Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Peringatan Sumpah Pemuda dan Terjemahannya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Peringatan Sumpah Pemuda dan Terjemahannya   

English

Assalamualaikum wr. Wb

First of all, Let us be grateful for the chance to be able to stand here in a healthy body and mind in this nice morning, all thanks to the Almighty Allah SWT. I also would like to thank my respectable teachers and my beloved friends here for taking their little time to sit here listening to my short speech.

Today we celebrate Youth Pledge day in which on this date, exactly ninety years ago, the Indonesian youth pledged and declared for one motherland, one nation and one language. With this declaration, there was also “Indonesia Raya” song, the Indonesian national anthem created by W.R. Soepratman, played for the first time. It is a very importance moment in Indonesia history. If we look back to the hard time of the struggle in fighting for the independence of this country, Indonesian young men had so many enthusiasms to fight for Indonesian independence. They did not hesitant to do anything in their power for their country. And we as their legacy, must continue their fight. Because the fight did not stop when the Independence was already in our hands. There are so many things to do for our country for it to grow and to be prosperous. So, what can we do?

The first most important thing to do is that we must be proud of our country. We live in the globalization era where the cultures from all around the world mixed with ours. Even, sometimes Indonesian youth these days has adopted those cultures and left our culture behind. Like the way they act, how they dress, and also their way of thinking. They have been too influenced with the outside cultures and I am afraid that they will eventually forget their culture where they were first brought to. It is time we are proud of our own culture. It is an invaluable inheritance that must be preserved. If we open our mind to look closely, we will find that our culture is more exquisite than others. It is alright to adopt some of the outside cultures, but do not forget our hard earned culture.

Youth Pledge day reminds us, over and over again to realize that, even when the years has passed, even when we have already adopted many outside cultures, we have to be proud of our country, the place where we were born. And if we are already proud of our country, then the next step is easy, dream high. Yes, it might be not related at a first glance. After all, what benefit would our dream bring to the country. But our proud feeling, whether we know it or not, will influence our thinking, and consequently, our dreams. Say that one of my friends here wants to be a doctor. Someday she or he will become a doctor. A doctor who is proud of her or his country will do the best on his or her work and will then make the country proud. It is really a nice circle, isn’t it.

Well, that all that I can deliver in my speech today. Be proud and dream high, those are a little piece of mind on how to continue the legacy of the Indonesian Youth who had bravely declare and declared for one motherland, one nation and one language. Thank you for your attention,

Wassalamualaikum wr. Wb.

Indonesian

Assalamualaikum wr. Wb

Pertama-tama, mari kita bersyukur atas kesempatan untuk dapat berdiri di sini dalam tubuh dan pikiran yang sehat di pagi yang menyenangkan ini, semua berkat Yang Maha Esa, Allah SWT. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang hormati dan teman-teman saya sayangi di sini karena telah menyempatkan diri untuk duduk di sini mendengarkan pidato singkat saya.

Hari ini kita merayakan hari Sumpah Pemuda dimana pada tanggal ini tepatnya sembilan puluh tahun yang lalu, pemuda Indonesia berjanji dan mendeklarasikan untuk satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Dengan deklarasi ini, ada juga lagu “Indonesia Raya”, lagu kebangsaan Indonesia yang dibuat oleh W.R. Soepratman, dimainkan untuk pertama kalinya. Ini adalah momen yang sangat penting dalam sejarah Indonesia. Jika kita melihat kembali masa sulit perjuangan memperjuangkan kemerdekaan negeri ini, pemuda Indonesia memiliki begitu banyak antusiasme untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mereka tidak ragu untuk melakukan apapun dengan segala kemampuan mereka untuk negara mereka. Dan kita sebagai pewaris mereka, harus terus berjuang. Karena perjuangan tidak berhenti saat Kemerdekaan sudah ada di tangan kita. Ada banyak hal yang harus dilakukan agar negara kita dapat tumbuh dan menjadi makmur. Jadi apa yang bisa kita lakukan?

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah kita harus bangga dengan negara kita. Kita hidup di era globalisasi dimana budaya dari seluruh dunia bercampur dengan budaya kita. Bahkan, terkadang remaja Indonesia dewasa ini telah mengadopsi budaya tersebut dan meninggalkan budaya kita. Seperti cara mereka bertindak, bagaimana mereka berpakaian, dan juga cara berfikir mereka. Mereka terlalu dipengaruhi oleh budaya luar dan saya takut akhirnya melupakan budaya asli mereka. Sudah saatnya kita bangga dengan budaya kita sendiri. Budaya Indonesia adalah warisan yang tak ternilai harganya yang harus dipertahankan. Jika kita membuka pikiran kita untuk melihat dari dekat, kita akan temukan bahwa budaya kita lebih indah daripada yang lain. Tidak apa-apa untuk mengadopsi beberapa budaya luar, tapi jangan lupakan budaya yang sudah kita perjuangkan dengan susah payah.

Hari Sumpah Pemuda mengingatkan kita, berulang-ulang menyadari bahwa, bahkan ketika tahun-tahun berlalu, bahkan ketika kita telah mengadopsi banyak budaya luar, kita harus bangga dengan negara kita, tempat kita dilahirkan. Dan jika kita sudah bangga dengan negara kita, maka langkah selanjutnya sangat mudah, bermimpi yang tinggi. Ya, mungkin sekilas kedua hal itu tidak terkait. lagipula, apa manfaat yang impian kita akan berikan ke negara ini. Tapi perasaan bangga kita, tanpa kita sadari, akan mempengaruhi pemikiran kita, dan kemudian, impian kita. Katakan bahwa salah satu teman saya di sini ingin menjadi dokter. Suatu hari nanti dia akan menjadi dokter. Seorang dokter yang bangga dengan dirinya atau negaranya akan melakukan yang terbaik dalam pekerjaannya dan kemudian akan membuat negara ini bangga. Ini benar-benar lingkaran yang bagus, bukan?

Maka, itu semua yang bisa saya sampaikan dalam pidato saya hari ini. Berbangga dan bermimpilah yang tinggi, itu adalah sedikit gagasan tentang bagaimana melanjutkan warisan Pemuda Indonesia yang dengan berani menyatakan untuk satu tanah air, satu negara dan satu bahasa. Terimakasih atas perhatiannya,

Wassalamualaikum wr. Wb.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Peringatan Sumpah Pemuda dan Terjemahannya"