Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Bertemakan Golput No Way


Pidato adalah suatu kegiatan berupa ucapan dengan susunan yang baik untuk menyampaikan gagasan kepada orang banyak. Pidato bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mengikuti kemauan atau maksud kita dengan suka rela. Pidato juga merupakan suatu kegiatan untuk berorasi di depan umum...Kumpulan Pidato Lengkap

Adapun unsur-unsur dalam pidato yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Salam pembuka
  3. Sapaan
  4. Puji syukur
  5. Isi pidato
  6. Penutup pidato
  7. Salam penutup
 

Ciri pidato yang baik

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri pidato yang baik:

  • Tujuan pidatonya jelas

Sebelum menyusun teks dan berpidato, harus ditentukan terlebih dahulu tujuan jelas yang ingin dicapai. Tujuan tersebut bisa bersifat mengajak, memberi tahu atau menginformasikan, melaporkan berbagai hal, dan lain sebagainya.

Contoh tujuan pidato yang jelas, yaitu pidato ditujukan untuk menyadarkan serta mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan gaya hidup yang bersih dan sehat.

  • Isi pidato memuat kebenaran

Pidato dilakukan di depan orang lain atau di depan umum, maka dari itu penting untuk menyusun isi pidato berdasarkan kebenaran, seperti menyampaikan data atau temuan fakta.

Tujuannya agar tidak menjadi kabar bohong. Contohnya jika berpidato tentang gaya hidup sehat, bisa diberi data penting yang bersumber dari hasil penelitian.

  • Pidato disampaikan dengan jelas dan menarik

Pidato harus disampaikan dengan cara yang jelas dan menarik. Agar pendengar bisa tetap fokus dan lebih mudah memahami isi teks pidato. Contohnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

  • Intonasi, artikulasi serta volume harus jelas

Dalam penyampaian pidato, penggunaan bahasa sangat penting. Namun, hal ini harus diikuti dengan intonasi, artikulasi serta volume yang jelas.

Contohnya intonasi saat berpidato dengan memperhatikan tanda baca. Artikulasi saat berpidato, misalnya melafalkan huruf konsonan dan vokal dengan jelas. Volume harus disesuaikan, kapan harus keras atau semangat dan kapan harus pelan.

  • Penyampaian pidato disesuaikan dengan latar belakang pendengarnya

Latar belakang pendengar harus diketahui terlebih dahulu sebelum berpidato. Hal ini diperlukan untuk menentukan penggunaan bahasa, tujuan, tema pidato, serta gaya penyampaian.

Contohnya jika berpidato di depan anak-anak, gaya penyampaiannya harus lebih cerita serta bahasanya harus lebih mudah dimengerti. Sedangkan jika berpidato di depan orang dewasa, gaya penyampaiannya lebih formal dan menggunakan bahasa baku.

  • Suasa efektif saat berpidato

Saat berpidato, suasana efektif sebisa mungkin harus diciptakan. Misalnya tema pidato tentang ajakan memberantas korupsi, maka orator (orang yang berpidato) harus menyampaikannya dengan menggebu-gebu agar pendengarnya juga ikut bersemangat.


Berikut Contoh Pidatonya:

 

Contoh Pidato Bertemakan Golput No Way

Assalamuaalaikum warahmatullahi wabarakatuh Salam sejahtera bagi kita semua

Yang terhormat Bapak Dony Setiawan

Yang saya banggakan rekan-rekan mahasiswa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah yang Maha Kuasa, karena atas berkat dan rahmatnya kita dapat berkumpul di tempat ini.

Pada hari yang berbahagia ini, izinkanlah saya untuk menyampaikan sepatah-dua patah kata dalam seminar yang bertemakan golput,no way!! kali ini.

Pelaksanaan Pemilihan Umum 2014 sudah semakin dekat. Ini menjadikan Pemilu menjadi isu yang seksi di berbagai media massa. Hampir semua media massa baik itu cetak, elektronik, dan online menjadikan masalah Pemilu sebagai topik utama(headline).

