Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tema Pendidikan di Indonesia Terbaru


Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang lain dalam jumlah yang banyak . contoh pidato yaitu pidato kenegaraan, pidato pembangkit semangat, pidato peringatan hari sumpah pemuda dan lain sebagainya.Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik didepan upublik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik.Kumpulan Pidato Lengkap

 

Pidato juga dikatakan sebagai penyampaian pikiran secara lisan di depan penonton atau pendengar. Tujuan pidato dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Informatif

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Berupa petunjuk tentang sesuatu, pengarahan tentang masalah tertentu, dan penjelasan tentang obyek tertentu.

  • Rekreatif

Pidato rekreatif bertujuan untuk menghibur para pendengar. Saat menyampaikan pidato, orator perlu menyelipkan beberapa hiburan, sehingga pidato yang disampaikan dapat tercapai.

  • Persuasif

Tujuan pidato persuasif adalah untuk memengaruhi para pendengar. Pada saat menyampaikan informasi, orator perlu memengaruhi atau mengajak.

Sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dan dilaksanakan oleh pendengar dalam kehidupannya sehari-hari.

 

Persiapan pidato

Sebelum berpidato didepan umum ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan siapkan diantaranya adalah

  1. Mengetahui wawasan pendengar pidato secara umum
  2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan.
  3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
  4. Mengetahui jenis pidato melalui tema acara,
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato dan lain sebagainya.


Kriteria Berpidato yang Baik

  1. Isinya sesuai dengan apa yang sedang berlangsung
  2. Bermanfaat bagi pendengar
  3. Isinya jelas dan benar serta objektif
  4. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
  5. Tersampaikan secara baik dan benar


Berikut Contoh Pidatonya:

 


Contoh Pidato Tema Pendidikan di Indonesia Terbaru

 

 Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Yang terhormat Bapak/Ibu guru, serta rekan-rekan yang saya bangakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur ke hadirat Illahi Rabbi, karena berkat rahmatNya lah kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, keluarganya, para sahabatnya, sampai pada kita selaku umatnya, aamiin Yaa Rabbal alamin.

Baiklah para hadirin, adapun maksud dan tujuan kita berada disini adalah tak lain untuk membahas mengenai masalah pendidikan di Indonesia

Pendidikan di Indonesia, diibaratkan sebagai mata uang yang memiliki dua sisi yang berbeda.

Ya, pendidikan di Indonesia saat ini tak jarang membuat kita merasa prihatin dengan kondisinya. Minimnya fasilitas, kurangnya tenaga kerja kependidikan, serta belum meratanya pendidikan itu sendiri di beberapa sudut negara ini. Miris rasanya melihat hal seperti ini di tengah perkembangan zaman yang semakin menunjukkan kemajuannya.

Namun pendidikan di Indonesia juga seringkali mengundang decak kagum masyarakat. Tanpa sorotan media massa, banyak tunas bangsa yang mempunyai porensi luar biasa dibalik kesederhanaan gaya hidupnya itu. Bukan hanya satu atau dua ajang olimpiade internasional yang telah kita ikuti, namun sudah terhitung banyak sekali, dan hasilnya sugguh luar biasa. Tak sedikit muda-mudi kita yang pulang membawa medali berlapiskan emas dan mereka telah mengharumkan nama negara kita di kancah internasional.

Sungguh dua sisi yang sangat bertolak belakang.

Dan yang sangat disayangkan adalah ketika kita, yang mendapat fasilitas lengkap, pengajar yang menjanjikan serta sistem pendidikan yang bisa dibilang sangat berkualitas kurang bisa memanfaatkannya.

Sebagai contoh, demonstrasi, unjuk rasa, dan bentrok di kalangan pelajar bukanlah hal yang aneh dilingkungan kita, yang hidup dalam kestabilan pendidikan. Coba bandingkan dengan mereka diseberang sana, yang bahkan untuk mencari air bersih pun mereka kesulitan. Nyatanya mereka hidup dalam kenyamanan sistem pendidikan yang ada disana.

Apakah mereka puas dengan segala fasilitas yang mereka dapatkan? Tidakkah mereka menginginkan pendidikan yang lebih dari apa yang sudah mereka dapatkan saat ini? Tentu saja mereka sangat menginginkannya. Tapi adakah mereka melakukan aksi turun ke jalan untuk mendapatkan itu semua? Tidak. Mereka menunggu tindakan nyata pemerintah dengan memanfaatkan yang telah mereka dapatkan.

Sedangkan kita? Menuntut dengan sikap radikal-anarkis. Apakah pemerintah diam saja dengan apa yang terjadi pada ketimpangan pendidikan ini? Apakah para pemegang kuasa lepas tangan dari kondisi ini? Lagi-lagi jawabannya adalah tidak. Seringkali kita menuntut, memojokkan, menjatuhkan, bahkan menyalahkan pemerintahan tentang apa yang terjadi saat ini, tanpa tahu apa dan seberapa besar usaha yang mereka lakukan untuk mengatasi ini semua.

Tindakan nyata pemerintah tentang perbaikan pendidikaan di Indonesia tidak akan membuahkan hasil, jika kita terus-terusan menuntut dengan kekerasan.

Rekan-rekan sekalian, maka dari itu mari kita dukung upaya pemerintah yang ingin memperbaiki pendidikan di Indonesia. Salah satunya dengan berhenti bersikap anarkis, yang pada kenyataannya tidaklah menyelesaikan permasalahan yang sedang kita hadapi.

Dan lagi, masalah pendidikan di Indonesia bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi kita juga turut andil dalam hal ini. Karena kita adalah penerus bangsa.

Mulai dari sekarang, stop kekerasan, ciptakan pendidikan untuk masa depan.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf atas segala kesalahan. Dan terimakasih atas perhatian rekan-rekan sekalian.


Wassalamualaikum WR.WB

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema

 

 

Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan .

 

Orang lain juga menelusuri

  • impromptu adalah
  • jelaskan tujuan orang melakukan pidato
  • bagaimana konsep urutan dari isi pidato
  • bagaimana melakukan pidato dengan baik
  • sebutkan langkah-langkah menulis pidato
  • sebutkan metode pidato 
  • contoh pidato lisan
  • contoh pidato tentang lingkungan
  • contoh pidato tentang covid-19
  • contoh pidato perpisahan
  • contoh pidato islami
  • contoh pidato pendidikan
  • contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan
  • contoh pidato persuasif

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tema Pendidikan di Indonesia Terbaru"