Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Pentingnya Kejujuran dan Terjemahannya


Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya diantaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik atau umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik. ..Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

  Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Pentingnya Kejujuran dan Terjemahannya   

English

Good morning ladies and gentlemen and also my dearest friends. Thank you for the time and opportunity that have been given to me this morning to talk about honesty. First of all I would like to give be together here in the good health.

Ladies and gentlemen and also my dearest friends, honesty is a very important thing in life. Honesty is a very good attitude that we must apply in everyday life. Honesty can be interpreted as sincerity, not lie, straight heart, trustworthy words and not cheating. Honesty is part of the positive nature of human beings. Honesty is part of the self-esteem that must be maintained because of high value. Honesty is an inherent trait in a person and is an important thing to do in everyday life.

If we are dishonest, then we must strive to build the character education so that we do not continue to lie. Schools should be an example to apply honesty. But it seems there are still many students who are not honest in school for example by cheating. The “cheat” culture is increasingly and become the daily habit of the students in Indonesia. Yet cheating is a bad habit because they have acted dishonestly. At the time of the test there are some students who glanced at his friend’s answer, some even asked his friend when the teacher was not careless. The factor that causes the culture of cheating is still ongoing until now, maybe because they have not study before or because they have not understood the material in the test. But it is only done by some children who are not aware of the importance of honesty. Imagine what would happen to our country Indonesia if the successors are the master cheaters of corrupt candidates? Surely our country is getting worse and its fate is getting bleaker. We should tell ourselves that honesty is better than everything.

Besides cheating, there are many things that can be said as dishonesty such as lying. Lying is to say something that there is no fact or basic reality. Lying can happen because of the influence of compulsion. Lying that is done once or twice will lead to continuous lies, for example we lie once about a matter, we can lie again to cover up the lies we did before. In addition to lying we as learners may often cheat, such as stealing. Stealing is taking someone else’s property secretly and not acknowledging it. There are many more examples of dishonesty around us.

Therefore, we must keep the honest attitude within ourselves. We must also be proactive if we see any dishonest events around us. Being honest will lead us to better things. When in everyday life behave dishonestly, then we will lose the trust of the people closest to us. That is a bad thing, because if we do not have friends anymore, our lives will be really hard. Besides honesty will also help us become a better person. Once again, telling the truth is the ultimate key to a happy life.

Ladies and gentlemen and also my dearest friends, this is the end of my speech about honesty. I hope we all can be honest wherever we are. Finally I do apologize if there is any mistakes. Thank you so much for the attention.

Indonesian

Selamat pagi bapak ibu dan juga teman-teman yang saya cintai. Terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya pada pagi hari ini untuk berbicara tentang topik yang sangat penting yaitu kejujuran. Pertama-tama saya ingin mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat karunia yang diberikan kepada kita semua sehingga kita dapat kembali berkumpul bersama dalam keadaan sehat.

Bapak ibu dan juga teman-teman yang saya cintai, kejujuran merupakan hal yang sangat penting dalam aspek kehidupan. Kejujuran adalah sikap baik yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kejujuran dapat diartikan sebagai ketulusan hati, tidak berbohong, dapat dipercaya kata-katanya dan tidak melakukan curang Kejujuran merupakan bagian dari sifat positif manusia. Kejujuran adalah bagian dari harga diri yang harus dijaga karena bernilai mahal. Kejujuran adalah sifat yang ada dalam diri seseorang dan merupakan hal penting untuk dilakukan dalam kehidupan kita.

Jika dalam diri kita telah tertanam sifat jelek yaitu ketidakjujuran atau kebohongan, maka kita harus menanamkan pendidikan karakter agar kita tidak terus menerus berbohong. Sekolah harus dapat menjadi contoh untuk menerapkan kejujuran. Namun sepertinya masih banyak pelajar yang tidak jujur disekolah misalnya dengan mencontek. Budaya “mencontek” semakin menjadi bahkan seperti makanan sehari-hari. Padahal mencontek merupakan kebiasaan yang tidak baik karena itu adalah tindakan tidak jujur. Pada saat ulangan, beberapa siswa melihat jawaban temannya, bahkan ada yang bertanya jawaban secara terang-terangan kepada temannya ketika gurunya sedang lengah. Entah faktor apa yang menyebabkan budaya mencontek masih berlangsung hingga saat ini, mungkin mereka kurang belajar, atau mereka belum memahami materi yang di ujikan. Tetapi hal tersebut hanya dilakukan oleh beberapa anak yang belum sadar akan pentingnya kejujuran. Bayangkan apa jadinya negara kita Indonesia jika para penerusnya adalah pencontek? Pasti negara kita semakin mundur. Kita harus sadar bahwa kejujuran adalah segalanya.

Selain mencontek ada banyak lagi sifat ketidak jujuran seperti misalnya berbohong. Bohong adalah mengatakan sesuatu yang tidak ada fakta atau dasar realitasnya. Berbohong dapat terjadi karena keterpaksaan. Berbohong yang dilakukan satu atau dua kali akan membawa kebohongan yang terus-menerus, misalnya kita berbohong satu kali tentang suatu hal, kita dapat melakukan kebohongan lagi untuk menutupi kebohongan yang kita lakukan sebelumnya. Selain berbohong kita sebagai pelajar mungkin sering berlaku curang, misalnya mencuri. Mencuri adalah mengambil barang hak milik orang lain secara sembunyi-sembunyi dan tidak mengakuinya. Masih banyak lagi contoh-contoh ketidak jujuran yang ada di sekeliling kita.

Oleh karena itu, kita harus menanamkan sikap jujur didalam diri kita. Kita juga harus bersikap proaktif jika melihat ada kejadian yang tidak jujur disekitar kita. Bersikap jujur akan membawa kita pada hal yang lebih baik. Bila dalam kehidupan sehari-hari berperilaku tidak jujur, maka kita akan kehilangan kepercayaan dari teman-teman kita. Hal itu adalah hal yang buruk, karena jika kita tidak mempunyai teman lagi, hidup kita akan terasa berat. Selain itu kejujuran juga akan membantu kita menjadi orang yang lebih baik. Sekali lagi, berkata jujur adalah kunci utama untuk hidup bahagia.

Bapak ibu dan juga teman teman sekalian, inilah akhir dari pidato saya tentang kejujuran. Saya harap kita semua dapat bersikap jujur dimanapun kita berada. AKhir kata saya ucapkan maaf jika saya ada salah-salah kata. Terima kasih atas perhatiannya.

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema


Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

Posting Komentar untuk "Naskah Pidato Bahasa Inggris Tentang Pentingnya Kejujuran dan Terjemahannya"