Masalah yang dibahas mulai dari proses seleksi dan pemilihan parpol peserta Pemilu, profil calon legislatif maupun calon presiden yang akan turun gelanggang dalam kontestasi Pemilu,dan proses penentuan daftar pemilih tetap. Namun, yang menjadi isu hangat saat ini dan masih dicari solusinya adalah masih banyaknya orang yang memutuskan menjadi golongan putih.

Saudara-saudara,

Apa itu sebenarnya golongan putih? golongan putih ini didentikkan dengan mereka yang tidak menggunakan hak pilihnya dalam proses pemilihan umum. Banyak alasan yang jadi pembenaran perihal kealpaan mereka dalam berpartisipasi dalam Pemilu.

Kita mungkin bisa memaklumi kalau hal itu disebabkan oleh tidak terdaftarnya mereka sebagai peserta pemilu, tetapi jika kita benar-benar memiliki keinginan untuk berpartisipasi, dalam hal ini KPU telah memberi ruang kepada kita untuk bersifat proaktif melaporkan hal tersebut kepada petugas dengan menyertakan Kartu Tanda Penduduk.Namun, ini bukan alasan utama banyaknya golput.

Celakanya yang menyumbang sebagian besar golput cenderung karena alasan politis.

Pertama, Mereka memilih golput karena tidak mengetahui atau dalam tanda kutip tidak mau tahu tentang profil dan latar belakang calon tersebut .Padahal dunia yang telah memasuki arus globalisasi seperti sekarang ini kita bisa dengan mudahnya mencari informasi apapun itu, bahkan sekarang KPU sebagai penyelenggara sudah memfasilitasi dengan menyediakan informasi tentang para calon legislatif di website resmi mereka.

Kedua, Banyaknya wakil rakyat yang menyimpang seperti obral janji kampanye tanpa bukti dan korupsi membuat menurunnya kepercayaan masyarakat. Hal ini membuat timbul opini yang menggeneralisasi , bahwa sudah tidak ada lagi orang yang baik di negeri ini. Padahal masih banyak orang-orang yang bekerja secara ikhlas dan tidak menjadi maling di negeri ini. Sayangnya mereka mungkin tidak tersorot oleh sorot media.

Ketiga, Mereka tidak memilih karena merasa kondisi bangsa ini sudah sedemikian terpuruknya, sehingga mereka beranggapan siapapun yang terpilih tidak akan mampu merubah keadaan bangsa yang sedemikian merosotnya. Mereka telah banyak memendam kekecewaan, orang yang mereka anggap baik dan mampu mengemban amanah menjadi representasi mereka, bukannya melakukan perubahan malahan mereka juga terseret ke dalam pusaran kekuasaan dan ikut terjebak dan menikmati permainan kotor yang dilakonkan.

Dari Ketiga alasan tersebut bisa dikatakan bahwa makin mewabahnya virus pesimisme di negera ini. Tidak seharusnya kita pesimis terhadap bangsa ini, kita harus terus bergerak maju dan optimis karena masih ada secercah harapan bangsa ini, di pundak begitu banyak orang baik di seluruh negeri ini.

Saudara-saudara,

Kalau kita sedikit melirik ke belakang , dua Pemilu terkini yaitu Pemilu 2004 dan Pemilu 2009 tren golput cenderung meningkat dengan persentase yang cukup mencengangkan. Pada tahun 2004 saja jumlah golput mencapai 34.509.246 orang, terdiri dari pemilih terdaftar yang tidak datang ke TPS 23.551.321 orang , ditambah suara tidak sah 10.957.925 orang. Persentasenya 23,34 persen terhadap total pemilih terdaftar. Sedangkan pada tahun 2009, 66.900.215 orang tidak menggunakan hak suaranya. Persentasenya mencapai 39,1 persen dari total pemilih terdaftar. Jumlah ini belum ditambah lagi mereka yang tidak ada dalam daftar pemilih.

Masalah kurangnya partisipasi ini tentu sangat berpengaruh dengan legitimasi dari hasil pemilu itu sendiri. Terkadang kita hanya bisa melontarkan kritikan dan ingin menggulingkan pemerintahan yang terpilih dari proses pemilu dan cara yang sah menurut konstitusi.Namun, tidakkah kita sadar itu merupakan implikasi dari perbuatan kita yang telah memilih golput.

