pembicaraan. Lawan bicara harus mendengarkan pesan-pesan yang disampaikan pembicara baik berupa kata-kata (verbal) atau bukan kata-kata (non verbal) sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dipahami dengan sempurna. Pidato biasanya disampaikan oleh pemimpin atau orang yang dianggap penting untuk memberikan arahan atau nasihat kepada para pendengarnya, karena fungsi dari pidato adalah untuk memberikan informasi, nasihat, motivasi, peringatan, dan pengetahuan. Agar pidato kita bisa diterima dengan baik oleh audien, ucapan atau kalimat harus disusun dengan baik dan rapi sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku. Kalimat yang tersusun secara runut dan sistematis supaya enak didengarkan serta dapat memberikan kesan positif bagi orang yang mendengarkan.

 

Pidato juga dikatakan sebagai penyampaian pikiran secara lisan di depan penonton atau pendengar. Tujuan pidato dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Informatif

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Berupa petunjuk tentang sesuatu, pengarahan tentang masalah tertentu, dan penjelasan tentang obyek tertentu.

  • Rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur para pendengar. Saat menyampaikan pidato, orator perlu menyelipkan beberapa hiburan, sehingga pidato yang disampaikan dapat tercapai.

  • Persuasif

Tujuan pidato persuasif adalah untuk memengaruhi para pendengar. Pada saat menyampaikan informasi, orator perlu memengaruhi atau mengajak.

Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan oleh pendengar dalam kehidupannya sehari-hari.

 

Sistematika Pidato

  1. Pengantar:disampaikan untuk menarik perhatian pendengar serta memberikan gambaran tentang urutan penyajian.
  2. Isi pidato:untuk menyampaikan pernyataan tentang pokok-pokok permasalahan, mengajukan fakta-fakta untuk membuktikan masalah yang dibahas, dan menolak fakta-fakta yang berlawanan.
  3. Penutup: mengemukakan kesimpulan atau rekaputulasi dari sesuatu yang disampaikan secara bulat mengenai masalah yang dibicarakan.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Pidato Tentang Drugs ( Narkoba ) Bahasa Inggris Beserta Terjemahannya

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Honorable ones the Headmaster of SMK Musda Perbaungan, Mr/Ms Teachers and staff of SMK Musda Perbaungan and all of my beloved friends.

Before I begin to give a speech, I would like to invite you to thank to Allah the Almighty, Who has given us Mercy and Blessing, so we can meet together in this blessing place. And also I don’t forget to deliver sholawat and salam to our prophet Muhammad SAW, Who has brought us from the darkness to the brightness, so we are always in the right way.

Ladies and gentlemen.

Drug? What is that? I am sure you all already know, and may be better than me about what drug is and what the advantages and disadvantages are. Drugs actually are a medicine for anesthetize patients in surgery. But that perception was misapplied by some people.

Drugs have been misapplied by some people for a long time. Some people which use drugs beyond the medical treatment consider that drags can make them feel better when they facing some problems and for other reasons such as can make them feel easy to find new brilliant ideas or just for a pleasure.

The effect of drugs are not only dangerous for drugs user it self, with it’s big risks such as overdoses,  HIV/AIDS and some  damage in our brain and mental. Drugs are also dangerous for the people in surrounding us, such the example above. It opens our eyes that the usage of drugs beyond the medical treatments is profitless. Because drugs just lead us in the destruction for the user it self and for other people surrounding.

Dear ladies and gentlemen

But it is so sad, if we hear many young generation consume the drugs such as Heroin, cokain, Koplo, dextron, extacy, marijuana , just to be drunk, to get enjoyment, to get satisfaction, without think their future, they only think the temporary pleasure.

As moslems we have the guidance from the holy quran that drinking alcoholic drink is forbiden, and it is bad action, and despicable deed, as Allah Said in the holy qur’an : "ya ayyuhalladzina amanu innamal khomru walmaysir wal anshob wal azlam rijsummin amalisyton fajtanibuhu laalakum tuflihun." It means : "oh ye the believers actually alcoholic drink, gambling, and draw destiny is despicable from the evils action so avoid them, may be you will be the pleasure people.(almaidah verse : 90)"

Because the drugs or the alcoholic drink is so dangerous for our health, for our body, for our future. So we must keep a way from it. we must avoid it. Dont try to consume it, dont try to sell or buy it.

Those are what I can deliver to you at this moment, thank a lot for your attention and I ask forgiveness for my mistakes, and the last I say:

WasalamualaikumWarahmatullahi Wabarakatu

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat kepala sekolah SMK Musda Perbaungan, guru-guru serta pegawai SMK Musda Perbaungan dan teman-teman sekalian yang saya sayangi.

