Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Pidato Tentang Berbabakti Kepada Orang Tua


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Teks Pidato Tentang Berbabakti Kepada Orang Tua

 

Assalamualaikum WR.WB

.

Pertama marilah sama-sama kita mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang dengan Pengasih dan penyayang-Nya itu diciptakan-Nya tujuh lapis langit tanpa tiang tujuh lapis bumi sebagai hamparan kekuasaan, dan di sana bernaung hamba-hamba-Nya tunduk dibawah kekuasaan-Nya tunduk tanpa pangkat sujud tanpa derajat dan di sana pula mereka bernaung diatas puing-puing kehancuran dan tidak sedikit diatas kemelaratan.

Kaum muslimin muslimat yang berbahagia

            Kewajiban seseorang setelah beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya adalah berbakti kepada kedua orang tua. Orang tua  yang melahirkan kita kedunia, dan mengasuh kita dari kita kecil hingga dewasa, bahkan orang tua yang mengajarkan kita tentang akhlak dan agama, sehingga kita bisa di terima oleh masyarakat. Sesuai dengan Firman Allah SWT dalam surat Al-Luqman : 14

.

Artinya: Dan kami perintahkankepada manusia (berbuat baik)  kepada dua orang ibu-bapaknya, ibunya telah mengandungnya alam keadaan lemah hyang bertambah-tambah dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu-bapakmu, hnya kepada-Kulah kembalimu.(Q.S Luqman:14)

Dari ayat diatas dapat kita ambil maknanya, bahwa kita benar-benar di perintahkan oleh Allah SWT untuk berbakti kpada kedua orang tua kita , terutama ibu yang telah mengandung selama Sembilan bulan sepuluh hari, menahan lelah, kesakitan, dan selalu menahan apa yang dirasakannya tetapi dia tetap tersenyum dan bahagia.

Setelah lair ibu merasa bahagia melihat tangisan dan seyuman bayinya, bahkan saat malam tiba ia rela terbangun demi kenyenyakan buah hatinya. Betapa besar pengorbanan ibu kepada kita. Tidak hanya sampai disitu, pada saat kita dewasa pun orang tua kita tetap memberikan kasih saying kepada kita, membimbing, mengajarkan kita akan maknanya hidup ini.

Tidak hanya ibu, ayah juga demikian ayah mencari nafkah, bekerja dari pagi sampai siang demi mengidupi keluarga dengan sesuap nasi, menjaga ketenangan dan kenyamanan keluarganya.

Maka oleh karena itu, kita harus berbakti kepada orang tua dan juga kita harus mengharapkan ridho orang tua dari setiap apa yang kita lakukan, tidak durhaka kepadanya. Sebagaimana hadis Nabi :

 

Artinya : ridho Allah SWT tergantung pada ridho kedua orang tua dan murka Allah SWt tergantung pada murka orang tua (HR Turmudzi dari Ibnu Amr).

            Hadis diatas menekankan bahwa berbakti kepada kedua orang tua merupakan kewajiban setiap anak, bahwa dalam ahadis diatas juga di terangkan Ridho Allah tergantung pada rodho orang tua, begitu juga sebaliknya, maka selalulah mencari Ridho Allah dan ridho orang tua sebagai lading amal di dunia dan akhirat, janganlah mencari murka Allah dan selalu mengerjakan perintah-Nya, dan berbaktilah keapad orang tua dengan tidak melukai perasaannya.

Kaum Muslimin, muslimat yang berbahagia

Berbakti kepada orang tua dapat kita kaitkan dengan kisah salah seorang Nabi, yaitu nabi Ismail AS yang dikenal dengan ketaatan dan kecintaannya kepada Allah dan orang tuanya. Nabi Ismail ASselalu melaksanakan perintah Allah tanpa ragu sedikit pun, dan selalu menjauhi larangan-nya. Begitu juga dengan berbakti kepada orang tuanya. Dia senantiasa mentaati orang tua selama perintah orang tua tidak bertentangan dengan agama, bahkan ketika Allah SWT menyuruh ayahnya Nabi Ibrahim AS untuk menyembelih Ismail AS, Nabi Ismail AS tetap menjalankannya karena itu perintah dari Allah Swt, dan dengan ketulusan hati terhadap perintah Allah dan berbakti kepada orang tuanya, ketika hendak disembelih Nabi Ismail AS diganti dengan seekor kambing yang besar, dan kisah inilah awal mulanya perintah berkurban.

Jadi apa kaitannya kisah Nabi Ismail dengan berbakti kepada orang tua ??????????

            Nabi Ismail tetap menjalankan apa yang diperintahkan kepadanya dengan senang hati. Maka kita sebagai anak hendaklah meniru perbuatan Nabi Ismail AS. Kita sebagai anak jangan lah melukai perasaan orang tua dengan menyinggungnya, berkata-kata kotor, karena itu adlah perbuatan yang menjerumuskan kita kepada neraka dan tidak mendapatkan pahala disisi Allah SWT baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk itu kita sebagai anak hendaklah :

Selalu menjalankan apa yang diperintahkan orang tua selagi perintah itu tidak bertentangan dengan ajaran agama islam.

Selalu membahagiakan orang tua

Selalu mendoakan mereka

Semua apa yang kita lakukan agar mendapatkan pahala dan ridho daro Allah SWT

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan . mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian. Sebelum saya tutup saya berpesan :

.

Yang artinya perhatikanlah apa yang dibicarakan jangan perhatikan siapa yang berbicara

Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Jika ada kata-kata saya yang salah mohon di maafkan, karena sesungguhnya kesempurnaan hanyalah milik Allah semata.
Assalamu ‘alikum wr.wb

 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Tentang Berbabakti Kepada Orang Tua"