Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Hari Kartini dan Terjemahannya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Hari Kartini dan Terjemahannya       

English

Good morning ladies and gentlemen and also my dearest friends. Thank you for the time and opportunity that have been given to me this morning to talk about Kartini’s day. First of all I would like to give be together here in the good health.

Kartini Day is celebrated every 21st of April. The date is the birthday of the hero of women’s emancipation. Raden Ajeng Kartini is the national hero who fought for the rights of women. She brought change for Indonesian woman. Because of her, Indonesian people, especially women can achieve freedom and independence in the country of Indonesia. Kartini’s presence free the woman in Indonesia from bad culture in the colonial era such as not being able to go to school and not have the same rights as men. Because of Kartini’s ideas, women in Indonesia have equal opportunities and rights to get education and realize their goals.

Kartini was born and raised in a noble environment. Kartini received a pretty good education, unlike indigenous women who come from among ordinary people. She studied at the ELS (Europese Lagere School) until he was 12 years old. However, after that, Kartini is required to stay at home according to Javanese tradition. Nevertheless, Kartini continues to learn. She taught herself and corresponded by mail with her friends who came from the Netherlands. Because she was reading many references from Europe, Kartini wants the women of her country to be no longer oppressed and can go forward with men. Collection of Kartini letters are published with the title “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

From that time, Kartini’s action to promote women in Indonesia was began, including by establishing a school of women with the support of her husband. Unfortunately, Kartini died at a young age, which is 25 years old, a few days after giving birth to her first and last child. Kartini’s birthday, April 21, was commemorated every year to commemorate the struggle and devotion of the Indonesian women’s warriors.

Ladies and gentlemen and also my dearest friends, We all must be impressed with the figure of Raden Ajeng Kartini. Kartini has been the inspiration to all of us. The fight of her is very important for our country. In addition, there are now many modern-day Kartini Kartini like our mother, our teachers, and the women around us. The women work hard for the life. By imitating the figure of R.A Kartini, we can take the action to continue the fight and ideals of Ibu Kartini to save the women. It is because today there are still many women who need help and need the new Kartini who fight for their rights. Therefore, let us try to learn the attitude and behavior of Kartini.

Therefore, we should not be lazy to study. Not only women, but also men. We can all participate so that the nation of Indonesia becomes a better nation. Just imagine Kartini was struggling to fight for education, so we should not waste it just like that. We have to be a good generation that can make our parents and friends around us proud. Do not give up easily.

Ladies and gentlemen and also my dearest friends, this is the end of my speech about Kartini. I hope we can all be better generations. Finally I apologize if there is the mistake in this speech. Thank you for your attention.

Indonesian

Selamat pagi bapak ibu dan juga teman-teman yang saya cintai. Terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya pada pagi hari ini untuk berbicara tentang hari Kartini. Pertama-tama saya ingin mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat karunia yang diberikan kepada kita semua sehingga kita dapat kembali berkumpul bersama dalam keadaan sehat.

Hari kartini di peringati setiap tanggal 21 April. Tanggal tersebut merupakan hari kelahiran sang pahlawan emansipasi wanita. Raden Ajeng Kartini adalah pahlawan bangsa yang memperjuangkan hak asasi wanita. Kartini telah membawa perubahan untuk kaum wanita di Indonesia. Atas perjuangannya, rakyat Indonesia, khususnya wanita dapat meraih kebebasan dan keberdekaan. Kehadiran Kartini mungkin yang membuat wanita bebas dari budaya yang tidak baik pada zaman penjajahan seperti misalnya tidak boleh bersekolah dan tidak mempunyai hak yang sama seperti laki-laki. Berkat pemikiran Kartini, kaum wanita di Indonesia punya kesempatan dan hak yang sama untuk memperoleh pendidikan dan mewujudkan cita-citanya.

Kartini lahir dan besar di lingkungan bangsawan. Kartini memperoleh pendidikan yang cukup baik, tidak seperti kaum perempuan pribumi yang berasal dari kalangan rakyat biasa. Ia menempuh pendidikan di ELS (Europese Lagere School) hingga usianya menginjak 12 tahun. Namun, setelah itu, Kartini diwajibkan berdiam di rumah sesuai tradisi Jawa. Meskipun demikian, Kartini tetap terus belajar. Ia belajar sendiri dan berkorespondensi melalui surat dengan teman-temannya yang berasal dari Belanda. Berkat membaca banyak referensi dari Eropa, Kartini ingin agar kaum perempuan sebangsanya tidak lagi tertindas dan bisa ikut maju bersama-sama kaum pria. Kumpulan surat-surat Kartini itulah yang kelak diterbitkan dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Dari situlah kemudian, perjuangan Kartini untuk memajukan kaum wanita di Indonesia dimulai, termasuk dengan mendirikan sekolah wanita dengan dukungan sang suami. Sayangnya, Kartini meninggal dunia di usia muda, yaitu 25 tahun, beberapa hari setelah melahirkan anak pertama sekaligus terakhirnya. Tanggal lahir Kartini, yakni 21 April, pun diperingati setiap tahunnya untuk mengenang perjuangan dan pengabdiannya.

Bapak ibu dan juga teman-teman yang saya cintai, Kita semua pasti kagum dengan sosok Raden Ajeng Kartini. Kartini telah menjadi inspirasi bagi kita semua. Perjuangan sangat penting bagi Negara kita. Selain itu, sekarang banyak juga Kartini-Kartini era modern seperti misalya ibu kita, guru kita, dan wanita-wanita disekitar kita. Para wanita tersebut giat bekerja tanpa kenal lelah. Dengan mencontoh sosok R.A Kartini, kita bisa berjuang untuk melanjutkan perjuangan dan cita – cita Ibu Kartini untuk menyelamatkan kaum perempuan. Hal ini dikarenakan saat ini masih banyak perempuan yang membutuhkan bantuan dan membutuhkan ibu-ibu Kartini baru yang bermunculan untuk memperjuangkan hak-hak mereka. Oleh karena itu, marilah kita meneladani sikap dan perilaku Ibu Kartini.

Oleh karena itu, kita tidak boleh malas belajar. TIdak hanya perempuan, tapi juga kaum laki-laki. Kita semua bisa turut berpartisipasi agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik lagi. Bayangkan saja ibu Kartini sudah bersusah payah memperjuangkan pendidikan, jadi kita tidak boleh menyia-nyiakannya begitu saja. Kita harus menjadi generasi yang baik yang bisa membanggakan orang tua kita dan juga teman-teman di sekitar kita. Jangan mudah menyerah.

Bapak ibu dan teman teman sekalian, sekian pidato dari saya tentang Kartini. Saya harap kita semua bisa menjadi generasi yang lebih baik. Akhir kata saya ucapakan maaf jika ada salah-salah kata. Terima kasih atas perhatiannya.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Hari Kartini dan Terjemahannya"