Sebelum saya menyampaikan sebuah pidato, saya ingin mengjaka kalian untuk bersyukur kehadiarat Allah yang maha kuasa, yang telah memberi kita rahmat dan hidayah, sehingga kita bisa bertemu bersama di tempat yang di berkati ini. Dan juga saya tidak lupa untuk menyampaikan sholawat dan salam kepada nabi kita Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari kegelapan ke ke jaman terang benerang, sehingga kita selalu berada di jalan yang benar.

Para hadirin yang terhormat.

Narkoba? Apa sih itu? Saya yakin anda sekalian sudah tahu, dan mungkin lebih baik dari pada saya tentang apa itu narkoba dan apa itu manfaat dan ketidakmanfaatannya. Narkoba sebenarnya adalah sebuah obat untuk membius pasien pada operasi. Tetapi persepsi tersebut disalah gunakan oleh sebagian orang.

Narkoba telah disalah gunakan oleh sebagian orang sudah sangat lama. Sebagian orang yang menggunakan narkoba di luar perawatan medis menganggap bahwa narkoba dapat membuat mereka merasa lebih baik ketika mereka menghadapi sejumlah masalah dan untuk alasan-alasan yang lain seperti dapat membuat mereka merasa mudah untuk menemukan ide-ide baru yang brillian atau hanya untuk kesenangan belaka.

Saya yakin anda tidak akan pernah melupakan tragedi terbaru di Tugu Tani, Jakarta, ketika seorang pengguna narkoba, Apriliani, mengendarai mobilnya dengan kecepatan tinggi dan menabrak pejalan kaki di sebuah halte. Itu sudah jelas membuktikan bahwa pengaruh narkoba, halusinasi dari pengguna narkoba lebih besar dari pada orang normal lainnya. Mereka tidak bisa membedakan antara dunia nyata dan dunia halusinasi dan menganggap segala hal disekelilingnya hanyalah sebuah mimpi dan bukanlah kenyataan.

Pengaruh narkoba tidak hanya berbahaya untuk pengguna narkobanya saja, dengan risiko besarnya seperti overdosis, HIV/AIDS dan beberapa kerusakan di otak dan mental, narkoba juga berbahaya untuk orang-orang di sekeliling kita, seperti contoh di atas. Itu membuka mata kita bahwa penggunaan narkoba di luar pelayanan medis tidak ada manfaatnya. Karena narkoba hanya menuntuk kita ke kehancuran untuk penggunanya dan untuk orang-orang di sekelilingnya.

Para hadirin yang terhormat.

Tapi sungguh sangat menyedihkan, jika kita mendengar banyak generasi muda mengkonsumis narkoba seperti Heroin, cokain, koplo, dextron, ektasi, ganja, hanya untuk mabuk, untuk mendapatkan kenikmatan, untuk mendapatkan kepuasan, tanpa memikirkan masa depan mereka, yang mereka pikirkan hanyalah kesenangan sementara.

Sebagai muslim kita mempunyai petunjuk dari Al-quran yang suci bahwa meminum minuman beralkohol dilarang, dan merupakan tindakan yang buruk, dan juga perbuatan tercela, sebagaiman Allah berfirman dalam Al-quran: "a ayyuhalladzina amanu innamal khomru walmaysir wal anshob wal azlam rijsummin amalisyton fajtanibuhu laalakum tuflihun." Yang berarti: "Hai orang-orang mukmin! Sesungguhnya arak dan judi dan berhala dan azlam adalah kotor berasal dari perbuatan setan; oleh krn itu jauhilah supaya kamu beruntung.(Al-maidah ayat: 90)"

Karena narkoba dan minuman beralkohol sangat berbahaya untuk kesehatan kita, untuk tubuh kita, untuk masa depan kita. Jadi kita harus menjauh darinya. Kita harus mencegahnya. Jangan coba untuk mengkonsumisnya, jagan coba untuk menjual atau membelinya.

Itu adalah apa yang saya bisa sampaikan untuk anda sekalian di kesempatan ini, terimakasih banyak untuk perhatiannya dan saya minta maaf untuk kesalahan-kesalahan saya, dan akhir kata:

WasalamualaikumWarahmatullahi Wabarakatu



 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema

 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Orang lain juga menelusuri

  • impromptu adalah
  • jelaskan tujuan orang melakukan pidato
  • bagaimana konsep urutan dari isi pidato
  • bagaimana melakukan pidato dengan baik
  • sebutkan langkah-langkah menulis pidato
  • sebutkan metode pidato 
  • contoh pidato lisan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato tentang covid-19
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato islami
  • contoh pidato pendidikan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato persuasif

Posting Komentar untuk "Pidato Tentang Drugs ( Narkoba ) Bahasa Inggris Beserta Terjemahannya"