Saudara-saudara,

Memang betul memilih merupakan sebuah hak dan bukan kewajiban. Tetapi apakah kita tega melihat nasib bangsa kita seperti ini?

Pada Pemilu 2014, Jumlah pemilih pemula adalah 30 persen dari total pemilih secara keseluruhan. Mari Kita manfaatkan potensi yang besar ini dengan menggunakan hak pilih kita ini sebaik-baiknya. Jangan biarkan orang-orang yang tidak memiliki kompetensi dan mungkin hanya mengandalkan modal finansial semata dengan mudah melenggang menuju tampuk kekuasaan.

Ayo, kita bersama-sama berikan ruang bagi orang yang mampu dan mau bekerja secara ikhlas untuk kemajuan bangsa ini.Sebagai salah satu bagian dari kontribusi kita kepada negeri tercinta……

Demikian penyampaian saya pada kesempatan kali ini. Apabila ada kesalahan dalam tutur kata ataupun hal lain yang kurang berkenan di hati-hati saudara, saya memohon maaf sebesar-besarnya.

Terima Kasih atas Perhatian Saudara sekalian, wabillahi taufik wal hidayah

Assalamuaalaikum warahmatullahi wabarakatuh
 

 

beberapa contoh yang merupakan teks pidato. Semua contoh meliputi tentang pidato bahaya narkoba, pidato perpisahan, pidato kebersihan, pidato pendidikan, dan yang terakhir pidato moral atau pendidikan karakter. Contoh pidato bahasa jawa tentang narkoba, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh bahasa jawa tentang kebersihan, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, dll.Dari mulai contoh yang pertama hingga akhir silahkan bisa dijadikan untuk referensi bagi yang membutuhkan.

 

 Contoh Naskah Pidato Singkat dalam Berbagai Tema



Banyak sekali Contoh pidato yang tersedia disini dari Contoh pidato bahasa jawa, Contoh Pidato Bahasa Sunda, contoh pidato bahasa inggris singkat, contoh pidato bahasa inggris tentang pendidikan
,contoh pidato bahasa inggris tentang covid-19, pidato bahasa inggris tentang akhlak, contoh pidato bahasa inggris singkat tentang islam, materipedia.my.id, pidato bahasa inggris singkat tentang pendidikan, contoh pidato bahasa inggris tentang lingkungan, contoh pidato bahasa inggris tentang menjadi diri sendiri, contoh pidato bahasa jawa tentang pendidikan, contoh pidato bahasa jawa tentang covid-19, contoh pidato bahasa jawa tentang perpisahan, contoh pidato bahasa jawa tentang menuntut ilmu, contoh pidato bahasa jawa tentang kesehatan, pidato bahasa jawa tengah, pidato bahasa jawa krama, pidato bahasa jawa singkat tentang kebersihan . pidato bahasa sunda tentang pendidikàn, pidato bahasa sunda tentang kebersihan ,pidato bahasa sunda tentang perpisahan, pidato bahasa sunda tentang corona , pidato bahasa sunda tentang pendidikan, pidato bahasa sunda tentang akhlak, pidato bahasa sunda tentang bersyukur, pidato bahasa sunda lucu. pidato bahasa arab tentang pendidikan,pidato bahasa arab singkat dan pendek,pidato bahasa arab latin, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato bahasa arab tentang ilmu, pidato bahasa arab tentang ibu, teks pidato bahasa arab tentang akhlak, pidato bahasa arab tentang kebersihan, pidato bahasa jepang, pidato bahasa korea tentang pendidikan, pidato bahasa arab, pidato bahasa korea tentang islam, pidato bahasa thailand, pidato bahasa inggris
pidato bahasa cina, teks bahasa korea, pidato bahasa Jerman, pidato bahasa Belanda, Pidato Bahasa Malaysia,

 

Selalu Kunjungin Selalu materipedia.my.id Untuk Mendapatkan Pidato Terbaru

 

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Bertemakan Golput No Way"